Air

Air adalah  zat  kimia yang transparan, hambar,  tidak berbau, dan hampir tidak berwarna, yang merupakan konstituen utama dari  bumi Sungai,  Danau, dan  lautan, dan  cairan  dari sebagian besar  organismehidup. Sangat penting untuk semua bentuk yang dikenal  kehidupan, meskipun tidak menyediakan  kalori  atau  nutrisiorganik.  Rumus kimianya  H2O, yang berarti bahwa masing-masing  molekul  mengandung satu  oksigen  dan dua  atomhidrogen, dihubungkan oleh  ikatan kovalen. Air adalah nama dari keadaan cair H2O pada  suhu dan tekanan ambien standar. Itu bentuk  curah hujan  dalam bentuk  Rain  dan  aerosol  dalam bentuk  kabut. Awan  terbentuk dari tetesan air dan  esyang ditangguhkan, keadaan padat. Ketika dibagi halus,  es kristal dapat memicu dalam bentuk  salju. Kondisi gas air yang mengandung  uap  atau  air. Air bergerak terus menerus melalui  siklus air   penguapan,  transpirasi  (evapotranspiration),  kondensasi,  curah hujan, dan  limam, biasanya mencapai laut.

Air meliputi 71% dari  permukaan bumi, sebagian besar di  laut  dan  lautan. [1]  sebagian kecil air terjadi sebagai  air tanah  (1,7%), di  gletser  dan  es  di Antartika  dan  Greenland  (1,7 %), dan di  udara  sebagai  uap,  awan  (terbentuk dari es dan air cair ditangguhkan di udara), dan  curah hujan  (0,001%). [2] [3 ]

Air memainkan peran penting dalam perekonomian dunia. Sekitar 70% dari air tawar yang digunakan oleh  manusia  pergi ke  pertanian. [4]    Memancing  di perairan asin dan air tawar merupakan sumber makanan utama bagi banyak belahan  dunia. Banyak perdagangan jarak  jauh komoditas  (seperti minyak dan gas alam) dan produk yang diproduksi diangkut oleh  kapal  melalui  laut,  Sungai,   Danau, dan  kanal. Air dalam jumlah besar,  es, dan  uap  digunakan untuk  pendinginan  dan  pemanasan, di  industri  dan  rumah. Air adalah pelarut yang sangat baik    untuk berbagai zat baik mineral dan organik; karena itu secara luas digunakan dalam proses industri, dan dalam memasak dan  mencuci. Air, es dan salju juga pusat untuk banyak  olahraga  dan bentuk  hiburan lainnya, seperti  berenang,  berperahu pesiar,  balap perahu,  berselancar,  Memancing olahraga,  menyelam,  seluncur es , dan  Ski.

Isi

Etimologi

Kata air  berasal dari  bahasa Inggris    kuno wæter, dari  proto-Germanic  *watar  (sumber juga dari  Old Saxon    watar, Lama Frisian    wetir,      airBelanda,  wazzar Jerman   tinggi tua,      Wasser Jerman ,  Old Norse    vatn,  Gothic    Wato), dari  proto-Indo-Eropa  *WOD-atau, bentuk bahasa akar *  Wed-  (“air”; “basah”). [5]  juga  serumpun, melalui akar Indo-Eropa, dengan  Yunani    ύδωρ  (ýdor),  Russian    вода́  (vodá), Irish    Uisce,  Albania    ujë.

Sejarah

Sifat kimia dan fisik

Artikel utama: sifat air

Lihat pula: air (halaman data)  dan  model air

Air (H
2O) adalah  senyawa   anorganik kutub yang pada  suhu kamar  yang  hambar  dan tidak berbau  cairan, hampir  tanpa warna  dengan sedikit  warna biru. Ini paling sederhana  hidrogen chalcogenide  adalah jauh senyawa kimia yang paling dipelajari dan digambarkan sebagai “pelarut Universal” karena kemampuannya untuk melarutkan banyak zat. [6] [7] hal ini memungkinkan untuk menjadi “pelarut  hidup”. [8]  ini adalah satu-satunya substansi umum yang ada sebagai  padat, cair, dan  gas  dalam kondisi terestrial normal. [9]

Negara

Bagian ini membutuhkan kutipan tambahan untuk  verifikasi. Harap membantu  menyempurnakan artikel ini  dengan  menambahkan referensi ke sumber tepercaya. Bahan yang tidak memiliki cacat dapat ditantang dan dihapus.
Menemukan sumber:    “air”  –  Berita    ·  Surat Kabar    ·   buku   ·   Scholar   ·  Jstor    (Mei 2018) (Pelajari bagaimana dan kapan harus menghapus pesan template ini)

Kepingan salju oleh  Wilson Bentley, 1902

Air adalah cairan pada suhu dan tekanan yang paling memadai untuk hidup. Secara khusus, pada tekanan standar 1 ATM, air adalah cairan antara 0 dan 100 ° c (32 dan 212 ° f). Meningkatkan tekanan sedikit menurunkan  titik leleh, yaitu sekitar − 5 ° c (23 ° f) pada 600 ATM dan − 22 ° c (− 8 ° f) di ATM 2100. Efek ini relevan, misalnya, untuk  seluncur es, ke  Danau Antartika yang terkubur, dan pergerakan  gletser. Pada tekanan yang lebih tinggi dari ATM 2100 titik leleh meningkat pesat lagi, dan es mengambil beberapa bentuk eksotis yang tidak ada pada tekanan yang lebih rendah.

Meningkatkan tekanan memiliki efek yang lebih dramatis pada titik didih, yaitu sekitar 374 ° c (705 ° f) di 220 ATM. Efek ini penting dalam, antara lain, Deep-Sea  ventilasi hidrotermal  dan  Geyser,  tekanan memasak, dan desain mesin uap  . Di puncak  Gunung Everest, di mana tekanan atmosfer sekitar 0,34 ATM, air mendidih pada 68 ° c (154 ° f).

Pada tekanan yang sangat rendah (di bawah sekitar 0,006 ATM), air tidak dapat ada dalam keadaan cair dan melewati langsung dari padat ke gas dengan sublimasi-sebuah fenomena yang dieksploitasi dalam  pengeringan beku  makanan. Pada tekanan yang sangat tinggi (di atas 221 ATM), negara cair dan gas tidak lagi dapat dibedakan, sebuah negara yang disebut  uap superkritis.

Air juga berbeda dari sebagian besar cairan dalam bahwa hal itu menjadi kurang padat  seperti membeku. Kepadatan maksimum air dalam bentuk cair (di 1 ATM) adalah 1.000 kg/m3  (62,43 lb/cu ft); yang terjadi pada 3,98 ° c (39,16 ° f). [10]  kepadatan es adalah 917 kg/m3  (57,25 lb/cu ft). [11] [12]  dengan demikian, air mengembang 9% dalam volume karena membeku, yang menyumbang fakta bahwa es mengapung di atas air cair.

Rincian sifat kimia yang tepat dari air cair tidak dipahami dengan baik; beberapa teori menunjukkan bahwa perilaku yang tidak biasa air adalah karena adanya 2 negara cair. [10] [13] [14] [ 15 ]

Rasa dan bau

Air murni biasanya digambarkan sebagai hambar dan tidak berbau, meskipun manusia memiliki sensor tertentu yang dapat merasakan adanya air di mulut mereka,[16]  dan katak diketahui dapat mencium baunya. [17]  Namun, air dari sumber biasa (termasuk air mineral botol) biasanya memiliki banyak zat terlarut, yang dapat memberikan rasa dan bau yang bervariasi. Manusia  dan hewan lain telah mengembangkan Indra yang memungkinkan mereka untuk mengevaluasi  potabilitas    air dengan menghindari air yang terlalu asin atau  busuk. [18]

Warna dan penampilan

Warna yang jelas dari tubuh alami air (dan kolam renang) sering ditentukan lebih oleh padatan terlarut dan ditangguhkan, atau dengan refleksi dari langit, daripada dengan air itu sendiri.

Cahaya dalam spektrum elektromagnetik  terlihat dapat melintasi beberapa meter dari air murni (atau es) tanpa penyerapan yang signifikan  , sehingga terlihat  transparan  dan tidak berwarna. [19]  dengan demikian  tanaman akuatik,  alga, dan organisme fotosintesis lainnya dapat hidup dalam air hingga ratusan meter dalam, karena  sinar matahari  dapat mencapainya. Uap air pada dasarnya tidak terlihat sebagai gas.

Melalui ketebalan 10 meter (33 ft) atau lebih, namun, warna intrinsik air  (atau es) adalah tampak pirus (biru kehijauan).  Spektrum absorpsi nya memiliki minimum yang tajam pada warna cahaya ungu-biru (1/227 m− 1  pada 418 nm). Semakin rendah, namun masih signifikan, penyerapan panjang gelombang yang lebih panjang membuat warna yang dirasakan lebih dekat ke warna biru kehijauan. Warna menjadi semakin kuat dan lebih gelap dengan ketebalan yang meningkat. (Praktis tidak ada sinar matahari mencapai bagian lautan di bawah 1.000 meter (3.300 ft) kedalaman.) Inframerah dan sinar ultraviolet, di sisi lain, sangat  diserap  oleh air.

Indeks refraksi  air cair (1,333 pada 20 ° c (68 ° f)) jauh lebih tinggi daripada udara (1,0), mirip dengan  alkana  dan  etanol, tetapi lebih rendah daripada  gliserol  (1,473), benzena  (1,501),  karbon disulfida  (1,627), dan jenis kaca Umum (1,4 hingga 1,6). Indeks refraksi dari es (1,31) lebih rendah daripada air cair.

Polaritas dan ikatan hidrogen

Lihat juga: ikatan kimia H2O

Karena molekul air tidak linier dan atom oksigen memiliki Elektronegativitas yang lebih tinggi daripada atom hidrogen, itu adalah  molekul Polar, dengan  momen dipol listrik: atom oksigen membawa sedikit negatif muatan, sedangkan atom hidrogen sedikit positif. Air adalah pelarut kutub yang baik  , yang melarutkan banyak  garam  dan molekul organik hidrofilik  seperti gula dan alkohol sederhana seperti  etanol. Air juga melarutkan banyak gas, seperti oksigen dan  karbon dioksida-yang terakhir memberikan Fizz minuman berkarbonasi  ,  anggur berkilau  dan bir. Selain itu, banyak zat dalam organisme hidup, seperti  protein,  DNA  dan  polisakarida, dilarutkan dalam air. Interaksi antara air dan subunit biomacromolekul ini membentuk  lipatan protein,  pemasangan basis DNA, dan fenomena lain yang penting untuk kehidupan (efek hidrofobik).

Banyak zat organik (seperti lemak dan minyak  dan  alkana) adalah  hidrofobik, yaitu, tidak larut dalam air. Banyak zat anorganik yang tidak larut juga, termasuk  oksidalogam,  sulfida, dan  siliat.

Karena polaritasnya, molekul air dalam cairan atau keadaan padat dapat membentuk hingga empat ikatan hidrogen  dengan molekul tetangga. Ikatan ini adalah penyebab  tegangan permukaantinggi air[20]  dan pasukan kapiler.  Tindakan kapiler  mengacu pada kecenderungan air untuk bergerak ke atas tabung sempit terhadap kekuatan  gravitasi. Properti ini diandalkan oleh semua  tanaman vaskular, seperti pohon. [21]

Ikatan hidrogen juga merupakan alasan mengapa titik leleh dan didih air jauh lebih tinggi daripada senyawa analog lainnya  seperti  hidrogen sulfida  (H
2S). Mereka juga menjelaskan  kapasitas panas khusus yang sangat tinggi (sekitar 4,2  J/g/k),  panas Fusion  (sekitar 333 j/g),  panas penguapan  (2257 j/g ), dan  konduktivitas   termal (antara 0,561 dan 0,679 W/m/K). Sifat ini membuat air lebih efektif untuk moderat  iklimbumi, dengan menyimpan panas dan mengangkut itu antara lautan dan atmosfer. Ikatan hidrogen air adalah kekuatan moderat, sekitar 23 kJ/mol (dibandingkan dengan ikatan O-H kovalen pada 492 kJ/mol). Dari hal ini, diperkirakan bahwa 90% dari ikatan hidrogen disebabkan oleh elektrostatika, sedangkan sisanya 10% mencerminkan karakter kovalen parsial. [22]

Konduktivitas listrik dan elektrolisis

Air murni memiliki konduktivitas listrikyang rendah, yang meningkat dengan  pelarutan  sejumlah kecil bahan ionik seperti  garam umum.

Air cair dapat dibagi menjadi unsur  hidrogen dan oksigen dengan melewati arus listrik melalui itu-sebuah proses yang disebut  elektrolisis. Dekomposisi membutuhkan lebih banyak masukan energi daripada panas yang  dilepaskan oleh proses invers  (285,8 KJ/mol, atau 15,9 MJ/kg). [23]

Sifat mekanik

Air cair dapat diasumsikan tidak dapat dikompres untuk sebagian besar tujuan: kompresibilitas berkisar dari 4,4 hingga   5.1 × 10− 10  PA− 1  dalam kondisi biasa. [24]  bahkan di lautan pada 4 km kedalaman, di mana tekanan adalah 400 ATM, air menderita hanya 1,8% penurunan volume. [25]

Viskositas  air adalah sekitar 10− 3  PA · s  atau 0,01  ketenangan  pada 20 ° c (68 ° f), dan  kecepatan suara  dalam air cair berkisar antara 1.400 dan 1.540 meter per detik (4.600 dan 5.100 ft/s) tergantung pada suhu. Suara perjalanan jarak jauh dalam air dengan sedikit atenuasi, terutama pada frekuensi rendah (sekitar 0,03  DB/km untuk 1 kHz), sebuah properti yang dimanfaatkan oleh  cetacea  dan manusia untuk penginderaan lingkungan (Sonar). [26]

Reaktivitas

Unsur logam yang lebih elektropositif  dari hidrogen seperti  lithium,  natrium,  kalsium,  kalium  dan  cesium  menggantikan hidrogen dari air, membentuk  hidroksida  dan melepaskan hidrogen. Pada suhu tinggi, karbon bereaksi dengan uap untuk membentuk  karbon monoksida.

Di bumi

Artikel utama untuk situs ini adalah: hidrologi  dan  distribusi air di bumi

Air meliputi 71% dari permukaan bumi; lautan mengandung 96,5% air bumi. Lembaran es Antartika, yang berisi 61% dari semua air tawar di bumi, terlihat di bagian bawah. Air atmosfer yang kental dapat dilihat sebagai awan, berkontribusi pada  albedobumi.

Hidrologi adalah studi tentang gerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh bumi. Studi tentang distribusi air adalah Hidrografi. Studi tentang distribusi dan pergerakan air tanah adalah  hidrogeologi, gletser adalah  glasiologi, perairan pedalaman adalah  Limnologi  dan distribusi lautan adalah  Oseanografi. Proses ekologi dengan hidrologi adalah fokus dari  ekohidrologi.

Massa kolektif air ditemukan pada, di bawah, dan atas permukaan planet disebut Hidrosfer. Perkiraan volume air bumi (Total pasokan air dunia) adalah 1.338.000.000 kilometer kubik (321 × 10^6  Cu mi). [2]

Air cair ditemukan di perairan, seperti lautan, laut, Danau, sungai, aliran,  kanal, Kolam, atau  genanganair. Mayoritas air di bumi adalah  air laut. Air juga ada di atmosfer dalam keadaan padat, cair, dan Uap. Ini juga ada sebagai air tanah di  akuifer.

Air adalah penting dalam banyak proses geologi. Air tanah hadir di sebagian besar batu, dan tekanan air tanah ini mempengaruhi pola  faulting. Air dalam  mantel  bertanggung jawab untuk lelehan yang menghasilkan  gunung berapi  di  zona subduksi. Di permukaan bumi, air penting dalam proses pelaping kimia dan fisik    . Air, dan untuk tingkat yang lebih rendah tapi masih signifikan, es, juga bertanggung jawab untuk sejumlah besar  transportasi sedimen  yang terjadi pada permukaan bumi. Pengendapan  dari sedimen diangkut membentuk banyak jenis  batuan sedimen, yang membentuk  catatan geologi   sejarah bumi.

Siklus air

Artikel utama: Water Cycle

Siklus air

Siklus air  (dikenal secara ilmiah sebagai siklus hidrologi) mengacu pada pertukaran terus-menerus air dalam  Hidrosfer, antara  atmosfer, air tanah  ,  permukaan air, air tanah, dan tanaman.

Air bergerak terus-menerus melalui masing-masing daerah dalam siklus air yang terdiri dari proses transfer berikut:

  • penguapan dari lautan dan badan air lainnya ke udara dan transpirasi  dari tanaman tanah dan hewan ke udara.
  • curah hujan, dari uap air kondensasi dari udara dan jatuh ke bumi atau laut.
  • limdari tanah biasanya mencapai laut.

Sebagian besar uap air di atas lautan kembali ke lautan, tapi angin membawa uap air di atas tanah pada tingkat yang sama seperti Limas ke laut, sekitar 47 TT  per tahun. Atas tanah, penguapan dan transpirasi memberikan kontribusi lain 72 TT per tahun. Curah hujan, pada tingkat 119 TT per tahun di atas tanah, memiliki beberapa bentuk: paling sering hujan, salju, dan  hujan es, dengan beberapa kontribusi dari  kabut  dan  embun. [27]    embun adalah tetesan kecil air yang kental ketika uap air kepadatan tinggi memenuhi permukaan yang sejuk. Embun biasanya terbentuk di pagi hari ketika suhu terendah, tepat sebelum matahari terbit dan ketika suhu permukaan bumi mulai meningkat. [28]  air kental di udara juga dapat  menahan sinar matahari    untuk menghasilkan  pelangi.

Air Limon sering mengumpulkan lebih dari aliran sungai  mengalir ke sungai. Sebuah Model matematis yang digunakan untuk mensimulasikan sungai atau aliran arus dan menghitung parameter kualitas air adalah  model transportasi hidrologi. Beberapa air dialihkan ke  irigasi  untuk pertanian. Sungai dan lautan menawarkan kesempatan untuk melakukan perjalanan dan perdagangan. Melalui  erosi, limpasan bentuk lingkungan menciptakan  lembah Sungai dan  Delta  yang menyediakan tanah yang kaya dan tanah tingkat untuk pembentukan Pusat populasi. Banjir terjadi ketika daerah tanah, biasanya rendah-berbohong, ditutupi dengan air. Ini adalah ketika sungai meluap bank atau banjir berasal dari laut. Kekeringan adalah jangka waktu berbulan-bulan atau tahun ketika daerah mencatat kekurangan dalam pasokan air. Hal ini terjadi ketika suatu wilayah menerima secara konsisten di bawah curah hujan.

Penyimpanan air tawar

Artikel utama: sumber daya air

Teluk Fundy  pada saat air pasang dan air pasang surut. Pada saat air surut, banyak bebatuan yang terpapar dan perahu dalam gambar beralas.

Air terjadi sebagai “saham” dan “mengalir.” Air dapat disimpan sebagai danau, uap air, air tanah atau “akuifer,” dan es dan salju. Dari total volume air tawar global, diperkirakan 69 persen disimpan di gletser dan penutup salju permanen; 30 persen dalam air tanah; dan sisanya 1 persen di Danau, sungai, atmosfer, dan biota. [29]  lamanya waktu air tetap dalam penyimpanan sangat bervariasi: beberapa akuifer terdiri dari air yang disimpan selama ribuan tahun tetapi Danau volume dapat berfluktuasi secara musiman, menurun selama periode kering dan meningkat selama yang basah. Sebagian besar pasokan air untuk beberapa daerah terdiri dari air yang diekstrak dari air yang disimpan dalam saham, dan ketika penarikan melebihi isi ulang, penurunan saham. Oleh beberapa perkiraan, sebanyak 30 persen dari total air yang digunakan untuk irigasi berasal dari penarikan air tanah yang tidak berkelanjutan, menyebabkan penipisan air tanah. [30]

Air laut dan pasang surut

Artikel utama: air laut  dan  pasang surut

Air laut mengandung sekitar 3,5%  natrium klorida    pada rata, ditambah jumlah yang lebih kecil dari zat lain. Sifat fisik air laut berbeda dari air tawar dalam beberapa hal penting. Ini membeku pada suhu yang lebih rendah (sekitar − 1,9 ° c (28,6 ° f)) dan kepadatan meningkat dengan penurunan suhu ke titik beku, daripada mencapai kepadatan maksimum pada suhu di atas titik beku. Salinitas air di lautan besar bervariasi dari sekitar 0,7% di  laut baltik  menjadi 4,0% di  laut merah. (The Laut mati, dikenal karena tingkat salinitas yang sangat tinggi antara 30 – 40%, sebenarnya adalah sebuah  danau garam.)

Tides adalah siklik naik dan turun dari permukaan laut lokal yang disebabkan oleh  kekuatan pasang  bulan dan matahari bertindak di lautan. Tides menyebabkan perubahan pada kedalaman badan air laut dan  estuarine  dan menghasilkan arus berosilasi yang dikenal sebagai aliran pasang surut. Gelombang perubahan yang dihasilkan pada lokasi tertentu adalah hasil dari posisi perubahan bulan dan matahari relatif terhadap bumi ditambah dengan  efek rotasi bumi  dan  batimetrilokal. The Strip of Seashore yang terendam di pasang tinggi dan terpapar pada air surut,  zona antargelombang, adalah produk ekologi penting dari pasang laut.

Efek pada kehidupan

Dari     sudut pandang biologis, air memiliki banyak sifat yang berbeda yang penting untuk proliferasi kehidupan. Ini membawa keluar peran ini dengan membiarkan  senyawa organik  untuk bereaksi dengan cara yang akhirnya memungkinkan  replikasi. Semua bentuk kehidupan yang diketahui bergantung pada air. Air sangat penting baik sebagai  pelarut  di mana banyak tubuh terlarut larut dan sebagai bagian penting dari banyak proses metabolisme  dalam tubuh. Metabolisme adalah jumlah total  anabolisme  dan  katabolisme. Dalam anabolisme, air dihapus dari molekul (melalui energi yang membutuhkan reaksi kimia enzimatik) dalam rangka untuk tumbuh molekul yang lebih besar (misalnya Pati, trigliserida dan protein untuk penyimpanan bahan bakar dan informasi). Dalam katabolisme, air digunakan untuk memecah ikatan dalam rangka menghasilkan molekul yang lebih kecil (misalnya glukosa, asam lemak dan asam amino yang akan digunakan untuk bahan bakar untuk penggunaan energi atau tujuan lain). Tanpa air, proses metabolisme tertentu ini tidak bisa ada.

Air adalah fundamental bagi fotosintesis dan respirasi. Sel fotosintesis menggunakan energi matahari untuk memisahkan hidrogen dari air dari oksigen[rujukan?]. Hidrogen dikombinasikan dengan Co2  (diserap dari udara atau air) untuk membentuk glukosa dan melepaskan oksigen[rujukan?]. Semua sel hidup menggunakan bahan bakar tersebut dan mengoksidasi hidrogen dan karbon untuk menangkap energi matahari dan reformasi air dan CO2  dalam proses (respirasi selular).

Air juga merupakan pusat dari asam-basa netralitas dan fungsi enzim. Sebuah asam, sebuah ion hidrogen (H+, yaitu, proton) donor, dapat dinetralisir oleh suatu basa, seorang akseptor proton seperti ion hidroksida (Oh) untuk membentuk air. Air dianggap netral, dengan  pH  (log negatif dari konsentrasi ion hidrogen) dari 7. Asam  memiliki nilai pH kurang dari 7 sementara  basa  memiliki nilai lebih dari 7.

Bentuk kehidupan akuatik

Informasi lebih lanjut: hidrobiologi,  kehidupan laut, dan  tanaman akuatik

Perairan permukaan bumi dipenuhi dengan kehidupan. Bentuk kehidupan terawal muncul dalam air; hampir semua ikan hidup secara eksklusif di air, dan ada banyak jenis mamalia laut, seperti lumba dan Paus. Beberapa jenis hewan, seperti amfibi, menghabiskan sebagian dari kehidupan mereka dalam air dan porsi di darat. Tanaman seperti  kelp  dan  alga  tumbuh di dalam air dan merupakan dasar untuk beberapa ekosistem bawah air. Plankton  umumnya merupakan fondasi dari  rantai makananlaut.

Vertebrata air harus mendapatkan oksigen untuk bertahan hidup, dan mereka melakukannya dalam berbagai cara. Ikan memiliki insang  , bukan  paru, meskipun beberapa jenis ikan, seperti  lungfish, memiliki keduanya. Mamalia laut, seperti Dolphins, Paus,  berang, dan  segel  perlu permukaan secara berkala untuk menghirup udara. Beberapa amfibi mampu menyerap oksigen melalui kulit mereka. Invertebrata menunjukkan berbagai modifikasi untuk bertahan hidup di perairan buruk oksigen termasuk tabung pernapasan (Lihat  sifon serangga  dan moluska) dan  insang  (carcinus ). Namun sebagai kehidupan invertebrata berevolusi di habitat akuatik sebagian besar memiliki sedikit atau tidak ada spesialisasi untuk respirasi dalam air.

Efek pada peradaban manusia

Air mancur

Peradaban secara historis berkembang di sekitar sungai dan saluran air utama; Mesopotamia, yang disebut sebagai buaian peradaban, terletak di antara sungai besar  Tigris  dan  Efrat; masyarakat purba orang Mesir  bergantung sepenuhnya kepada Nil. Roma juga didirikan di tepi Sungai Tiber di Italia  .  Terbatang besar  seperti  Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City,  Buenos Aires, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong berutang kesuksesan mereka sebagai bagian dari akses mudah melalui dan ekspansi perdagangan yang dihasilkan. Kepulauan dengan pelabuhan air yang aman, seperti Singapura, telah berkembang untuk alasan yang sama. Di tempat seperti Afrika Utara dan Timur Tengah, di mana air lebih langka, akses ke air minum yang bersih itu dan merupakan faktor utama dalam pembangunan manusia.

Kesehatan dan polusi

Program ilmu lingkungan – seorang mahasiswa dari Iowa State University  sampling Water

Air cocok untuk konsumsi manusia disebut air minum atau air yang diminum . Air yang tidak dapat di-minum bisa dibuat dengan filtrasi atau  distilasi, atau dengan berbagai  metode lainnya.

Air yang tidak cocok untuk diminum tetapi tidak berbahaya bagi manusia bila digunakan untuk berenang atau mandi disebut dengan berbagai nama selain diminum atau air minum, dan kadangkala disebut air yang aman, atau “aman untuk mandi”. Klorin adalah iritasi kulit dan selaput lendir yang digunakan untuk membuat air aman untuk mandi atau minum. Penggunaannya sangat teknis dan biasanya dipantau oleh peraturan pemerintah (biasanya 1 bagian per juta (ppm) untuk air minum, dan 1 – 2 ppm klorin belum bereaksi dengan kotoran untuk air mandi). Air untuk mandi dapat dipertahankan dalam kondisi Mikrobiologi yang memuaskan menggunakan disinfektan kimia seperti  klorin  atau  ozon  atau dengan menggunakan sinar ultraviolet  .

Di AS, bentuk non-minum air limbah yang dihasilkan oleh manusia dapat disebut sebagai  greywater, yang dapat diobati dan dengan demikian mudah dapat dibuat minum lagi, dan  Blackwater, yang umumnya berisi limbah  dan bentuk lain dari limbah yang memerlukan  perawatan lebih lanjut  agar dapat dilakukan kembali. Greywater menyusun 50 – 80% air limbah residensial yang dihasilkan oleh peralatan sanitasi rumah tangga (Sink, shower dan runoff dapur, tetapi tidak toilet, yang menghasilkan Blackwater.) Istilah ini mungkin memiliki arti yang berbeda di negara dan budaya lain.

Sumber daya alam ini menjadi lebih langka di beberapa tempat, dan ketersediaannya adalah kepedulian sosial dan ekonomi yang besar. Saat ini, sekitar satu miliar orang di seluruh dunia secara rutin minum air yang tidak sehat. Pada 2000, PBB  menetapkan  Tujuan Pembangunan Milenium  untuk air untuk setengah dengan 2015 proporsi orang di seluruh dunia tanpa akses ke air dan  sanitasiyang aman. Kemajuan menuju tujuan itu tidak merata, dan pada 2015 PBB berkomitmen pada target berikut yang ditetapkan oleh  tujuan pembangunan berkelanjutan untuk mencapai akses universal ke air dan sanitasi yang aman dan terjangkau oleh 2030.  Kualitas air yang buruk dan sanitasi yang buruk adalah mematikan; beberapa 5.000.000 kematian per tahun disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan air.  Organisasi kesehatan dunia  memperkirakan bahwa air yang  aman  dapat mencegah 1.400.000 kematian anak dari  diare  setiap tahunnya. [31]

Air, bagaimanapun, bukanlah sumber daya yang tak terbatas (berarti ketersediaan air terbatas), melainkan kembali beredar sebagai air minum pada curah hujan[32]  dalam jumlah banyak pesanan besarnya lebih tinggi daripada konsumsi manusia. Oleh karena itu, jumlah yang relatif kecil dari air dalam cadangan di bumi (sekitar 1% dari  pasokan airminum kami,[rujukan?]  yang diisi ulang di akuifer sekitar setiap 1 sampai 10 tahun), [rujukan?]  itu adalah  sumber daya yang tidak terbarukan, dan itu, lebih tepatnya, distribusi air minum dan irigasi yang langka,[butuhklarifikasi  ]   daripada jumlah aktual yang ada di bumi. Negara miskin air menggunakan impor barang sebagai metode utama mengimpor air (untuk meninggalkan cukup untuk konsumsi manusia lokal),[penjelasan lebih lanjut diperlukan]  sejak proses manufaktur[  klarifikasi diperlukan]  menggunakan sekitar 10 sampai 100 kali produk ‘ massa dalam air. [butuhklarifikasi]

Di negara berkembang, 90% dari semua air limbah  masih berlangsung tidak diobati menjadi sungai lokal dan sungai. [33]    beberapa 50 negara, dengan sekitar sepertiga dari populasi dunia, juga menderita stres menengah atau tinggi air, dan 17 dari ekstrak ini lebih banyak air setiap tahunnya dari yang diisi ulang melalui siklus air alami mereka. [34]  strain tidak hanya mempengaruhi permukaan air tawar seperti sungai dan danau, tetapi juga degradasi sumber daya air tanah.

Manusia menggunakan

Informasi lebih lanjut: pasokan air

Pertanian

Penggunaan air yang paling penting dalam pertanian adalah untuk irigasi, yang merupakan komponen kunci untuk menghasilkan makanan yang cukup. Irigasi memakan waktu hingga 90% air yang ditarik di beberapa negara berkembang[35]  dan proporsi yang signifikan di negara yang lebih berkembang secara ekonomi (di Amerika Serikat, 42% dari air tawar yang ditarik untuk digunakan adalah untuk irigasi). [36]

50 tahun yang lalu, persepsi umum adalah bahwa air adalah sumber daya yang tak terbatas. Pada saat itu, ada kurang dari setengah jumlah orang saat ini di planet ini. Orang tidak kaya seperti hari ini, mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan makan lebih sedikit daging, sehingga sedikit air yang dibutuhkan untuk menghasilkan makanan mereka. Mereka membutuhkan sepertiga dari volume air kita saat ini mengambil dari sungai. Hari ini, persaingan untuk jumlah tetap sumber daya air jauh lebih intens, sehingga menimbulkan konsep air puncak. [37]  ini adalah karena sekarang ada hampir 7.000.000.000 orang di planet ini, konsumsi mereka air-Haus daging dan sayuran meningkat, dan ada meningkatnya persaingan untuk air dari industri, urbanisasi dan tanaman biofuel. Di masa depan, bahkan lebih banyak air akan diperlukan untuk menghasilkan makanan karena populasi bumi diperkirakan naik ke 9.000.000.000 oleh 2050. [38]

Sebuah penilaian pengelolaan air di bidang pertanian dilakukan pada 2007 oleh International Water Management Institute  di Sri Lanka untuk melihat apakah dunia memiliki cukup air untuk menyediakan makanan bagi penduduk yang tumbuh. [39]  ini dinilai ketersediaan saat ini air untuk pertanian pada skala global dan memetakan lokasi yang menderita kelangkaan air. Ia menemukan bahwa seperlima dari dunia orang, lebih dari 1.200.000.000, tinggal di daerah  kelangkaan air fisik, di mana tidak ada cukup air untuk memenuhi semua tuntutan. Lebih lanjut 1.600.000.000 orang tinggal di daerah yang mengalami  kelangkaan air ekonomi, di mana kurangnya investasi dalam air atau kapasitas manusia yang tidak mencukupi membuat tidak mungkin bagi pihak berwenang untuk memenuhi permintaan air. Laporan itu menemukan bahwa akan mungkin untuk menghasilkan makanan yang diperlukan di masa depan, tetapi bahwa kelanjutan dari produksi makanan hari ini dan tren lingkungan akan menyebabkan krisis di banyak bagian dunia. Untuk menghindari krisis air global, petani harus berusaha untuk meningkatkan produktivitas untuk memenuhi tuntutan tumbuh makanan, sementara industri dan kota menemukan cara untuk menggunakan air lebih efisien. [40]

Kelangkaan air juga disebabkan oleh produksi kapas: 1 kg kapas-setara dengan sepasang jeans-membutuhkan 10,9 meter kubik (380 cu ft) air untuk menghasilkan. Sementara kapas menyumbang 2,4% penggunaan air dunia, air dikonsumsi di daerah yang sudah beresiko kekurangan air. Kerusakan lingkungan yang signifikan telah diakibatkan, seperti hilangnya  laut Aral. [41]

Sebagai standar ilmiah

Pada tanggal 7 April 1795, gram didefinisikan di Perancis untuk menjadi sama dengan “berat absolut volume air murni sama dengan kubus dari satu keseratus meter, dan pada suhu mencair es”. [42]  untuk tujuan praktis sekalipun, standar referensi logam diperlukan, 1000 kali lebih besar, kilogram. Kerja oleh karena itu ditugaskan untuk menentukan secara tepat massa satu liter air. Terlepas dari fakta bahwa definisi yang ditetapkan gram air yang ditentukan pada 0 ° c (32 ° f)-suhu yang sangat dapat direproduksi  -para ilmuwan memilih untuk mendefinisikan ulang standar dan untuk melakukan pengukuran mereka pada suhu air tertinggi  kepadatan, yang diukur pada saat itu sebagai 4 ° c (39 ° f). [43]

Skala suhu Kelvin  dari sistem  si  didasarkan pada  titik tiga  air, didefinisikan sebagai persis 273,16 K (0,01 ° c; 32,02 ° f), tetapi pada Mei 2019 didasarkan pada  konstanta  Boltzmann Sebaliknya. Skala adalah skala  suhu mutlak  dengan kenaikan yang sama seperti skala suhu Celsius, yang awalnya didefinisikan sesuai dengan titik didih  (diatur ke 100 ° c (212 ° f)) dan  titik leleh  (ditetapkan ke 0 ° c (32 ° f)) air.

Air alami terutama terdiri dari isotop hidrogen-1 dan oksigen-16, tetapi ada juga kuantitas kecil dari isotop oksigen-18 yang lebih berat, oksigen-17, dan hidrogen-2 (deuterium). Persentase dari isotop yang lebih berat sangat kecil, tetapi masih mempengaruhi sifat air. Air dari sungai dan Danau cenderung mengandung isotop yang kurang berat daripada air laut. Oleh karena itu, standar air didefinisikan dalam  standar Wina mean Ocean Water  spesifikasi.

Untuk minum

Artikel utama: air minum

Ketersediaan air: fraksi populasi yang menggunakan sumber air yang lebih baik menurut negara

Tubuh manusia  mengandung dari 55% untuk 78% air, tergantung pada ukuran tubuh. [44]  untuk berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan antara satu dan tujuh liter (0,22 dan 1,54 Imp Gal; 0,26 dan 1,85 US Gal)[rujukan?]    air per hari untuk menghindari  dehidrasi; jumlah yang tepat tergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan faktor lainnya. Sebagian besar ini tertelan melalui makanan atau minuman selain minum air lurus. Tidak jelas berapa banyak asupan air yang dibutuhkan oleh orang sehat, meskipun British Dietetic Association menyarankan bahwa 2,5 liter air Total setiap hari adalah minimum untuk mempertahankan hidrasi yang tepat, termasuk 1,8 liter (6 sampai 7 gelas) diperoleh langsung dari minuman. [45]  kesusastraan medis nikmat konsumsi yang lebih rendah, biasanya 1 liter air untuk pria rata-rata, tidak termasuk persyaratan tambahan karena kehilangan cairan dari olahraga atau cuaca hangat. [46]

Ginjal sehat dapat mengeluarkan 0,8 sampai 1 liter air per jam, tetapi stres seperti latihan dapat mengurangi jumlah ini. Orang dapat minum air jauh lebih dari yang diperlukan saat berolahraga, menempatkan mereka pada risiko keracunan air  (hyperhidrasi), yang dapat berakibat fatal. [47] [48]  klaim populer bahwa “seseorang harus mengkonsumsi delapan gelas air per hari” tampaknya tidak memiliki dasar nyata dalam ilmu pengetahuan. [49]  penelitian telah menunjukkan bahwa asupan air tambahan, terutama sampai 500 mililiter (18 Imp fl oz; 17 US fl oz) pada waktu makan sangat kondusif untuk penurunan berat badan. [50] [51] [52] [53] [54] [55]  asupan cairan yang cukup membantu mencegah sembelit. [56]

Simbol bahaya untuk air non-Potable

Rekomendasi asli untuk asupan air di 1945 oleh badan makanan dan gizi Dewan riset Nasional Amerika Serikat  membaca: “sebuah standar biasa untuk beragam orang adalah 1 mililiter untuk setiap kalori makanan. Sebagian besar kuantitas ini terkandung dalam makanan siap saji. ” [57]    laporan asupan makanan referensi terbaru oleh  Dewan riset Nasional Amerika Serikat  pada umumnya direkomendasikan, berdasarkan jumlah median asupan air dari kami data survei (termasuk sumber makanan): 3,7 liter ( 0,81 Imp Gal; 0,98 US Gal) untuk pria dan 2,7 liter (0,59 Imp Gal; 0,71 US Gal) dari total air untuk wanita, mencatat bahwa air yang terkandung dalam makanan yang disediakan sekitar 19% dari total asupan air dalam survei. [58]

Khusus, wanita hamil dan menyusui  membutuhkan cairan tambahan untuk tetap terhidrasi.  Institut Kedokteran  (kami) merekomendasikan bahwa, rata, orang mengkonsumsi 3 liter (0,66 Imp Gal; 0,79 US gal) dan wanita 2,2 liter (0,48 Imp Gal; 0,58 US Gal); wanita hamil harus meningkatkan asupan untuk 2,4 liter (0,53 Imp Gal; 0,63 US Gal) dan wanita menyusui harus mendapatkan 3 liter (12 cangkir), karena jumlah yang sangat besar cairan hilang selama menyusui. [59]  juga dicatat adalah bahwa biasanya, sekitar 20% dari asupan air berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari air minum dan minuman (berkafein  termasuk). Air diekskresikan dari tubuh dalam berbagai bentuk; melalui  urin  dan  kotoran, melalui  berkeringat, dan dengan menghembuskan uap air dalam napas. Dengan pengerahan tenaga fisik dan paparan panas, kehilangan air akan meningkat dan kebutuhan cairan sehari-hari juga dapat meningkat.

Manusia membutuhkan air dengan sedikit kotoran. Pengotor umum termasuk garam logam dan oksida, termasuk tembaga, besi, kalsium dan timah,[60]  dan/atau bakteri berbahaya, seperti  Vibrio. Beberapa  zat terlarut   dapat diterima dan bahkan diinginkan untuk peningkatan rasa dan untuk memberikan  elektrolityang diperlukan. [61]

Sumber air tawar tunggal terbesar (menurut volume) yang cocok untuk diminum adalah Danau Baikal  di Siberia. [62]

Cuci

Kecenderungan air untuk membentuk larutan  dan  emulsi  berguna dalam berbagai    proses pencucian. Mencuci juga merupakan komponen penting dari beberapa aspek  kebersihan tubuhpribadi. Sebagian besar penggunaan air pribadi adalah karena  mandi, mencuci  pakaian  dan  pencuci piring, mencapai ratusan liter per hari per orang di negara maju.

Transportasi

Artikel utama: transportasi kapal

Penggunaan air untuk pengangkutan bahan melalui sungai dan kanal serta jalur pelayaran internasional merupakan bagian penting dari perekonomian dunia.

Kegunaan kimia

Air secara luas digunakan dalam reaksi kimia sebagai pelarut  atau  reaktan  dan kurang umum sebagai  zat terlarut  atau  katalis. Dalam reaksi anorganik, air adalah pelarut yang umum, melarutkan banyak senyawa ionik, serta senyawa polar lainnya seperti  amonia  dan  senyawa yang terkait erat dengan air. Dalam reaksi organik, hal ini tidak biasanya digunakan sebagai pelarut reaksi, karena tidak membubarkan reaktan baik dan  amfoter  (asam  dan  dasar) dan  nukleofilik. Namun demikian, properti ini terkadang diinginkan. Juga, percepatan  reaksi Diels-Alder  oleh air telah diamati. Supercritical air  baru-baru ini menjadi topik penelitian. Air superkritis jenuh oksigen combusts polusi organik efisien. Uap air digunakan untuk beberapa proses dalam industri kimia. Contohnya adalah produksi asam akrilik dari acrolein, propilena dan propana. [63] [64] [65] [66]  kemungkinan efek air dalam reaksi ini mencakup interaksi fisik-, kimia air dengan katalis dan reaksi kimia air dengan intermediat reaksi.

Pertukaran panas

Air dan uap adalah cairan umum yang digunakan untuk pertukaran panas, karena ketersediaannya dan  kapasitas panasyang tinggi, baik untuk pendinginan dan pemanasan. Air dingin bahkan mungkin secara alami tersedia dari danau atau laut. Hal ini terutama efektif untuk mengangkut panas melalui  penguapan  dan  kondensasi  air karena  panas laten yang besar dari penguapan. Sebuah kerugian adalah bahwa logam yang biasa ditemukan dalam industri seperti baja dan tembaga yang  teroksidasi  lebih cepat oleh air dan uap yang tidak diobati. Di hampir semua  pembangkit listrik termal, air digunakan sebagai cairan kerja (digunakan dalam loop tertutup antara boiler, turbin uap dan kondensor), dan pendingin (digunakan untuk bertukar limbah panas ke badan air atau membawanya pergi dengan  penguapan  di  Cooling Tower). Di Amerika Serikat, pembangkit listrik pendinginan adalah penggunaan air terbesar. [67]

Dalam industri tenaga nuklir  , air juga dapat digunakan sebagai  moderator neutron. Di sebagian besar  reaktor nuklir, air adalah pendingin dan moderator. Hal ini memberikan sesuatu dari ukuran keselamatan pasif, seperti mengeluarkan air dari reaktor juga  memperlambat reaksi nuklir ke bawah. Namun metode lain yang disukai untuk menghentikan reaksi dan lebih disukai untuk menjaga inti nuklir ditutupi dengan air sehingga untuk memastikan pendinginan yang memadai.

Api pertimbangan

Air digunakan untuk memerangi  kebakaran.

Air memiliki panas yang tinggi dari penguapan dan relatif inert, yang membuatnya menjadi cairan pemadam kebakaran yang baik . Penguapan air membawa panas menjauh dari api. Hal ini berbahaya untuk menggunakan air pada api yang melibatkan minyak dan pelarut organik, karena banyak bahan organik mengapung di air dan air cenderung untuk menyebarkan pembakaran cair.

Penggunaan air dalam pemadaman kebakaran juga harus memperhitungkan bahaya ledakan uap, yang mungkin terjadi ketika air digunakan pada kebakaran yang sangat panas di ruang terbatas, dan dari ledakan hidrogen, ketika zat yang bereaksi dengan air, seperti tertentu logam atau karbon panas seperti batubara,  arang, atau  Coke  grafit, membusuk air, menghasilkan  gas air.

Kekuatan ledakan tersebut terlihat pada bencana Chernobyl, meskipun air yang terlibat tidak datang dari pertempuran api pada waktu itu tetapi sistem pendingin air reaktor sendiri. Sebuah ledakan uap terjadi ketika ekstrim overheating inti menyebabkan air berkedip ke Uap. Sebuah ledakan hidrogen mungkin telah terjadi sebagai akibat dari reaksi antara uap dan  Zirkoniumpanas.

Beberapa oksida logam, terutama logam alkali  dan  logam alkali tanah, menghasilkan begitu banyak panas pada reaksi dengan air yang dapat dikembangkan oleh bahaya kebakaran. Yang alkali tanah oksida  quicklime  adalah zat yang diproduksi secara massal yang sering diangkut dalam kantong kertas. Jika ini direndam melalui, mereka dapat memicu sebagai isinya bereaksi dengan air. [68]

Rekreasi

Artikel utama: olahraga air (rekreasi)

San Andrés Island,  Kolombia.

Manusia menggunakan air untuk banyak tujuan rekreasi, serta untuk berolahraga dan untuk olahraga. Beberapa di antaranya berenang, bermain ski air,  berperahu,  berselancar  dan  menyelam. Selain itu, beberapa olahraga, seperti hoki es  dan  seluncures, dimainkan di atas es. Lakesides, pantai dan  taman air  adalah tempat yang populer bagi orang untuk pergi untuk bersantai dan menikmati rekreasi. Banyak yang menemukan suara dan tampilan air yang mengalir untuk menenangkan, dan air mancur dan fitur perairan lainnya adalah dekorasi yang populer. Beberapa menjaga ikan dan kehidupan lain di  akuarium  atau kolam untuk pertunjukan, menyenangkan, dan persahabatan. Manusia juga menggunakan air untuk olahraga salju yaitu  Ski,  naik eretan,  mobil salju  atau  snowboarding, yang memerlukan air untuk dibekukan.

Industri air

Pembawa air di India, 1882. Di banyak tempat di mana air mengalir tidak tersedia, air harus diangkut oleh orang.

Reverse osmosis (RO)  Desalinasi  tanaman di  Barcelona, Spanyol

Industri air  menyediakan air minum dan    Jasa limbah (termasuk  pengolahan limbah) untuk rumah tangga dan industri. Fasilitas penyediaan air  termasuk  sumur air,  waduk  untuk  pemanenan air hujan,  jaringan suplai air, dan  pemurnian air fasilitas,  tangki air,  menara air,  pipa air  termasuk  akuaduktua. Generator Air atmosfer  sedang dalam pengembangan.

Air minum sering dikumpulkan di pegas, diekstrak dari  borings buatan (sumur) di tanah, atau dipompa dari danau dan sungai. Membangun lebih banyak sumur di tempat yang memadai adalah cara yang mungkin untuk menghasilkan lebih banyak air, dengan asumsi akuifer dapat memasok aliran yang memadai. Sumber air lainnya termasuk koleksi air hujan. Air mungkin memerlukan pemurnian untuk konsumsi manusia. Hal ini mungkin melibatkan pelepasan zat yang tidak terlarut, zat terlarut dan  mikrobaberbahaya. Metode populer  penyaringan  dengan pasir yang hanya menghilangkan bahan yang tidak terlarut, sementara  klorinasi  dan  mendidih  membunuh mikroba berbahaya. Distilasi  melakukan semua tiga fungsi. Ada teknik yang lebih maju ada, seperti  reverse osmosis. Desalinasi   air laut yangmelimpah adalah larutan yang lebih mahal yang digunakan dalam  iklim gersangpantai.

Distribusi air minum dilakukan melalui sistem air kota, pengiriman tanker atau sebagai  air kemasan. Pemerintah di banyak negara memiliki program untuk mendistribusikan air kepada orang yang membutuhkan tanpa biaya.

Mengurangi penggunaan dengan menggunakan air minum (Potable) hanya untuk konsumsi manusia adalah pilihan lain. Di beberapa kota seperti Hong Kong, air laut secara luas digunakan untuk pembilasan toilet kota dalam rangka untuk melestarikan sumber daya air tawar.

Polusi air mungkin merupakan penyalahgunaan tunggal terbesar air; sejauh bahwa polusi membatasi kegunaan lain dari air, itu menjadi pemborosan sumber daya, terlepas dari manfaat bagi pencemar. Seperti jenis lain dari polusi, ini tidak masuk standar akuntansi biaya pasar, yang dipahami sebagai  eksternalitas  yang pasar tidak dapat account. Dengan demikian orang lain membayar harga polusi air, sementara perusahaan swasta ‘ keuntungan tidak didistribusikan kembali kepada penduduk setempat, korban polusi ini.  Obat-obatan yang  dikonsumsi oleh manusia sering berakhir di saluran air dan dapat memiliki efek merugikan pada kehidupan akuatik  jika mereka  bioakumulasi  dan jika mereka tidak  biodegradable.

Air limbah kota dan industri biasanya dirawat di   pabrik pengolahan air limbah. Mitigasi  limpasan permukaan  yang tercemar diatasi melalui berbagai teknik pencegahan dan pengobatan. (Lihat    permukaan runoff # mitigasi dan pengobatan.)

Aplikasi industri

Banyak proses industri mengandalkan reaksi menggunakan bahan kimia dilarutkan dalam air, suspensi padatan dalam slurries air atau menggunakan air untuk membubarkan dan mengekstrak zat, atau untuk mencuci produk atau peralatan proses. Proses seperti  penambangan,  pengupas kimia,  Pulp Bleaching,  pembuatan kertas, produksi tekstil, pencelupan, percetakan, dan pendinginan pembangkit listrik menggunakan air dalam jumlah besar, memerlukan sumber air khusus, dan sering menyebabkan polusi air yang signifikan.

Air digunakan dalam pembangkit listrik. Listrik tenaga air yang Diperoleh dari  tenaga air. Daya hidroelektrik berasal dari air yang menggerakkan Turbin air yang terhubung ke generator. Hidroelektrik merupakan sumber energi terbarukan yang berbiaya rendah dan tidak tercemar. Energi dipasok oleh gerak air. Biasanya sebuah bendungan dibangun di atas sungai, menciptakan sebuah danau buatan di belakangnya. Air mengalir keluar dari Danau dipaksa melalui turbin yang gilirannya generator.

Bendungan Tiga Ngarai adalah  pembangkit listrik hydro-elektrik terbesar.

Air bertekanan digunakan dalam Water Blasting  dan  Water jet pemotong. Juga, senjata air bertekanan sangat tinggi digunakan untuk pemotongan yang tepat. Ia bekerja sangat baik, relatif aman, dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Hal ini juga digunakan dalam pendinginan mesin untuk mencegah overheating, atau mencegah melihat pisau dari overheating.

Air juga digunakan dalam banyak proses industri dan mesin, seperti turbin uap  dan  penukar panas, di samping penggunaannya sebagai  pelarutkimia. Pembuangan air yang tidak diobati dari penggunaan industri adalah  pencemaran. Polusi termasuk dibuang zat terlarut (polusi kimia) dan air pendingin dibuang (polusi termal). Industri membutuhkan air murni untuk banyak aplikasi dan memanfaatkan berbagai teknik pemurnian baik dalam penyediaan air dan pembuangan.

Pengolahan makanan

Air dapat digunakan untuk memasak makanan seperti mie

Mendidih,  mengukus, dan  mendidih  adalah metode memasak populer yang sering memerlukan makanan membenamkan dalam air atau negara gas, uap. [69]  air juga digunakan untuk  pencuci piring. Air juga memainkan banyak peran penting dalam bidang  ilmu makanan. Hal ini penting bagi seorang ilmuwan makanan untuk memahami peran yang bermain air dalam pengolahan makanan untuk memastikan keberhasilan produk mereka. [rujukan?]

Zat terlarut seperti garam dan gula yang ditemukan dalam air mempengaruhi sifat fisik air. Titik didih dan pembekuan air dipengaruhi oleh zat terlarut, serta  tekanan udara, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh ketinggian. Air mendidih pada suhu yang lebih rendah dengan tekanan udara yang lebih rendah yang terjadi pada elevasi yang lebih tinggi. Satu  mol  sukrosa (gula) per kilogram air menaikkan titik didih air dengan 0,51 ° c (0,918 ° f), dan satu mol garam per kg menaikkan titik didih dengan 1,02 ° c (1,836 ° f); demikian pula, meningkatkan jumlah partikel terlarut menurunkan titik beku air. [70]

Zat terlarut dalam air juga mempengaruhi aktivitas air yang mempengaruhi banyak reaksi kimia dan pertumbuhan mikroba dalam makanan. [71]  aktivitas air dapat digambarkan sebagai rasio tekanan uap air dalam larutan untuk tekanan uap air murni. [70]  zat terlarut dalam air aktivitas air yang lebih rendah — hal ini penting untuk diketahui karena sebagian besar pertumbuhan bakteri berhenti pada rendahnya tingkat aktivitas air. [71]  tidak hanya pertumbuhan mikroba yang mempengaruhi keselamatan makanan, tetapi juga pelestarian dan kehidupan rak makanan.

Kekerasan air juga merupakan faktor penting dalam pengolahan makanan dan dapat diubah atau diobati dengan menggunakan sistem pertukaran ion kimia. Hal ini secara dramatis dapat mempengaruhi kualitas produk, serta memainkan peran dalam sanitasi. Kekerasan air diklasifikasikan berdasarkan konsentrasi kalsium karbonat yang berisi air. Air diklasifikasikan sebagai lembut jika mengandung kurang dari 100 mg/l (Inggris)[72]  atau kurang dari 60 mg/l (AS). [73]

Menurut laporan yang diterbitkan oleh organisasi jejak air di 2010, satu kilogram daging sapi membutuhkan 15000 liter (3.3 × 10^3  Imp Gal; 4.0 × 10^3  US Gal) air; Namun, penulis juga membuat jelas bahwa ini adalah faktor yang secara global rata dan situasional menentukan jumlah air yang digunakan dalam produksi daging sapi. [74]

Penggunaan medis

Air steril untuk Injection

Air untuk Injection adalah Daftar obat penting organisasi kesehatan dunia. [75]

Distribusi di alam

Di alam semesta

Band 5 Alma  Receiver adalah instrumen yang dirancang khusus untuk mendeteksi air di alam semesta. [76]

Sebagian besar air alam semesta diproduksi sebagai produk sampingan dari pembentukan bintang. Pembentukan bintang disertai dengan angin luar yang kuat dari gas dan debu. Ketika aliran bahan ini akhirnya berdampak pada gas di sekitarnya, gelombang kejut yang dibuat kompres dan Panaskan gas. Air yang diamati dengan cepat diproduksi dalam gas padat hangat ini. [77]

Pada tanggal 22 Juli 2011, sebuah laporan menggambarkan penemuan awan raksasa uap air yang mengandung “140.000.000.000.000 kali lebih banyak air dari seluruh lautan bumi yang dikombinasikan” di sekitar kuasar yang terletak 12.000.000.000 tahun cahaya dari bumi. Menurut para peneliti, “penemuan menunjukkan bahwa air telah lazim di alam semesta selama hampir seluruh keberadaannya”. [78] [79]

Air telah terdeteksi di awan antarbintang  dalam  galaksikita,  Bima Sakti. [80]  air mungkin ada dalam kelimpahan di galaksi lain, juga, karena komponennya, hidrogen dan oksigen, adalah salah satu unsur yang paling melimpah di alam semesta. Berdasarkan model  pembentukan dan evolusi tata surya  dan sistem bintang lainnya, kebanyakan  sistem planet lain cenderung memiliki bahan yang sama.

Uap air

Air hadir sebagai uap dalam:

Air cair

Air cair hadir di bumi, meliputi 71% dari permukaannya. [1]  air cair juga sesekali hadir dalam jumlah kecil  di Mars. [butuh rujukan]  para ilmuwan percaya bahwa air cair hadir dalam bulan saturnian  Enceladus, sebagai lautan tebal sepanjang 10 km sekitar 30-40 kilometer di bawah permukaan Kutub Selatan Enceladus, [101] [102  ] dan  Titan, sebagai lapisan bawah permukaan, mungkin dicampur dengan  amonia. [103]  bulan Jupiter  Europa  memiliki karakteristik permukaan yang menunjukkan air laut cair bawah permukaan. [104]  air cair juga dapat ditemukan di bulan  Ganymede Jupiter sebagai lapisan terjepit di antara es bertekanan tinggi dan batu. [105]

Es air

Air hadir sebagai es pada:

Topi es kutub selatan Mars selama Martian musim panas Selatan 2000

Dan juga mungkin hadir pada:

Bentuk eksotis

Air dan volatil lain  mungkin terdiri dari banyak struktur internal  Uranus  dan  Neptunus  dan air dalam lapisan yang lebih dalam mungkin dalam bentuk  air ionik  di mana molekul dipecah menjadi sup ion hidrogen dan oksigen, dan lebih dalam lagi sebagai  air superionic  di mana oksigen mengkristal tetapi ion hidrogen mengapung dengan bebas di dalam kisi oksigen. [124]

Zona air dan dapat dihuni

Informasi lebih lanjut: distribusi air di bumi

Keberadaan air cair, dan pada tingkat yang lebih rendah dari gas dan bentuk padat, di bumi sangat penting untuk keberadaan kehidupan di bumi  seperti yang kita tahu. Bumi terletak di  zona dihuni  dari  tata surya; jika itu sedikit lebih dekat atau lebih jauh dari  matahari  (sekitar 5%, atau sekitar 8.000.000 kilometer), kondisi yang memungkinkan tiga bentuk yang akan hadir secara bersamaan akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk ada. [125] [126]

Gravitasi bumi   memungkinkan untuk mengadakan  suasana. Uap air dan karbon dioksida di atmosfer memberikan suhu buffer (efek rumah kaca) yang membantu mempertahankan suhu permukaan yang relatif stabil. Jika bumi lebih kecil, suasana yang lebih tipis akan memungkinkan suhu ekstrem, sehingga mencegah akumulasi air kecuali dalam  topi es kutub  (seperti di  Mars). [rujukan?]

Suhu permukaan bumi relatif konstan melalui waktu   geologi meskipun berbagai tingkat radiasi matahari masuk (insolation), menunjukkan bahwa proses dinamis mengatur suhu bumi melalui kombinasi gas rumah kaca dan albedo permukaan atau atmosfer  . Usulan ini dikenal sebagai  Hipotesis Gaia. [rujukan?]

Keadaan air di planet tergantung pada tekanan ambien, yang ditentukan oleh gravitasi planet. Jika sebuah planet cukup besar, air di atasnya mungkin padat bahkan pada suhu tinggi, karena tekanan tinggi yang disebabkan oleh gravitasi, seperti yang diamati pada eksoplanets Gliese 436 b[127]  dan  GJ 1214 b. [128]

Hukum, politik, dan krisis

Artikel utama: hukum air,  hak air, dan  krisis air

Perkiraan pangsa orang di negara berkembang dengan akses ke air minum di tahun 1970 – 2000

Politik air adalah politik yang dipengaruhi oleh air dan  sumber daya air. Untuk alasan ini, air adalah sumber daya yang strategis di dunia dan unsur penting dalam banyak konflik politik. Hal ini menyebabkan dampak kesehatan dan kerusakan keanekaragaman hayati.

Akses ke air minum yang aman telah membaik selama dekade terakhir di hampir setiap bagian dunia, tetapi sekitar 1.000.000.000 orang masih kekurangan akses ke air yang aman dan lebih 2.500.000.000 kurangnya akses ke sanitasiyang memadai. [129]  Namun, beberapa pengamat telah memperkirakan bahwa dengan 2025 lebih dari separuh  populasi dunia  akan menghadapi kerentanan berbasis air. [130]  sebuah laporan, yang dikeluarkan pada November 2009, menunjukkan bahwa dengan 2030, di beberapa daerah berkembang di dunia, permintaan air akan melebihi pasokan sebesar 50%. [131]

1.600.000.000 orang telah mendapatkan akses ke sumber air yang aman sejak 1990. [132]  proporsi orang di negara berkembang dengan akses ke air yang aman dihitung meningkat dari 30% di 1970[133]  menjadi 71% di 1990, 79% di 2000 dan 84% di 2004. Kecenderungan ini diproyeksikan untuk melanjutkan. [129]  untuk Halve, oleh 2015, proporsi orang tanpa akses berkelanjutan untuk air minum yang aman adalah salah satu  Tujuan Pembangunan Milenium. Tujuan ini diproyeksikan akan tercapai. [rujukan?]

Sebuah laporan PBB 2006 menyatakan bahwa “ada cukup air untuk semua orang”, tetapi bahwa akses ke itu terhambat oleh salah urus dan korupsi. [134]    Selain itu, inisiatif global untuk meningkatkan efisiensi pengiriman bantuan, seperti  Deklarasi Paris tentang efektivitas bantuan, belum diambil oleh donor sektor air secara efektif seperti yang mereka miliki dalam pendidikan dan Kesehatan, berpotensi meninggalkan beberapa donor yang bekerja pada proyek yang tumpang tindih dan pemerintah Penerima tanpa pemberdayaan untuk bertindak. [135]

Para penulis dari 2007 komprehensif penilaian pengelolaan air di pertanian  dikutip pemerintahan yang buruk sebagai salah satu alasan untuk beberapa bentuk kelangkaan air. Tata Kelola air adalah serangkaian proses formal dan informal yang membuat keputusan terkait pengelolaan air dilakukan. Tata Kelola air yang baik terutama tentang mengetahui proses apa yang terbaik dalam konteks fisik dan sosioekonomi tertentu. Kesalahan terkadang telah dibuat dengan mencoba untuk menerapkan ‘ cetak biru ‘ yang bekerja di negara maju untuk mengembangkan lokasi dan konteks dunia. Sungai Mekong adalah salah satu contohnya; peninjauan oleh  Institut manajemen air internasional  kebijakan di enam negara yang mengandalkan Sungai Mekong untuk air menemukan bahwa analisis biaya-manfaat menyeluruh dan transparan dan penilaian dampak lingkungan jarang Dilakukan. Mereka juga menemukan bahwa rancangan hukum air Kamboja jauh lebih kompleks daripada yang dibutuhkan. [136]

Laporan pembangunan air dunia PBB  (wwdr, 2003) dari  program penilaian air dunia  menunjukkan bahwa, dalam 20 tahun ke depan, kuantitas air yang tersedia untuk semua orang diperkirakan akan menurun sebesar 30%. 40% dari dunia penduduk saat ini memiliki cukup air tawar untuk  kebersihanminimal. Lebih dari 2.200.000 orang tewas dalam 2000 dari  penyakit yang terbawa oleh air  (terkait dengan konsumsi air yang terkontaminasi) atau kekeringan. Pada 2004,  bantuan air amal Inggris melaporkan bahwa seorang anak meninggal setiap 15 detik dari penyakit yang mudah dicegah yang berhubungan dengan air; sering kali ini berarti kurangnya pembuangan limbah  ; Lihat toilet. [rujukan?]

Organisasi yang peduli dengan perlindungan air meliputi International Water Association  (IWA),  Wateraid,  Water 1st, dan American Water Resources Association.  International Water Management Institute  melakukan proyek dengan tujuan menggunakan pengelolaan air yang efektif untuk mengurangi kemiskinan. Konvensi terkait air adalah  Konvensi PBB untuk memerangi Desertifikasi  (UNCCD),  Konvensi Internasional untuk pencegahan pencemaran dari kapal,  Konvensi PBB tentang hukum Konvensi laut  dan  Ramsar. Hari dunia untuk air  berlangsung pada 22 Maret dan  hari laut dunia  pada tanggal 8 Juni. [rujukan?]

Dalam budaya

Agama

Artikel utama: air dan agama

Air dianggap sebagai pembersih di sebagian besar agama. Agama yang mencakup mencuci ritual (wudhu) termasuk  Kekristenan,  Hindu,  Islam,  Yudaisme,  gerakan Rastafari,  Shinto,  Taoisme, dan  Wicca. Pencelupan (atau  aspersion  atau  kamar) dari seseorang dalam air adalah  sakramen pusat Kekristenan (di mana itu disebut  pembaptisan); itu juga merupakan bagian dari praktek agama lain, termasuk Islam (mandi), Yudaisme (mikvah) dan  Sikhisme  (amrit sanskar). Selain itu, mandi ritual dalam air murni dilakukan untuk orang mati dalam banyak agama termasuk Islam dan Yudaisme. Dalam Islam, lima doa harian dapat dilakukan dalam banyak kasus setelah selesai mencuci bagian tertentu dari tubuh menggunakan air bersih (wudhu), kecuali air tidak tersedia (Lihat  tayammum). Dalam agama Shinto, air digunakan dalam hampir semua ritual untuk membersihkan seseorang atau suatu daerah (misalnya, dalam ritual  misogi).

Dalam kekristenan, air suci  adalah air yang telah dikuduskan oleh seorang imam untuk tujuan  baptisan,  berkat  orang, tempat, dan benda, atau sebagai sarana memukul mundur jahat. [137] [138]

Dalam Zoroastrianisme, air (āb) dihormati sebagai sumber kehidupan. [139]

Filsafat

Filsuf Yunani kuno Empedokles  berpendapat bahwa air adalah salah satu dari empat  unsur klasik  bersama dengan api, bumi dan  udara, dan dianggap sebagai  ylem, atau substansi dasar dari Alam semesta.  Thales, yang diperankan oleh Aristoteles sebagai astronom dan insinyur, berteori bahwa bumi, yang lebih padat daripada air, muncul dari air. Thales, seorang  monist, percaya lebih lanjut bahwa segala sesuatu yang terbuat dari air. Plato percaya bentuk air adalah  ikosahedron  yang menyumbang mengapa hal itu dapat mengalir dengan mudah dibandingkan dengan bumi berbentuk kubus. [140]

Dalam teori keempat humor tubuh, air dikaitkan dengan  dahak, sebagai dingin dan lembab.  Unsur klasik air  juga merupakan salah satu dari  lima unsur  dalam  filsafat Cina tradisional, bersama dengan  bumi,  api,  kayu , dan  logam.

Air juga diambil sebagai panutan dalam beberapa bagian filsafat Asiatradisional dan populer. Terjemahan James Leggeyang1891 dari  Dao De Jing  Serikat, “keunggulan tertinggi adalah seperti (yang dari) air. Keunggulan air muncul dalam menguntungkan segala sesuatu, dan dalam pendudukan, tanpa berusaha (sebaliknya), tempat rendah yang semua orang tidak suka. Oleh karena itu (dengan cara) adalah dekat (yang dari)  Tao“dan” tidak ada di dunia yang lebih lembut dan lemah daripada air, namun untuk menyerang apa yang tegas dan kuat tidak ada yang dapat diutamakan dari itu-karena tidak ada apa-apa (begitu effectual) untuk yang dapat diubah. ” [141]    guanzi    di dalam “Shui di” bab水地 lebih lanjut menguraikan tentang simbolisme air, menyatakan bahwa “manusia adalah air” dan menghubungkan kualitas alami orang dari Cina yang berbeda untuk karakter sumber air setempat. [142]

Tipuan dihidrogen monoksida

Artikel utama: dihydrogen monoksida Hoax

Teknis air yang benar tetapi jarang digunakan nama kimia, “dihydrogen monoksida”, telah digunakan dalam serangkaian  Hoax  dan  Pranks  yang mengejek  buta huruf ilmiah. Ini dimulai pada 1983, ketika sebuah artikel hari April Mop  muncul di sebuah Surat Kabar di  Durand, Michigan. Cerita palsu terdiri dari keprihatinan keamanan tentang substansi. [143]

Lihat juga

Artikel utama: garis besar air

Referensi

  1. ^ Jump up to: a b      “CIA – dunia Factbook”. Central Intelligence Agency.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 5 January 2010. Diakses tanggal  20 December  2008.
  2. ^ Lompat ke: a b      Gleick, P.H., Ed. (1993). Air dalam krisis: panduan untuk sumber air tawar dunia. Oxford University Press. p. 13, tabel 2,1 “air cadangan di bumi”. Diarsipkan dari  versi asli  tanggal 8 April 2013.
  3. ^  Uap air dalam sistem iklim Diarsipkan    20 Maret 2007 di  mesin Wayback, laporan khusus, [Agu], Desember 1995 (Linked 4/2007). Air vital UNEP.
  4. Diakses  pada “Baroni, L.; Cenci, L.; M.; Berati, M. (2007). “Mengevaluasi dampak lingkungan dari berbagai pola diet yang dikombinasikan dengan sistem produksi makanan yang berbeda”. European Journal gizi klinis.  61  (2): 279 – 286. Doi:1038/SJ. ejcn. 1602522. PMID 17035955.
  5. ^ “Air (v.)” . www.etymonline.com. Kamus Etimologi online. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 2 August 2017. Diakses tanggal  20 May  2017.
  6. ^ (Inggris) Greenwood, Norman N. ; Earnshaw, Alan (1997). Kimia dari unsur (2nd Ed.).  Butterworth-Heinemann. p. 620. ISBN 978-0-08-037941-8.
  7. ^ “Air, pelarut Universal”. USGS. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 9 July 2017. Diakses tanggal  27 June  2017.
  8. ^  Reece, Jane B. (31 Oktober 2013). Campbell Biology (10 Ed.).  Pearson. p. 48. ISBN 9780321775658.
  9. ^  Reece, Jane B. (31 Oktober 2013). Campbell Biology (10 Ed.).  Pearson. p. 44. ISBN 9780321775658.
  10. ^ Lompat ke: a b      “air: air — sebuah misteri abadi”. Alam.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 17 November 2016. Diakses tanggal  15 November  2016.
  11. ^  Kotz, J.C., treichel, P., & Weaver, G.C. (2005). Kimia & reaktivitas kimia. Thomson Brooks/Cole.  ISBN 978-0-534-39597-1. Pemeliharaan CS1: beberapa nama: Authors list (link)
  12. ^ (Inggris) Ben-Naim, Ariel; Ben-Naim, Roberta; et al. (2011). Petualangan Alice di perairan-tanah. Singapura.  Doi:1142/8068. ISBN 978-981-4338-96-7.
  13. ^  Maestro, L.M.; Marqués, M.I.; Camarillo, E.; Jaque, D.; Solé, J. García; Gonzalo, J.A.; Jaque, F.; Valle, Juan C. del; Mallamace, F. (1 Januari 2016).  “Pada keberadaan dua negara dalam air cair: dampak pada sistem biologis dan nanoscopic”. Jurnal internasional nanoteknologi.  13  (8 – 9): 667 – 677. Bibcode:.. 13.. 667M. Doi:10.1504/ijnt. 2016.079670. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 23 September 2017.
  14. ^  Mallamace, Francesco; Corsaro, Carmelo; Stanley, H. Eugene (18 Desember 2012).  “A singular termodinamically konsisten suhu pada asal-usul perilaku anomali air cair”. Laporan ilmiah.  2  (1): 993. Bibcode:.. 2E. 993M. Doi:10.1038/srep00993. PMC    3524791. PMID 23251779.
  15. ^  Perakis, fivos; Amann-Winkel, Katrin; Lehmkühler, Felix; Sprung, Michael; Mariedahl, Daniel; Sellberg, Jonas A.; Pathak, Harshad; Späh, Aleksander; Cavalca, Filippo; Ricci, Alessandro; Jain, Avni; Massani, Bernhard; Aubree, Flora; Benmore, Chris J.; Dari loerting, Thomas; Grübel, Gerhard; Pettersson, Lars GM; Nilsson, Anders (26 Juni 2017).  “Dinamika yang sulit dipahami selama transisi densitas tinggi ke rendah dalam es amorf”. Prosiding National Academy of Sciences dari Amerika Serikat.  13  (8 – 9): 667 – 677. Doi:1073/PNAS. 1705303114. PMC    5547632. PMID 28652327.
  16. ^  Edmund T. Rolls (2005), “emosi dijelaskan”. Oxford University Press, kedokteran.  ISBN 0198570031, 9780198570035.
  17. ^   llinas, W. precht (2012), “katak neurobiologi: buku pegangan”. Springer Science & bisnis media.  ISBN 3642663168, 9783642663161
  18. ^ Candau, Joël (2004). “The Olfactory pengalaman: konstanta dan variabel budaya”. Ilmu air dan teknologi. 49  (9): 11 – 17. Doi:2166/WST. 2004.0522. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 2 October 2016. Diakses tanggal  28 September  2016.
  19. ^ Braun, Charles L.; Sergei N. Smirnov (1993). “Mengapa biru air?” . J. Chem. Educ. 70  (8): 612. Bibcode:. 70.. 612B. Doi:10.1021/ed070p612. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 20 March 2012. Diakses tanggal  21 April  2007.
  20. ^ (Inggris) Campbell, Neil A.; Brad Williamson; Robin J. Heyden (2006).  Biologi: Exploring Life. Boston, Massachusetts: Pearson Prentice Hall.  ISBN 978-0-13-250882-7. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 2 November 2014. Diakses tanggal  11 November  2008.
  21. ^  Tindakan kapiler – cair, air, kekuatan, dan permukaan – jrank artikel Diarsipkan    27 Mei 2013 di  mesin Wayback. Science.jrank.org. Diakses tanggal 28 September 2015.
  22. ^  Isaacs, E. D; Shukla, A; Dari platzman, P. M; Hamann, D. R; Barbiellini, B; Tulk, C. A (1 Maret 2000). “Compton bukti yang berserakan untuk covalency ikatan hidrogen di es”. Jurnal fisika dan kimia padatan.  61  (3): 403 – 406. Bibcode:.. 61.. 403I. Doi:10.1016/S0022-3697 (99) 00325-X.
  23. ^  Ball, Philip  (14 September 2007). “Pembakaran air dan mitos lainnya”. Berita @ alam.  Doi:1038/news070910-13. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 28 February 2009. Diakses tanggal  14 September  2007.
  24. ^ Baik, RA. & Millero, F.J. (1973). “Kompresibilitas air sebagai fungsi dari suhu dan tekanan”. Jurnal fisika kimia. 59 (10): 5529. Kitab bibcode:. 59.5529 f. Doi:10.1063/1.1679903.
  25. ^ Nave, R. “Massal elastis Properties”. Hiperfisika. Georgia State University. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 28 October 2007. Diakses tanggal  26 October  2007.
  26. ^  Inggris Nasional laboratorium fisik,  perhitungan penyerapan suara dalam air laut Diarsipkan    3 Oktober 2016 di  mesin Wayback. Situs online, terakhir diakses pada tanggal 28 September 2016.
  27. ^  Gleick, P.H., Ed. (1993). Air dalam krisis: panduan untuk sumber air tawar dunia. Oxford University Press. p. 15, tabel 2,3. Diarsipkan dari  versi asli  tanggal 8 April 2013.
  28. ^  (Inggris) Ben-Naim, A. & Ben-Naim, R., P.H. (2011). Petualangan Alice di perairan-tanah. Penerbitan ilmiah dunia. p. 31.  Doi:1142/8068. ISBN 978-981-4338-96-7. Pemeliharaan CS1: beberapa nama: Authors list (link)
  29. ^  Gleick, Peter H. (1993). Air dalam krisis  (1 Ed.). New York:  Oxford University Press. p. 13. ISBN 019507627-3.
  30. ^ Wada, Yoshihide; Van Beek, L.P.H.; Bierkens, Marc FP (2012). “Air tanah yang tidak lestari mendukung irigasi: penilaian global”. Sumber daya air penelitian. 48  (6). Doi:1029/2011wr010562.
  31. ^ “Organisasi kesehatan dunia. Air aman dan kesehatan global “. Who.int. 25 Juni 2008. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 24 December 2010. Diakses tanggal  25 July  2010.
  32. ^  Hoekstra, Arjen Y. (19 Juni 2013). Jejak air masyarakat konsumen modern. Routledge.  ISBN 978-1136457043.
  33. ^  UNEP International Environment (2002). Teknologi suara lingkungan untuk pengelolaan air limbah dan Stormwater: sebuah buku sumber internasional. Penerbitan IWA.  ISBN 978-1-84339-008-4. OCLC 49204666.
  34. ^ (Inggris) ravindranath, nijavalli H.; Jayant A. Sathaye (2002). Perubahan iklim dan negara berkembang. Springer.  ISBN 978-1-4020-0104-8. OCLC 231965991.
  35. ^  “WBCSD Water Facts & tren”. Diarsipkan dari  versi asli  tanggal 1 March 2012. Diakses tanggal  25 July  2010.
  36. ^ (Inggris) Dieter, Cheryl A.; Maupin, Molly A.; Caldwell, Rodney R.; Harris, Melissa A.; Ivahnenko, Tamara I.; Lovelace, John K.; Tukang cukur, Nancy L.; Linsey, Kristin S. (2018).  “Perkiraan penggunaan air di Amerika serikat pada 2015”. Melingkar. Survei Geologi Amerika Serikat.  Doi:3133/cir1441.
  37. ^  Gleick, P.H.; Palaniappan, M. (2010).  “Peak Water”    (PDF). Prosiding National Academy of Sciences.  107  (125): 11155-11162. Bibcode:. 10711155G. Doi:10.1073/PNAS. 1004812107. PMC    2895062. PMID 20498082. Diarsipkan    (PDF)  dari versi asli tanggal 8 November 2011. Diakses tanggal  11 October  2011.
  38. ^  Siaran pers United Nations pop/952 (13 Maret 2007). Populasi dunia akan meningkat sebesar 2.500.000.000 oleh 2050 Diarsipkan    27 Juli 2014 di  mesin Wayback
  39. ^ Molden, D. (Ed). Air untuk makanan, air seumur hidup: penilaian komprehensif pengelolaan air dalam pertanian. Earthscan/IWMI, 2007.
  40. ^ Chartres, C. dan Varma, S. (2010) keluar dari air. Dari kelimpahan untuk kelangkaan dan bagaimana memecahkan masalah air dunia. FT Press (Amerika Serikat).
  41. ^ Chapagain, A.K.; Hoekstra, A.Y.; Savenije, H.H.G.; Guatam, R. (September 2005). “Jejak air konsumsi kapas”  (PDF). IHE Delft Institute for Water Education. Diakses tanggal  24 October  2019.
  42. ^  Décret relatif Aux poids et Aux mesures. 18 Germinal an 3 (7 April 1795) Diarsipkan    pada tanggal 25 Februari 2013 di  mesin Wayback. Keputusan yang berkaitan dengan bobot dan pengukuran (dalam bahasa Perancis). quartier-rural.org
  43. ^  here l’Histoire du mètre, La déterminasi de l’unité de poids Diarsipkan    25 Juli 2013 di  mesin Wayback. Histoire.du.metre.free.fr
  44. ^  Re: apa persentase tubuh manusia terdiri dari air? Diarsipkan    25 November 2007 di  Wayback mesin  Jeffrey UTZ, MD, Jaringan madsci
  45. ^ “Kehidupan air sehat”. Bbc. Diarsipkan dari versi asli  tanggal 1 January 2007. Diakses tanggal  1 February  2007.
  46. ^  Rhoades RA, Tanner ga (2003). Kedokteran fisiologi  (edisi ke-2nd). Baltimore: Lippincott Williams & Wilkins.  ISBN 978-0-7817-1936-0. OCLC 50554808.
  47. ^  Noakes TD; Dari Goodwin N; Rayner BL; et al. (1985).  “Keracunan air: kemungkinan komplikasi selama latihan ketahanan”. Med Sci olahraga Exerc.  17  (3): 370 – 375. Doi:1249/00005768-198506000-00012. PMID 4021781. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 9 July 2012. Diakses tanggal  17 July  2011.
  48. ^  Noakes TD, Goodwin N, Rayner BL, branken T, Taylor RK (2005). “Keracunan air: kemungkinan komplikasi selama latihan ketahanan, 1985”. Wilderness environ Med. 16  (4): 221 – 227. Doi:1580/1080-6032 (2005) 16 [221: wiapcd] 2.0. co; 2. PMID 16366205.
  49. ^  (Inggris) Valtin, Heinz (2002). “Minum sedikitnya delapan gelas air sehari. ” Benarkah? Apakah ada bukti ilmiah untuk “8 × 8”? “. Jurnal Amerika fisiologi. Peraturan, Integratif dan perbandingan fisiologi.  283  (5): R993-R1004. Doi:1152/ajpregu. 00365.2002. PMID 12376390.
  50. ^  Stookey JD, Constant F, popkin BM, Gardner CD (November 2008). “Air minum dikaitkan dengan penurunan berat badan dalam wanita Diet kelebihan berat badan independen Diet dan kegiatan”. Obesitas.  16  (11): 2481 – 2488. Doi:1038/OBY. 2008.409. PMID 18787524.
  51. ^  “Minum air untuk mengekis kenaikan berat badan? Uji klinis menegaskan efektivitas metode kontrol nafsu makan sederhana “. www.sciencedaily.com. 23 Agustus 2010. Diarsipkan    dari versi asli tanggal 7 July 2017. Diakses tanggal  14 May  2017.
  52. ^  Dubnov-Raz G, constantini NW, yariv H, Nice S, shapira N (October 2011). “Pengaruh minum air pada pengeluaran energi beristirahat pada anak-anak yang kelebihan berat badan”. Jurnal internasional obesitas.  35  (10): 1295 – 1300. Doi:1038/Ijo. 2011.130. PMID 21750519.
  53. ^  Dennis EA; Dengo AL; Comber DL; et al. (Pebruari 2010).  “Konsumsi air meningkatkan berat badan selama intervensi Diet hipokalorik di setengah baya dan dewasa yang lebih tua”. Obesitas.  18  (2): 300 – 307. Doi:1038/OBY. 2009.235. PMC    2859815. PMID 19661958.
  54. ^  VIJ VA, Joshi AS (September 2013). “Efek dari ‘ air diinduksi thermogenesis ‘ pada berat badan, indeks massa tubuh dan komposisi tubuh subyek kelebihan berat badan”. Jurnal penelitian klinis dan diagnostik.  7  (9): 1894 – 1896. Doi:7860/jcdr/2013/5862.3344. PMC    3809630. PMID 24179891.
  55. ^  Muckelbauer R, sarganas G, grüneis A, Müller-Nordhorn J (2013 Agustus). “Asosiasi antara konsumsi air dan hasil berat badan: Tinjauan sistematis”. American Journal gizi klinis.  98  (2): 282 – 299. Doi:3945/ajcn. 112.055061. PMID 23803882.
  56. ^  Air, sembelit, dehidrasi, dan cairan lainnya Diarsipkan    4 Maret 2015 di  mesin Wayback. Sciencedaily.com. Diakses tanggal 28 September 2015.
  57. ^  Makanan dan gizi Dewan, National Academy of Sciences. Direkomendasikan diet tunjangan. Dewan riset nasional, cetak ulang dan seri Edaran, No. 122. 1945. PP. 3 – 18.
  58. ^  Kedokteran, Institut; Dewan, makanan gizi; Intake, Standing Committee pada evaluasi ilmiah referensi makanan; Air, panel pada diet referensi intake untuk elektrolit dan (2005).  4 air | Diet referensi asupan air, kalium, natrium, klorida, dan sulfat | Akademi pers nasional. Doi:17226/10925. ISBN 978-0-309-09169-5. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 13 January 2017. Diakses tanggal  11 January  2017.
  59. ^ “Air: Berapa banyak yang harus Anda minum setiap hari?” . Mayoclinic.com. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 4 December 2010. Diakses tanggal  25 July  2010.
  60. ^ Menaklukkan kimia 4th Ed. diterbitkan 2008
  61. ^  Maton, Anthea; Oleh Jean Hopkins; Oleh Charles William McLaughlin; Oleh Susan Johnson; Maryanna Quon Warner; David LaHart; Jill D. Wright (1993).  Manusia biologi dan kesehatan. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.  ISBN 978-0-13-981176-0. OCLC 32308337.
  62. ^  UNESCO (2006). Air: tanggung jawab bersama. Berghahn buku. p. 125.  ISBN 978-1-84545-177-6.
  63. ^  Naumann d’alnoncourt, Raoul; Csepei, Lénárd-István; Hävecker, Michael; Oleh girgsdies, Frank; , Manfred E; Schlögl, Robert; Trunschke, Annette (2014).  “Jaringan reaksi dalam oksidasi propana melalui fase-murni movtenb M1 oksida katalis”    (PDF). Jurnal katalisis.  311: 369 – 385. Doi:1016/j. JCAT. 2013.12.008. HDL:11858/00-001m-0000-0014-F434-5. Diarsipkan    (PDF)  dari versi asli tanggal 15 February 2016. Diakses tanggal  14 January  2018.
  64. ^ Hävecker, Michael; Wrabetz, Sabine; Kröhnert, Jutta; Csepei, Lenard-Istvan; Naumann d’Alnoncourt, Raoul; Kolen’Ko, Yury V; Oleh girgsdies, Frank; Schlögl, Robert; Trunschke, Annette (2012). “Permukaan kimia fase-murni M1 MoVTeNb oksida selama operasi dalam oksidasi selektif propana untuk asam akrilik”  (PDF). Jurnal katalisis.  285: 48 – 60. Doi:1016/j. JCAT. 2011.09.012. HDL:11858/00-001m-0000-0012-1beb-F. Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 30 October 2016. Diakses tanggal  14 January  2018.
  65. ^ Studi kinetik tentang oksidasi propana pada katalis oksida campuran berbasis mo dan V (PDF). 2011.  Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 20 December 2016. Diakses tanggal  14 January  2018.
  66. ^ Amakawa, Kazuhiko; Kolen’Ko, Yury V; Villa, Alberto; Schuster, Manfred E/; Csepei, Lénárd-István; Weinberg, Gisela; Wrabetz, Sabine; Naumann d’Alnoncourt, Raoul; Oleh girgsdies, Frank; Prati, Laura; Schlögl, Robert; Trunschke, Annette (2013). “Multifungsi dari kristalin (tenb) M1 oksida katalis dalam oksidasi selektif propana dan Benzil alkohol”. Katalisis ACS.  3  (6): 1103 – 1113. Doi:1021/cs400010q.
  67. ^ Penggunaan air di Amerika Serikat, National Atlas.gov Diarsipkan  14 Agustus 2009 di  mesin Wayback
  68. ^ “Lembar data keselamatan material: quicklime” (PDF). Lhoist Amerika Utara. 6 Agustus 2012. Diakses tanggal  24 October  2019.
  69. ^  Duff, saudari Loretto Basil (1916). Sebuah kursus di rumah tangga seni: Bagian I. Whitcomb & Barrows.
  70. ^ Lompat ke: a b      vaclavik, Vickie a. & Christian, Elizabeth W (2007). Esensi dari ilmu pangan. Springer.  ISBN 978-0-387-69939-4.
  71. ^ Lompat ke: a b      DeMan, John M (1999). Prinsip kimia makanan. Springer.  ISBN 978-0-8342-1234-3.
  72. ^ “Peta menunjukkan tingkat kekerasan dalam mg/l sebagai kalsium karbonat di Inggris dan Wales” (PDF). DEFRA/Inspektorat air minum. 2009.  Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 29 Mei 2015. Diakses tanggal  18 May  2015.
  73. ^ “Kekerasan air”. US Geological Service. 8 April 2014. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 18 May 2015. Diakses tanggal  18 May  2015.
  74. ^ M . m. Mekonnen; A.Y. Hoekstra (Desember 2010). “The Green, Blue dan Grey jejak air hewan ternak dan produk hewani, nilai seri laporan penelitian air No. 48-volume 1: laporan utama”  (PDF). UNESCO – IHE Institute for Water Education.  Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 27 May 2014. Diakses tanggal  30 January  2014.
  75. ^ “Who model daftar Essentialobat” (PDF). Organisasi Kesehatan dunia. 2013 Oktober.  Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 23 April 2014. Diakses tanggal  22 April  2014.
  76. ^ “Alma sangat meningkatkan kapasitas untuk mencari air di alam semesta”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 July 2015. Diakses tanggal  20 July  2015.
  77. ^  Melnick, Gary,  Harvard-Smithsonian pusat astrofisika  dan Neufeld, David,  Johns Hopkins University  dikutip dalam:  “Temukan uap air dekat Orion nebula menunjukkan kemungkinan asal H20 di Sistem tata surya (sic) “. Lembaran Universitas Harvard. 23 April 1998. Diarsipkan dari  versi asli  tanggal 16 January 2000.  “Space Cloud memegang cukup air untuk isi earth’s Oceans 1.000.000 Times”. Headlines @ Hopkins, JHU. 9 April 1998.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 9 November 2007. Diakses tanggal  21 April  2007“Air, air EVERYWHERE: Radio teleskop menemukan air adalah umum di alam semesta”. Lembaran Universitas Harvard. 25 Februari 1999.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 19 May 2011. Diakses tanggal  19 September  2010. (link Arsip)
  78. ^ Melompat ke: a b      Clavin, Whitney; BUIS, Alan (22 Juli 2011).  “Para astronom menemukan reservoir terbesar, paling jauh air”. NASA.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 24 July 2011. Diakses tanggal  25 July  2011.
  79. ^ Lompat ke:       staf b (22 Juli 2011). “Para astronom Cari massa terbesar, tertua air di Universe”.  com. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 29 October 2011. Diakses tanggal  23 July  2011.
  80. ^  Bova, Ben (13 Oktober 2009). Gema samar, Distant Stars: ilmu dan politik menemukan kehidupan Beyond Earth. Zondervan.  ISBN 9780061854484.
  81. ^  Solanki, S.K.; Di Livingston, W.; Ayres, T. (1994). “Cahaya baru di jantung kegelapan Kromosfer surya”.  Ilmu pengetahuan. 263  (5143): 64 – 66. Bibcode:.. 263… 64S. Doi:10.1126/science. 263.5143.64. PMID 17748350.
  82. ^ “Ilmuwan Messenger ‘ heran” menemukan air dalam Merkurius atmosfer tipis “. Planet masyarakat. 3 Juli 2008. Diarsipkan dari versi asli  tanggal 6 April 2010. Diakses tanggal  5 July  2008.
  83. ^  Bertaux, Jean-Loup; Vandaele, Ann-Carine; Korablev, Oleg; Villard, E.; Fedorova, A.; Fussen, D.; Quémerais, E.; Belyaev, D.; et al. (2007). “Sebuah lapisan hangat dalam kriosfer Venus dan pengukuran ketinggian tinggi HF, HCl, H2O dan HdO”. Alam.  450  (7170): 646 – 649. Bibcode: 450.. 646B. Doi:10.1038/nature05974. PMID 18046397.
  84. ^ (Inggris) sridharan, R.; Ahmad, SM; Dasa, Tirtha Pratim; (Sreelathaa, hlm; Pradeepkumara, P.; Naika, Neha; Supriya, Gogulapati (2010). Bukti ‘ langsung ‘ untuk air (H2O) dalam suasana lunar yang diterangi sinar matahari dari chace pada MIP Chandrayaan I “. Planetary dan Space Ilmu.  58  (6): 947. Bibcode:2010p & SS… 58.. 947S. Doi:1016/j. PSS. 2010.02.013.
  85. ^  RAPP, Donald (28 November 2012). Penggunaan sumber daya Extratererestrial untuk misi Antariksa manusia ke bulan atau Mars. Springer. p. 78.  ISBN 978-3-642-32762-9.
  86. ^  Küppers, M.; O’Rourke, L.; Bockelée-Morvan, D.; Zakharov, V.; Lee, S.; Von Allmen, P.; Bawa, B.; Teyssier, D.; Marston, A.; Müller, T.; Crovisier, J.; Barucci, M.A.; Moreno, R. (23 Januari 2014). “Sumber uap air lokal di planet kerdil (1) Ceres”. Alam.  505  (7484): 525 – 527. Bibcode: 505.. 525K. Doi:10.1038/nature12918. PMID 24451541.
  87. ^ Atreya, Sushil K.; Wong, AH-San (2005). “Ditambah awan dan kimia dari planet raksasa-kasus untuk Multiprobes”  (PDF). Space Ilmu ulasan.  116  (1 – 2): 121 – 136. Bibcode:. 116.. 121A. Doi:10.1007/s11214-005-1951-5. HDL:2027.42/43766. Diarsipkan  (PDF)  dari versi asli tanggal 22 July 2011. Diakses tanggal  1 April  2014.
  88. ^  Cook, Jia-Rui C.; Gutro, Rob; Coklat, Dwayne; Harrington, JD; Fohn, Joe (12 Desember 2013).  “Hubble melihat bukti uap air di Jupiter bulan”. NASA.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 15 December 2013. Diakses tanggal  12 December  2013.
  89. ^  Hansen; C.J. et al. (2006). “Enceladus ‘ air uap PLUME”. Ilmu.  311  (5766): 1422 – 1425. Bibcode:.. 311.1422 h. Doi:10.1126/science. 1121254. PMID 16527971.
  90. ^  Hubbard, W.B. (1997). “Neptune’s Deep Chemistry”. Ilmu.  275  (5304): 1279 – 1280. Doi:1126/science. 275.5304.1279. PMID 9064785.
  91. ^  Air yang ditemukan di planet yang jauh Diarsipkan    16 Juli 2007 di  mesin Wayback  12 Juli 2007 oleh Laura Blue,  waktu
  92. ^  Air yang ditemukan di atmosfer extrasolar planet Diarsipkan    30 Desember 2010 di  mesin Wayback  -Space.com
  93. ^  Lockwood, Alexandra C; Johnson, Yohanes A; Oleh Bender, Chad F; Carr, John S; Barman, Travis; Richert, Alexander J.W.; Blake, Geoffrey A (2014). “Dekat-IR deteksi langsung uap air di tau boo B”. The Astrophysical Journal.  783  (2): L29. arXiv:1402,0846. Doi:1088/2041-8205/783/2/L29.
  94. ^ Clavin, Whitney; Chou, Felicia; Weaver, Donna; Villard Johnson, Michele (24 September 2014). “Teleskop NASA Temukan langit yang jernih dan uap air di exoplanet”. NASA.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 14 January 2017. Diakses tanggal  24 September  2014.
  95. ^ Lompat ke: a b c        Arnold hanslmeier (29 September 2010). Air di alam semesta. Springer Science & bisnis media. PP. 159 –.  ISBN 978-90-481-9984-6.
  96. ^  “Hubble jejak sinyal halus air pada dunia hazy”. NASA. 3 Desember 2013.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 6 December 2013. Diakses tanggal  4 December  2013.
  97. ^ Lompat ke: a b      Andersson, Jonas (2012 Juni). Air di atmosfer bintang “adalah sebuah gambar novel yang diperlukan untuk menjelaskan perilaku atmosfer air dalam bintang raksasa merah?” Diarsipkan    13 Februari 2015 di  mesin Wayback  Lund Observatory, Lund University, Swedia
  98. ^  Herschel menemukan lautan air dalam disk bintang terdekat Diarsipkan    19 Februari 2015 di  mesin Wayback. Nasa.gov (20 Oktober 2011). Diakses tanggal 28 September 2015.
  99. ^  Herschel menemukan lautan air dalam disk bintang terdekat Diarsipkan    4 Juni 2012 di  mesin Wayback
  100. ^ Lloyd, Robin. “Uap air, kemungkinan Comets, ditemukan mengorbit bintang”, 11 July 2001, com. Diakses tanggal 15 December 2006.  Diarsipkan  23 Mei 2009 di  mesin Wayback
  101. ^ Platt, Jane; Bell, Brian (3 April 2014). “Aset ruang angkasa NASA mendeteksi lautan di dalam Saturnus Moon”. NASA. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 3 April 2014. Diakses tanggal  3 April  2014.
  1. ^  Tritt, Charles S. (2002). “Kemungkinan kehidupan di Europa”. Sekolah teknik Milwaukee. Diarsipkan dari  versi asli  tanggal 9 June 2007. Diakses tanggal  10 August  2007.
  1. ^  Carr, M.H. (1996). Air di Mars. New York: Oxford University Press. p. 197.
  • ^ Bibring, J.-P.; Langevin, Yves; Poulet, François; Gendrin, Aline; Gondet, Brigitte; Berthé, Michel; Soufflot, Alain; Drossart, Pierre; Combes, Michel; Bellucci, Giancarlo; Moroz, Vassili; Mangold, Nicolas; Schmitt, Bernard; Tim Omega, yang; Erard, S.; Forni, O.; Manaud, N.; Dan, G.; Dan T.; Fouchet, T.; Dan, R.; Altieri, F.; Formisano, V.; Bonello, G.; Fonti, S.; Capaccioni, F.; Cerroni, P.; Coradini, A.; Kottsov, V.; et al. (2004). “Es air Perennial diidentifikasi di South Polar Cap Mars”. Alam.  428  (6983): 627 – 630. Bibcode: 428.. 627B. Doi:10.1038/nature02461. PMID 15024393.
  1. ^  Versteckt dalam glasperlen: Auf dem Mond gibt es Wasser – wissenschaft – Diarsipkan    10 Juli 2008 di  mesin Wayback Der Spiegel    – Nachrichten
  2. ^  Molekul air yang ditemukan di bulan yang Diarsipkan    27 September 2009 di  mesin Wayback, NASA, 24 September 2009
  3. ^ McCord, T.B.; Sotin, C. (21 Mei 2005). “Ceres: evolusi dan keadaan saat ini”. Jurnal Penelitian Geofisika: planet.  110  (E5): E05009. Bibcode:. 110.5009 m. Doi:10.1029/2004je002244.
  4. ^  Thomas, P.C.; Parker, J. WM.; McFadden, L.A.; et al. (2005). “Diferensiasi asteroid Ceres seperti diungkapkan oleh bentuknya”. Alam.  437  (7056): 224 – 226. Bibcode: 437.. 224T. Doi:10.1038/nature03938. PMID 16148926. Pemeliharaan CS1: beberapa nama: Authors list (link)
  5. ^ Carey, Bjorn (7 September 2005). “Asteroid terbesar mungkin mengandung lebih banyak air tawar daripada bumi”. SPACE.com. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 18 December 2010. Diakses tanggal  16 August  2006.
  6. ^ Chang, Kenneth (12 maret 2015). “Mendadak, sepertinya, air di mana-mana di tata surya”. New York Times. Diarsipkan  dari versi asli tanggal 12 August 2018. Diakses tanggal  12 March  2015.
  7. ^ Kuskov, O.L.; Kronrod, V.A.. (2005). “Struktur internal Europa dan Callisto”. Icarus. 177 (2): 550 – 369. Bibcode:. 177.. 550K. Doi:10.1016/j. Icarus. 2005.04.014.
  8. ^  Showman, A. P.; Malhotra, R. (1 Oktober 1999). “Satelit Galilea”. Ilmu.  286  (5437): 77 – 84. Doi:1126/science. 286.5437.77. PMID 10506564.
  9. ^ Melompat ke: a b     burung pipit, Giles (2006). Tata surya. Thunder Bay tekan.  ISBN 978-1-59223-579-7.
  10. ^ Tobie, G.; Grasset, Olivier; Lunine, Yonatan I.; Mocquet, Antoine; Sotin, Christophe (2005). “Struktur internal Titan disimpulkan dari model orbital termal yang digabungkan”. Icarus. 175 (2): 496 – 502. Bibcode:. 175.. 496T. Doi:10.1016/j. Icarus. 2004.12.007.
  11. ^ Verbiscer, A.; Bahasa Perancis, R.; Showalter, M.; Helfenstein, P. (9 Februari 2007). “Enceladus: Cosmic Graffiti Artist terperangkap dalam UU”. Ilmu.  315  (5813): 815. Bibcode:.. 315.. 815V. Doi:10.1126/science. 1134681. PMID 17289992. (mendukung materi online, tabel S1)
  12. ^ (Inggris) Greenberg, J. Mayo (1998). “Membuat inti komet”. Astronomi dan astrofisika. 330: 375 tidak. Bibcode:1998a &… 330.. 375G.
  1. ^L. Gibb; M.J. Mumma; N. dello Russo; M.A. DiSanti & K. Magee-Sauer (2003). “Metana di oort Cloud komet”. Icarus. 165  (2): 391 – 406. Bibcode:2003icar.. 165.. 391G. Doi:10.1016/S0019-1035 (03) 00201-X.
  2. ^ NASA, “Messenger menemukan bukti baru untuk air es di tiang Merkurius yang Diarsipkan    30 November 2012 di  mesin Wayback“,  NASA, 29 November 2012.
  3. ^ Thomas, P.C.; Luka bakar, J.A.; Helfenstein, P.; Squyres, S.; Veverka, J.; Porco, C.; Penyu, E.P.; McEwen, A.; Denk, T.; Giesef, B.; Roatschf, T.; Johnsong, TV; Jacobsong, RA. (Oktober 2007).  “Bentuk dari satelit es Khronos dan signifikansi mereka”    (PDF). Icarus.  190  (2): 573 – 584. Bibcode:. 190.. 573T. Doi:10.1016/j. Icarus. 2007.03.012. Diarsipkan    (PDF)  dari versi asli tanggal 27 September 2011. Diakses tanggal  15 December  2011.
  4. ^ Air aneh bersembunyi di dalam planet raksasa Diarsipkan    15 April 2015 di  mesin Wayback,  New Scientist, 1 September 2010, majalah Issue 2776.
  5. ^ Ehlers, E.; Krafft, T, eds. (2001). “J.C.I. Dooge.” Pengelolaan sumber daya air terpadu“. Memahami sistem bumi: kompartemen, proses, dan interaksi. Springer. p. 116.
  6. ^ “Habitable Zone”. Ensiklopedi astrobiologi, astronomi dan spaceflight.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 23 May 2007. Diakses tanggal  26 April  2007.
  7. ^ Shiga, David (6 mei 2007). “Dunia asing yang aneh terbuat dari” Hot Ice. Ilmuwan baru. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 July 2008. Diakses tanggal  28 March  2010.
  8. ^ Aguilar, David A. (16 Desember 2009). “Para astronom Cari Super-bumi menggunakan amatir, off-the-Shelf teknologi”. Harvard-Smithsonian pusat astrofisika.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 7 April 2012. Diakses tanggal  28 March  2010.
  9. ^ Lompat ke: a b     “Laporan MDG 2008”    (PDF). Diarsipkan    (PDF)  dari versi asli tanggal 27 August 2010. Diakses tanggal  25 July  2010.
  • ^ Kulshreshtha, S. N (1998). “Sebuah global Outlook untuk sumber daya air untuk tahun 2025”. Pengelolaan sumberdaya air. 12 (3): 167 – 184. Doi:1023/A: 1007957229865.
  1.  “Memetakan masa depan air kita: kerangka kerja ekonomi untuk menginformasikan pembuatan keputusan”    (PDF). Diarsipkan dari  versi asli    (PDF)  tanggal 5 July 2010. Diakses tanggal  25 July  2010.
  2. ^ Laporan Tujuan Pembangunan Milenium Diarsipkan    27 Agustus 2010 di  mesin Wayback, United Nations, 2008
  3. ^ Lomborg, Björn (2001). Para environmentalis   skeptis (PDF). Cambridge University Press. p. 22.  ISBN 978-0-521-01068-9. Diarsipkan dari  versi asli    (PDF)  tanggal 25 July 2013.
  4. ^ UNESCO, (2006),  air, merupakan tanggung jawab bersama. Laporan Pembangunan air dunia PBB 2 Diarsipkan    6 Januari 2009 di  mesin Wayback
  5. ^ Welle, Katharina; Evans, Barbara; Tucker, Josephine dan Nicol, Alan (2008) adalah air tertinggal di belakang pada efektivitas bantuan? Diarsipkan 27 Juli 2011 di  mesin Wayback
  6. ^ “Hasil pencarian”. International Water Management Institute (IWMI).  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 5 June 2013. Diakses tanggal  3 March  2016.
  7. ^ Encyclopædia Chambers, lippincott & Co (1870). p. 394.
  8. ^ Altman, Nathaniel (2002)  air suci: sumber spiritual kehidupan. ms. 130 – 133.  ISBN 1-58768-013-0.
  9. ^ “Āb i. Konsep air di Iran kuno-Encyclopaedia Iranica “. www.iranicaonline.org. Encyclopedia Iranica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 May 2018. Diakses tanggal  19 September  2018.
  10. ^ Lindberg, D. (2008). Awal dari ilmu pengetahuan Barat: tradisi ilmiah Eropa dalam filsafat, agama, dan konteks kelembagaan, prasejarah untuk 1450 A.D.. (edisi ke-2nd). Chicago: Universitas Chicago Press.
  11. ^ “Internet Sacred text Archive Home”. Sacred-texts.com.  Diarsipkan  dari versi asli tanggal 12 July 2010. Diakses tanggal  25 July  2010.
  12. ^ Guanzi: Shui di – Chinese text Project Diarsipkan    6 November 2014 at   Today. Ctext.org. Diakses tanggal 28 September 2015.
  13. ^ “{title}”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2018. Diakses tanggal 2 May  2018.

Bacaan lebih lanjut

Sumber:  Wikipedia, ensiklopedia bebas