Baduta: Program Penyediaan Filter Air Minum Bagi Masyarakat

Program Baduta merupakan program khusus untuk membantu masyarakat mengatasi permasalahan air bersih. Program ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat yang mengonsumsi air minum kurang bersih. 

Melalui Baduta, GAIN dan Nazava berusaha untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap kualitas air minum. Tidak hanya itu saja, program ini juga memberikan solusi terbaik sehingga masyarakat dapat terbebas dari permasalahan air bersih ituma untuk mengehindari penyakit bawaan air seperti diare khusus pada ibu hamil dan anak kecil 

Demi mencapai tujuan tersebut, GAIN bekerja sama dengan PT. Holland For Water atau Nazava. Solusi yang diberikan melalui program tersebut adalah penggunaan filter air minum yang dapat menciptakan air minum sehat serta berkualitas. Solusi tersebut bukanlah solusi sementara, namun solusi jangka panjang sehingga warga dapat terbebas dari penyakit diare.

“Kami memasarkan produk yang bisa memurnikan air dari berbagai sumber seperti sumur, PDAM, dan hujan  sehingga air tersebut dapat langsung dikonsumsi,” tutur Guido van Hofwegen selaku Direktur Nazava Water Filters. 

GAIN dan Nazava bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kualitas air minum yang baik serta memberikan edukasi cara pengolahan air minum tersebut. Diharapkan dari program ini adalah masyarakat dapat memanfaatkan teknologi filtrasi air minum yang ada sehingga tidak lagi mengonsumsi air dengan kandungan bakteri atau zat yang berbahaya. 

Baca dan tonton video mengenai program ini di desa Pakisaji, Malang, Jawa timur.