Lebih baik mana, memiliki TDS rendah atau TDS tinggi?

Menurut WHO (World Health Organization), kandungan mineral dalam air tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan selama air masih dikategorikan tawar. Meski begitu, WHO menetapkan standar kandungan padatan terlarut dalam air minum yang terbagi menjadi beberapa kriteria level.

Kandungan TDS (mg/l atau ppn) Penilaian Rasa air
Kurang dari 300 Bagus sekali
300 – 600 Baiki
600 – 900 Bisa diminum
900 – 1200/ Buruk (rasa payau)
lebih dari 1200/ berbahaya (terlalu asin)

Sampai sekarang, masih terjadi perdebatan tentang apakah air yang memiliki kadar TDS 0 (nol) atau sama sekali tidak (TDS rendah) mempunyai kandungan mineral di dalamnya adalah yang terbaik bagi kesehatan. Namun WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia yang diakui saat ini mempunyai pandangan lain terhadap kualitas air minum tersebut.

Menurut WHO, air minum tanpa mineral seperti hasil penyulingan yang diolah oleh teknologi RO (Reverse Osmosis) bisa mengakibatkan beberapa hal ini pada tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Diantaranya:

  • Kekurangan kadar kalium dalam badan, dimana tanpa kalium saraf tidak berfungsi.
  • Kekurangan zat kalsium (Ca), akan menyebabkan gejala sebagai berikut : banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, susah buang air, insomnia (susah tidur), kram, dan sebagainya. Baca lebih mengenai kapur dalam air
  • Kekurangan kadar Magnesium (Mg), dimana kekurangan magnesium dapat memicu: kekakuan atau kejang pada salah satu pembuluh koroner arteri, sehingga mengganggu peredaran darah dan dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Sering buang air kecil dan dalam jumlah yang banyak karena badan kita tidak bisa menyerap air yang tidak mengandung mineral.
  • Kurangnya kemampuan tubuh memproduksi darah.

Sehingga, menurut WHO, berdasarkan penelitian lanjutan, sebaiknya air yang kita konsumsi memiliki TDS  di atas 100 ppm atau mg/l.  Kalau TDS di bawah 100 ppm, masih aman juga untuk diminum tapi kurang bergizi saja.

TDS dalam air minum

Filter air minum Nazava dan TDS

Filter air Nazava untuk keluarga seperti Nazava Riam dapat menangani TDS dari 0-500 mg / l.  Dengan filter air Nazava Anda dapat mengubah sumur, keran dan air hujan menjadi air yang aman dikonsumsi. Baca juga ringkasan jenis air yang bisa dipakai dengan Nazava.  Tidak perlu direbus. Cara kerjanya, Anda bisa membacanya di sini.