Nazava adalah sebuah usaha sosial yang ingin memastikan bahwa semua orang memiliki akses air minum yang layak langsung di setiap rumah. Di negara maju seperti Jepang dan Singapore anda bisa minum air langsung dari keran karena air sudah layak minum dan bebas kuman. Namun beda halnya dengan air keran (PDAM maupun sumur) yang ada di Indonesia. Air PDAM belum layak untuk diminum dan butuh proses merebus terlebih dahulu agar kuman dan bakteri mati.

Menurut penelitian memasak air kurang efektif untuk membunuh kuman (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2… ) karena seringkali air tidak dibiarkan mendidih cukup lama (minimal 3 menit) dan setelah mendidih pun, air tidak disimpan di wadah yang bersih dan tertutup. Memasak air juga tidak bisa menjernihkan air yang keruh atau menghilangkan bau yang terdapat pada air. Air hasil penyaringan Nazava lebih murni daripada air hasil merebus karena kuman dan kotoran tersaring dari air, Filter air Nazava juga bisa menghilangkan bau.

Testimoni penguna filter air Nazava, Arik Susanti dari Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabubaten Malang, Jawa Timur. Menceritakan bagaimana sulit dan panjangnya proses keluarag Ibu Arik hanya untuk menenggak segelas air minum yang sehat dan layak. Sebelumnya ia harus mencari kayu bakar terlebih dahulu sejauh 3 km walaupun tengah hamil besar, setelah itu harus bersusah payah menghidupkan kayu bakar ditambah dengan asapnya yang bisa merusak saluran nafas hingga akhirnya bisa merebus air. Semua kesulitan tersebut akhirnya mampu dijawab oleh Nazava Water Filter, sehingga kini Ibu Arik kini tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mencari kayu bakar dan bersusa-payah untuk merebus air. Cukup tuang air sumur/pdam dan air hasil penyaringan sudah 100% layak untuk diminum.

Sumber air di Donomulyo maupun tanah, sungai dan mata air kerap keruh, dan juga mengandung bakteri tingkat tinggi. Perebusan air tidak membuat air kotor jernih dan jika air direbus kurang dari 3 menit tidak semua bakteri terbunuh. “Karena airnya tidak aman untuk diminum, kami mendidik masyarakat setempat tentang pentingnya merawat air. Menggunakan filter air Nazava (https://www.nazava.com) adalah salah satu solusi untuk masalah kesehatan masyarakat, “kata Ipung Dyah Kurniasasi, 38, seorang petugas kesehatan lingkungan sanitarian di puskesmas Donomulyo.

Air tanah di Balongtani, Jabon, Sidoarjo memiliki banyak masalah: sangat asin, terkontaminasi timah, bakteri dan keruh. Filter air Nazava (https://www.nazava.com) merancang solusi yang ekonomis dan sangat efektif untuk menyediakan air minum yang aman bagi penduduk Balongtani. Tempat pengolahan air tersebut dibiayai oleh GAIN. Filter air minum Nazava bisa dipakai di dalam rumah tangga untuk menyaring air keran, hujan dan air sumur sehingga menjadi aman, sehat dan jernih. Selain itu Nazava juga membangun instalasi pengolahan air skala komunitas yang dibuat khusus.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, kualitas airnya tidak baik. Air sumur keruh dan air keran seringkali tidak tersedia. Video ini menunjukkan bagaimana filter air Nazava (https://www.nazava.com) menyediakan penghuni Tulangan dengan air yang lebih sehat dengan harga lebih murah. Saringan air Nazava diperkenalkan di Tulangan sebagai bagian dari program BADUTA GAIN bekerjasama dengan departemen kesehatan setempat.

Warga Pakisaji, Malang, Jawa Timur harus merebus air sebelum meminumnya. Untungnya Pakisaji merupakan area intervensi program badul GAIN. Dengan mengikuti program Nazava Water Filters ini, bersama dengan petugas kesehatan filter air minum disosialisakan ke masyarakat Pakisaji. Siti Muljayanah, petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Pakisaji menjadi koordinator Nazava di daerah ini.

Nazava Water Filters (https://www.nazava.com) memenangkan hadiah utama di Kategori Kesehatan Nokia dari Tech Awards 2013 dan menerima hadiah uang tunai sebesar 75.000 USD di Gala Award Tech tahunan, pada hari Kamis 14 November, San Jose, California.

Video instruksional pemasangan dan pemeliharaan filter air Nazava tipe bening. Dengan Saringan Air Nazava anda bisa dapat air minum yang 100% aman untuk diminum.  Filter air Nazava dapat melindungi keluarga anda dari penyakit seperti diare, kolera, typhus, dan disentri.

Ada banyak manfaat dari saringan air Nazava (https://www.nazava.com) dan dapat dirasakan langsung oleh penduduk desa Nubahaeraka, Atadei, Lembata, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Simak video liputan Metro TV berikut ini.

Di Indonesia, Aliansi Global untuk Peningkatan Nutrisi (GAIN) bekerja dalam kemitraan dengan Kementerian Kesehatan dan Filter Air Nazava untuk memperbaiki gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak di Jawa Timur di bawah Program Baduta. Program Baduta mendorong terbentuknya rantai pasokan yang berkelanjutan dari filter air minum rumah tangga, pengkajian air masyarakat dan pendidikan tentang pengolahan air rumah tangga yang sesuai dan penyimpanan yang aman. Filter Air Nazava (bagian dari kelompok PT Holland for Water) menyediakan filter air rumah tangga yang aman, sederhana dan terjangkau, yang memungkinkan rumah tangga menyaring keran, sumur atau air hujan tanpa perlu didihkan atau menggunakan listrik.

Kopernik bekerja sama dengan Stichting Grenzeloos Salland dan Aqua for All untuk menyediakan akses ke air minum yang bersih dan aman bagi masyarakat di Nyuh Kuning, Bali. Caranya dengan mendistribusikan penjernih air rumah tangga Nazava ke setiap keluarga di daerah pedesaan tersebut.

Bahan penyuluhan (VERSI PANJANG) yang dibuat dalam rangka 1000 Hari Pertama kehidupan untuk digunakan untuk sosialisasi mengenai Pengolahan Air Minum di tingkat Rumah Tangga (PAM-RT) yang adalah bagian dari strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Materi ini dibuat oleh Nazava Water Filters (https:/www.nazava.com) dan GAIN dalam kerjasama dengan Dinas kesehatan propinsi Jawa Timur.

Bahan penyuluhan (VERSI PENDEK) yang dibuat dalam rangka 1000 Hari Pertama kehidupan untuk digunakan untuk sosialisasi mengenai Pengolahan Air Minum di tingkat Rumah Tangga (PAM-RT) yang adalah bagian dari strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Materi ini dibuat oleh Nazava Water Filters (https:/www.nazava.com) dan GAIN dalam kerjasama dengan Dinas kesehatan propinsi Jawa Timur.

Acara talkshow di Badar TV Cikarang, Lieselotte Heederik, pendiri saringan air Nazava (https://www.nazava.com) dan Roni Bahrudin (reseller resmi nazava) ceritakan mengenai keunggulan filter air Nazava

Lieselotte Heederik pendiri usaha penjernih air minum rumah tangga Nazava Water filters (https://www.nazava.com) memberi penjelasan mengenai filter air minum Nazava di Adonara, Flores Timur, NTT. Diliput oleh TV Tokyo.

Lieselotte Heederik, co-founder of Nazava Water Filters explains how Nazava Water filters can provide safe drinking water for all. Nazava water purifiers turn well, tap and rain water into water that is safe to drink without the need to boil it. Nazava water filters are easy to use and very affordable.

Nazava Water Filters filmed by TV Tokyo, a Japanese broadcaster. Nazava Water Filters produces the best and most affordable water filters that provide water that is 100 % safe to drink. Nazava water purifiers can be used with rain, tap, well and spring water and do not need electricity. After filtration the water is ready to drink and does not need to be boiled any more.

TV Tokyo documentary on Tech Fair in Adonara Island, east Indonesia organized by Kopernik featuring Nazava.

Liputan dari TV Aceh mengenai Saringan air Nazava (https://www.nazava.com). Saringan air ini memurnikan air PAM, air SUMUR dan air hujan supaya menjadi layak untuk diminum. Terdiri di Aceh, Nazava sudah menjual filter air di 50 tempat di Indonesia dan telah mengekspor ke puluhan negara. Dengan saringan air Nazava anda bisa melindungi keluarga dari penyakit. Kualitas air hasil penyaringan air Nazava lebih terjamin dari air Isi Ulang.

Video ini memperlihatkan pemasangan saringan air Nazava: Cara pemasang filter. 1. Sebelum pemasangan saringan air Nazava cuci tangan dengan sabun. 2. Periksa terlebih dahulu bahwa semua bagian saringan air Nazava telah lengkap 3. Masuk filter (c) sama satu karet (d) di dalam lobang di penampung air kotor (b). Selama memasang filter jangan pegang keramik. Putar plastik dibawah saja. 4. Penutup yang berlobang (e) di pasang di bawah penampung air. Mastikan ujung filter masuk lobang penutup. Menutup filter sama penampung air kotor dan penutup yang berlobang dengan karet kedua (d) dan mur (f). Memastikan mur di pasang sesui gambar 2. Putar sampai kuat.

Video ini memperlihatan bagaimana Anda bisa memelihara saringan air Nazava. 1. Filter harus dibersihkan dua minggu sekali. 2. Filter dapat dicuci pakai air dengan menggunakan sabut spon atau sikat yang halus. 3. Bila aliran air sudah tidak turun lagi atau terlalu lambat bongkar filter dari penampung dan gosok dengan spon atau sikat yang kasar di bawah aliran air keran, dan jangan gunakan sabun, deterjen atau bahan kimia lain (Gambar 7). 4. Selama membongkar filter, jangan pegang bagian keramik, pegang bagian plastik di bawah. 5. Setiap kali filter digosok akan menjadi lebih tipis. Setelah diameter filter lebih tipis dari 5 cm dianjurkan untuk mengganti filter dengan yang baru. (gunakan cincin indikator)

Dengan Saringan Air Nazava (www.nazava.com) anda bisa dapat air minum yang 100% aman untuk diminum. Nazava melindungi keluarga anda dari penyakit seperti diare, kolera, typhus, dan disentri. 1. Masukkan air sumur/ pdam / sungai ke dalam penampung air kotor. 2. Air akan mengalir ke penampung air minum di bawah. 3. Untuk penggunaan yang pertama tunggu sampai penampung air minum sudah penuh. Buang air ini, karena ada kemungkinan air yang pertama masi ada rasa keramik. 4. Isi kembali penampung air kotor. 5. Air yang mengalir di penampung air minum siap untuk minum.

Nazava Water filters enable consumers to turn their well, rain, tap or river water into drinking water that is 100 % safe to drink. Because households do not have to buy or boil water anymore they can save more than a million IDR per year. Besides safe and economic, Nazava water filters are very convenient as well. In addition, many users of Nazava prefer the taste of filtered water over the taste of boiled or bought water.

Nazava water filters consist of a ceramic candle with a pore size of 0.4 micron which is smaller than the size of bacteria. A novel patented way to impregnate the ceramic with nano silver inhibits bacterial growth and keeps the water sterile. Inside the ceramic cone, there is activated carbon that can reduce odor and strange tastes. More than 15 test in several laboratories around the world have demonstrated that Nazava water filters produce water that is free of bacteria for at least 7000 liters (1 to 3 years). After 7000 liters the filter candle can be replaced.

This video explains how you can install your Nazava Transparent XL Water Filter (www.nazava.com)

The mission of Nazava Water Filters (www.nazava.com) is to provide clean drinking water to everybody everywhere. We are working towards that goal by providing the most affordable and very best drinking water purifiers that you can imagine.

Video ini menjelaskan cara pemasangan dan pemakaian Saringan Air Nazava Bening. Cek juga : https://www.nazava.com Dengan Saringan Air Nazava anda bisa dapat air minum yang 100% aman untuk diminum. Terus bisa melindungi keluarga anda dari penyakit seperti diaree, kolera, typhus, dan disentri.

Testimonial dari Ibu Ipa yang tinggal di Aceh, Indonesia. Tinggal bersama tiga anak, Ibu Ipa sudah membeli Saringan Air Nazava dan merasakan manfaatnya (www.nazava.com). Dalam video ini dia menjelaskan manfaat yang dirasakan oleh keluarganya berkat saringan tersebut. Dengan Saringan Air Nazava anda bisa dapat air minum yang 100% aman untuk diminum. Nazava melindungi keluarga anda dari penyakit seperti diare, kolera, typhus, dan disentri.

The mission of Nazava Water Filtes (https://www.nazava.com) to provide clean drinking water to everybody everywhere. Nazava is working hard to realize this mission by assembling and marketing the very best and most affordable water purifiers that you can ever imagine. Nazava Water purifiers can be used by Indonesian households to clean tap water, river water and well water, so that it becomes safe to drink. Nazava Water Filters was found in 2009 by Lieselotte Heederik and Guido van Hofwegen