(Note ini press release dari 2011 sekarang Nazava berpusat di Cimahi)

Nazava Saringan Air, sebuah perusahaan yang didirikan dan berdomisili di Banda Aceh [note sekarang di Cimahi, Jabar] menjual saringan air untuk rumah tangga, dimana telah menjual produknya di seluruh Indonesia dan juga telah mengekspor ke tiga negara. Keberhasilan perusahaan ini, juga telah mendapat perhatian dari media luar.

Nazava  Saringan air menjual pemurni air rumah tangga yang dapat digunakan untuk menyaring air sumur, air hujan, dan air PDAM sehingga aman untuk diminum.  “Air dari pemurni kami dijamin bebas dari bakteri, makanya anda tidak usah memasak air itu lagi”, kata Syahri Abdillah, manajer Nazava. Beberapa bulan lalu, koran Serambi Indonesia (16 Agustus 2011) juga melaporkan berita dengan judul “89 Persen Air Isi Ulang Belum Aman Diminum.” Dimana didalam berita tersebut menyatakan bahwa banyak tempat isi ulang air minum tidak berizin, bahkan Departemen Kesehatan menyarankan untuk mendidihkan air isi ulang sebelum diminum.  “Dengan filter air Nazava, Anda tidak beresiko apapun dan keluarga anda terlindung dari penyakit menular seperti diare” kata Syahri. Ini sudah dibuktikan oleh hasil lab dari Dinkes Banda Aceh dan lab luar negeri juga; setelah 7000 liter air masih 99.99 % kuman dapat di saring, dan air yang disaring sesuai syarat Permenkes RI No. 907/Menkes/SK/VII/2002 dan No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Baku Mutu Air Minum.

“Banyak orang berpikir bahwa penyaringan air yang baik pasti biayanya jutaan rupiah, tetapi produk terlaris kami sudah dapat dibeli dari Rp. 135.000,-. Nazava memiliki berbagai saringan air untuk semua kebutuhan dan lapisan masyarakat. Bahan yang terpenting saringan air Nazava adalah alat filter Tulip yang harus diganti setiap 7000 liter air yang disaring. Harganya alat penganti itu hanya Rp. 65.000,-“. Selain lebih aman dan sehat, Nazava juga jauh lebih murah daripada membeli atau memasak air,” menurut Syahri, karena air yand disaring oleh Nazava harganya hanya Rp. 15,- per liter, di bandingkan air isi ulang Rp. 211,- per liter atau memasak air Rp. 80,- per liter.

Saringan air Nazava adalah produk Indonesia yang menggunakan teknologi Belanda. “80% bahan baku dari produk kami berasal dari Indonesia, 20% dari Belanda,” kata Syahri. Bagian terpenting dari saringan Nazava adalah filter air Tulip yang terdiri dari keramik dicampur dengan perak dan di-isi dengan karbon aktif. Teknologi ini berasal dari Belanda yang menjamin bahwa air bebas dari kuman berbahaya, dan juga bahwa zat kimia yang bahaya dalam air juga dapat dikurangi.

Sejak pendirian Navava di 2009 , lebih dari 10.000 saringan air Nazava sudah dijual di seluruh Indonesia. “Kami memiliki 35 tenaga penjualan (reseller) di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores dan Timor,” kata Abdillah. Selain itu, Nazava bahkan diekspor lebih dari 1000 filter ke Mozamique, Pakistan, dan Timor Timur. “Kami sangat bangga bahwa kami sebagai sebuah perusahaan Aceh bisa membantu saudara-saudara kita di luar negeri untuk saringan air yang berkualitas tinggi.” Untuk Aceh Nazava sudah hadir di: Calang, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Timur, Abdya, Simelue, Labuhan Haji serta Tapak Tuan.

 

Saringan air Nazava yang minggu ini pindah kantor pusatnya ke Jln. Dr. Mr. Moh Hasan no. 134 (Samping Terminal Bis Baru) Batoh-Kota Banda Aceh. Disamping itu usaha ini juga sudah menarik perhatian dari TV Tokyo yang akan datang 29 sampai 31 maret untuk membuat satu reportasi khusus mengenai Saringan Air Nazava.

Saringan  Air Nazava didirikan pada 2009 dengan investasi dari Belanda. Nazava sangat menanggapi positif  tentang iklim investasi di Aceh. “Badan pemerintahan ramah kepada pengusaha, ada personil yang sangat baik, infrastruktur yang relatif bagus dan lapangan terbang yang efisien supaya kami dapat mengirimkan produk sangat murah ke seluruh Nusantara.”, kata Syahri.

 

Selain Saringan Air Minum, Nazava juga mempunyai produk Saringan Air Bersih untuk menyaring air sumur yang berwarna, keruh, dan berbau.

 

Semua kunjungan sampai tanggal 7 April 2012, yang membawa potongans iklan Nazava dari koran ini, kami akan memberikan diskon 10% untuk pembelian semua produk.

 

INFO SELENGKAPNYA : HUBUNGI SYAHRI ABDILLAH, 0813 6086 2522, [email protected], www.nazava.com.

 

———————————————————————————————————