SWIMUSA Akomodasi Ribuan Filter Air untuk Buruh PT Sejin

Nazava di PT Sejin

Nazava di PT Sejin

Sebanyak 1.200 buruh PT Sejin di Tangerang, Banten, pada 2 Juni 2021 mendapatkan akses air minum yang sehat dan gratis berkat kemitraan inovatif antara SWIMUSA, PT Sejin dan PT Holland for Waters atau Nazava. Kerjasama inovatif ini efektif mendorong produktivitas, gaya hidup sehat, dan dampak penghematan.

Permasalahan Air Minum Layak untuk Buruh

Berdasarkan data sebanyak 44% air di Indonesia masih mengandung bakteri meski sudah melalui proses perebusan.  Salah satu penyakit yang penyebabnya bakteri adalah diare. Sebanyak 24.000 anak meninggal setiap tahunnya karena penyakit ini, juga banyak orang Indonesia yang sering mengalami mencret sehingga menyebabkan menurunnya produktivitas.

Terdapat tiga cara yang paling umum untuk memperoleh air minum. Pertama merebus air. Kedua membeli air isi ulang. Ketiga membeli air galon bermerek. 

Tiga cara memperoleh air minum tersebut selain kurang sehat juga mahal. Banyak dana yang telah keluar khususnya oleh rumah tangga para buruh untuk memenuhi kebutuhan air minum.

  1. Rp1.700.000 atau setara 122 USD dari rumah tangga yang merebus air dalam memenuhi kebutuhan air minum.
  2. Rp3.000.00 atau setara 200 USD dari rumah tangga yang membeli air bermerek untuk kebutuhan airnya.

Data tersebut adalah pengeluaran per bulan dari rumah tangga untuk air dan gas.

Bentuk Kerjasama Inovatif antara SWIMUSA, PT Sejin dan Nazava

"Sosialisasi

Account Officer Nazava sedang menjelaskan teknologi filter

Swimusa adalah salah satu perusahan swimgear di Amerika Serikat yang melakukan kerjasama dengan pabrik garmen di Indonesia. Sebagai perusahaan yang datang dari negara maju, SWIMUSA prihatin dengan kesehatan para buruh di pabrik mitranya.  Oleh karena itu, pada akhir 2020 SWIMUSA mulai mencari solusi air minum untuk penjahit swimgear mereka. Setelah pencarian di internet SWIMUSA menemukan salah perusahaan sosial bernama Nazava. Produsen alat pemurni air yang telah teruji dan memenangkan beragam penghargaan

Setelah diskusi antara SWIMUSA dan Nazava, SWIMUSA sepakat untuk mulai memperhatikan aspek ketersediaan air minum aman di Pabrik Sejin.

Di antara beragam permasalahan yang berkaitan dengan air minum, PT Sejin memperoleh kesempatan untuk mendapatkan 1,200 unit filter air untuk dibagikan ke setiap buruh. 

Pendistribusian filter air oleh Nazava menjadi sebuah solusi efektif dalam mewujudkan karyawan yang lebih sehat dan produktif di pabrik.

Pendampingan Nazava untuk Pengguna 

1,200 unit filter air Nazava dengan tipe Riam yang dibagikan kepada seluruh buruh, ini bukanlah jumlah yang sedikit. Dalam prosesnya terdapat banyak buruh yang sama sekali awam dengan teknologi filter air.

Merespon situasi masih banyak buruh yang awam dengan teknologi filter air, Nazava melakukan sosialisasi kepada para buruh terkait penggunaan filter air. 

Tak hanya itu, paska pembagian filter kepada para buruh akan ada pendampingan selama 7 hari dari Safe Water Consultant Nazava. Staff siap membantu selama kurun waktu 7 hari apabila pengguna menemukan masalah. Safe Water Consultant Nazava akan hadir di PT Sejin selama 7 hari terhitung dari hari pembagian filter. Hal-hal mengenai konsultasi, garansi serta edukasi mengenai produk akan dibantu oleh staf Nazava.

Penerima Manfaat Filter Air Mayoritas Perempuan

Penerima filter air di PT Sejin mayoritas adalah perempuan, ibu-ibu yang pastinya sebagai pembuat keputusan di tingkat rumah tangga. Kehadiran filter ini pasti akan memudahkan mereka karena bisa menghemat biaya untuk air, listrik dan gas.

Inisiasi ini disambut dengan sangat baik oleh pihak PT Sejin, diwakili oleh Ibu Fauziyah Atik sebagai HRD rasa terima kasih untuk dua belah pihak, baik itu Swim USA dan Nazava.

“Tentunya ini adalah hal baik yang harus kita sambut dengan rasa syukur dari kami jajaran staf dan seluruh pegawai di PT Sejin. Nilai guna dari alat ini tentunya akan membawa perubahan luar biasa bagi karyawan, karena mempermudah kehidupan.”

Dengan produktivitas buruh yang sangat tinggi untuk menghasilkan ribuan helai sandang setiap harinya, maka kehadiran filter air Nazava dapat merubah kehidupan buruh dari dua sisi, yaitu:

  1. Air minum yang lebih terjamin mutunya di tempat kerja, hal ini akan membuat pekerja merasa terbantu karena pasokan air yang lebih sehat akan lebih terjangkau.
  2. Air minum yang terjamin mutunya di tingkat rumah tangga, karena nantinya unit filter air ini akan jadi hak milik tiap buruh secara gratis. Dengan filter air Nazava, buruh PT Sejin tidak lagi repot untuk memasak air atau membeli galon, selain itu bisa menghemat pengeluaran listrik dan gas.

Adapun harapan lainnya adalah terkait perusahaan lain agar bisa turut serta menggunakan filter air untuk digunakan di tingkat perusahaan agar bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi ketersediaan air yang layak minum.

Penghematan dan Gaya Hidup Lebih Sehat untuk Buruh

Jika dikalkulasi dari 1.200 penerima manfaat yang akan membawa pulang filter air Nazava ke rumah maka akan ada 6.000 orang terdampak. 1,200 rumah tangga yang menggunakan filter air Nazava akan mampu menghemat Rp1.700.000 – Rp3.000.000 per tahunnya. Penghematan dana tersebut bisa dialokasikan untuk hal lainnya seperti pendidikan, hiburan, bahkan tabungan hari tua.

Selain itu, penggunaan filter air Nazava akan lebih hemat waktu karena tidak perlu lagi merebus dan membeli air minum, sehingga bisa meningkatkan produktivitas! Jadi, apakah perusahaan Anda tertarik bergabung?

Pelajari lebih lanjut terkait filter air minum untuk karyawan.