Diare merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi, pada anak-anak maupun orang dewasa. Diare ini disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi, bakteri, mengonsumsi makanan yang asam dan pedas, serta mengonsumsi air yang tercemar. 

Walaupun sering terjadi, diare bukanlah hal yang harus diabaikan. Hal ini karena diare dapat menjadi akut dan membahayakan nyawa seseorang. Terlebih jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, anak kecil, ibu hamil, dan orang tua. 

Lalu bagaimana cara tepat untuk mengatasinya? 

Cara Mengatasi Diare

Cara tepat untuk mengobati diare adalah dengan mengetahui apa penyebab diare tersebut. Misalnya jika diare disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, maka akan lebih baik untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Begitu pula untuk penyebab lainnya. 

Tahukah Anda bahwa kasus diare di Indonesia juga sering disebabkan oleh air minum yang tercemar? Ya itu benar adanya. 

Diare dapat membunuh sebanyak 400 orang anak perharinya. Angka ini bukanlah sedikit walaupun tidak semua diare disebabkan oleh air minum yang tercemar. 

Jika anak Anda mengalami diare, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan larutan oralit. Sudah banyak oralit-oralit yang ada di apotik dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. 

Pastikan bahwa air yang digunakan untuk larutan tersebut adalah air yang sehat seperti air yang telah disaring di filter air Nazava. Dengan begitu, oralit dapat bekerja secara maksimal dan tidak memperparah keadaan.