Hari Gerakan Satu Juta Pohon Setiap 10 Januari

Nazava.com- Setiap 10 Januari, kita memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Ini merupakan bentuk peningkatan kesadaran terhadap pentingnya menanam pohon. Biasanya, kegiatan penanaman pohon terselenggarakan di berbagai tempat. 

Seperti yang sudah kita ketahui, pohon memiliki peran penting untuk kehidupan. Penanaman pohon menghasilkan oksigen ke udara untuk pernapasan manusia dan mengurangi karbondioksida. Bukan hanya itu, menanam pohon menjaga stabilitas iklim, pencegahan terhadap banjir atau erosi serta sebagai sumber makanan dan tempat tinggal untuk hewan. 

Saat ini keberadaan pohon mulai berkurang. Faktanya, banyak orang yang menebang pohon secara liar. Setekah itu, mereka menimbun dengan aspal dan mendirikan bangunan-bangunan, tanpa melakukan reboisasi. Itulah pentingnya kita kembali menggalakkan Gerakan Satu Juta Pohon

Sebelumnya, kita akan menelusuri terlebih dahulu sejarah terjadinya peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon.

Sejarah peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Berdasarkan informasi dari web Kabupaten Asahan, pertama kali gerakan ini berjalan atas cetusan dari Presiden Soeharto di Jakarta pada 10 Januari 1993. Presiden Soeharto menyampaikan dan mengajak masyarakat terlibat dalam Gerakan Satu Juta Pohon. Adapun, gerakan yang mereka lakukan adalah menanam pohon melampaui satu juta di setiap provinsi.

Harapan dari Gerakan Satu Juta Pohon dapat mengurangi masalah pemanasan global. Cara kerja pohon adalah sinar atau cahaya matahari menyerap ke pohon. Hal inilah yang disebut dengan proses fotosintesis

gerakan satu juta pohon

Tips Memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Langkah awal menunjukkan rasa kepedulian terhadap lingkungan mulai dengan menanam pohon. Setelah itu, rawat pohon dengan benar untuk kelestarian lingkungan. Ketika kita menanam satu pohon berarti ada kebaikan untuk masa depan. Peran penting pohon baik untuk pernapasan manusia dan keberlangsungan hidup hewan. 

Selain itu, kita dapat membuat ajakan pada orang-orang disekitar. Bukan hanya itu, kita dapat memberikan edukasi bahayanya menebang pohon secara liar bagi lingkungan. 

Tujuan dari Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Adanya Hari Gerakan Satu Juta Pohon memiliki tujuan sebagai berikut:

Masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, sejuk dan asri.

Masyarakat dapat melestarikan pohon sebagai peran penting bagi kehidupan.

Masyarakat sadar peran penting menanam pohon dalam mencegah bencana. 

Gerakan Satu Juta Pohon

Tentunya, Gerakan Satu Juta Pohon mendapatkan dukungan dari pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan masyarakat harus membangun mental dalam memelihara dan menanam pohon. Ini merupakan bagian dari Revolusi Mental. Tujuannya demi kehidupan manusia yang lebih baik saat ini hingga masa depan.

Ternyata, aksi penanaman pohon menjadi komitmen Indonesia dalam mengurangi resiko bencana dan pengendalian perubahan iklim. Jadi, sudahkah kamu menanam pohon di lingkunganmu? Simak cara Nazava untuk menjaga lingkungan.