Bagaimana saya tahu bahwa air saya aman untuk diminum? 

Karena kita sering mendapatkan pertanyaan ini, kami ingin menjelaskan sedikit lebih banyak mengenai cara untuk tes air Anda sendiri.

Langkah pertama untuk mengetahui air Anda aman untuk diminum.

Anda bisa menggunakan indera Anda! Hidung, mata dan lidah Anda adalah peralatan laboratorium yang sangat baik.

  • Air minum harus Bening  Periksa dengan mata Anda apakah air jernih atau transparan atau tidak keruh atau berawan.
  • Air minum tidak boleh  berbau. Periksa dengan hidung Anda apakah airnya tidak berbau.
  • Air minum harus tidak berwarna. Gunakan mata Anda sekali lagi untuk memeriksa apakah air Anda tidak berwarna.
  • Air minum tidak ada rasa. Jika Anda menggunakan air dari sumber yang tidak Anda percayai, rebus terlebih dahulu dan kemudian cicipi airnya. Air seharusnya tidak memiliki rasa.

Beberapa orang ingin menggunakan TDS meter, pH meter dan sejenisnya, tetapi benar-benar tidak perlu.  Jika air memiliki konten TDS lebih tinggi dari batas yang dapat diterima, Anda pasti akan merasakannya. Juga air yang memiliki pH yang rendah (asam) atau tinggi (basa)  punya rasa yang kurang pas.

Bagaimana saya bisa tahu air saya bebas bakteri?

Manusia tidak dapat melihat bakteri; bahkan tidak bisa merasakan atau menciumnya. Jadi, air Anda bisa jernih tetapi bisa saja masih mengandung kuman yang membuat Anda sakit perut Menurut perkiraan baru, ada sekitar satu triliun spesies mikroba di Bumi, dan 99,999 persen di antaranya belum ditemukan. Untungnya, untuk memeriksa apakah air Anda aman untuk diminum, Anda hanya perlu memeriksa satu spesies bakteri saja  yaitu E.coliE. coli adalah jenis bakteri koliform asal tinja yang biasa ditemukan di usus binatang dan manusia. E. coli adalah kependekan dari Escherichia coli. Jika ada E-coli dalam air minum Anda, itu adalah indikasi bahwa air Anda tercemar dengan kotoran dari hewan atau manusia. Karena itu, anda sebaiknya menguji apakah ada bakteri e-coly di air minum Anda?.Jika tidak ada bakteri tersebut, air Anda aman untuk diminum.

Cara menguji apakah ada bakteri e-coli dalam air

Cara pertama dengan Laboratorium lokal Anda, cukup kirim sampel ke laboratorium lokal di kota Anda. Gunakan botol yang bersih dan disterilkan.
Cara dua Tes dengan kit tes rumah. Di sini, di Nazava kami menggunakan EC kering kompak. Ini adalah tes yang sangat mudah digunakan. Semua orang bisa melakukannya. Anda dapat membeli dari Nazava seharga 50.000 dan mengetes air sendiri. Anda dapat menemukan manualnya di sini.

Bagaimana jika air saya tidak aman untuk diminum?
Ada banyak pilihan untuk mendapatkan air minum yang aman. Kami di Nazava semua menggunakan filter air Nazava. 150.000 rumah tangga menggunakan filter Nazava setiap hari untuk membuat air mereka aman untuk diminum. Akan lebih bagus jika itu akan bekerja untuk Anda juga. Dapatkan filter air di sini.