Sekarang lagi musim asap. Hutan di pulau Sumatra dan Borneo terbakar dan beberapa kota terpapar kabut asap. Banyak sekolah ditutup, Kuala Lumpur dan Singapura kembali mengeluh tentang udara kotor yang mereka terima dari tetangganya. Kebakaran hutan tentu saja sangat mengkhawatirkan karena keluaran gas rumah kaca masal. Bakar hutan lindung juga mengancam keanekaragaman hayati dan polusi udara membentuk risiko kesehatan yang besar. Namun, sebenarnya ada sumber asap lain, yang jarang disebutkan di media.

Asap dalam rumah: pembunuh diam-diam

Asap dalam ruangan dari kebakaran kayu untuk memasak misalnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan daripada kebakaran hutan. Menurut WHO polusi udara rumah tangga menyebabkan lebih dari 4,3 juta kematian prematur setiap tahun di seluruh dunia. Sebagian besar kematian ini adalah karena penyakit yang berhubungan dengan asap seperti stroke, penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, dan pneumonia pada anak. Di Indonesia, WHO memperkirakan 160 ribu orang meninggal karena polusi udara rumah tangga. Sayangnya, 11.385 anak yang meninggal dunia setiap tahun karena kena infeksi saluran pernapasan bawah akut yang  disebabkan oleh polusi udara dalam ruangan.

Di Indonesia, polusi udara di dalam rumah sebagian besar disebabkan oleh pembakaran kayu untuk memasak. Wanita dan anak-anak berada pada risiko yang lebih besar untuk penyakit dari polusi udara rumah tangga. Akibatnya, lebih banyak perempuan dan anak-anak menderita dan meninggal karena polusi udara rumah tangga daripada laki-laki.  (Baca Juga artikel detik ini)

Apa yang bisa kita lakukan?

Kabar (sedikit) gembira adalah bahwa asap di dalam ruangan lebih mudah dipecahkan daripada kebakaran hutan, inilah yang bisa dilakukan.

  • Gunakan bahan bakar yang lebih bersih seperti LPG daripada kayu. Banyak orang Indonesia sekarang memiliki akses ke LPG berkat program pemerintah (lihat ), tetapi banyak orang masih menggunakan kayu dan LPG.
  • Jika Anda menggunakan kayu, gunakan kompor yang diperbaiki seperti kompor Primestove
  • Dengan filter air Nazava Anda tidak perlu merebus air lagi. Menghemat banyak kayu. Jadi kurang merokok di rumah Anda.
    • Tonton misalnya cerita seorang ibu yang sekarang membutuhkan 50% lebih sedikit kayu setelah dia membeli filter. https://www.youtube.com/watch?v=8T7tnAvYwhw
    • Surveyor bertanya kepada 204 pengguna filter air Nazava apakah sekarang ada lebih sedikit asap dalam ruangan, 84% mengatakan ya. data di sini