Berdasarkan data dari World Bank, lebih dari sepertiga penduduk di bumi ini masih menggunakan teknik pembakaran seperti menggunakan kayu atau arang untuk masak, termasuk untuk merebus air. Padahal, merebus air dengan kayu sangat tidak aman dan dapat membawa malapetaka bagi keluarga. 

Mereka menggunakan arang, kayu, kotoran hewan, batu bara, dan biomassa padat lainnya untuk membantu dalam proses pembakar. Asap yang dihasilkan dari proses tersebut mengandung zat beracun yang dapat mencemari udara baik di dalam maupun di luar rumah. 

Zat-zat tersebut merupakan penyebab dari berbagai macam penyakit, seperti pneumonia pada anak-anak, kanker paru-paru, hingga kardiovaskuler. 

Lebih lanjut, Clinton Global Initiative menjelaskan bahwa asap dari memasak dengan kayu mampu menyebabkan kematian pada 1,9 juta orang. Dari angka tersebut, kebanyakan korbannya adalah perempuan dan anak-anak. 

Selain dari zat yang beracun, teknik pembakaran kayu juga menimbulkan masalah pada iklim. Hal ini karena gas emisi dari pembakaran seperti karbon dioksida dan metana keluar. Gas tersebutlah yang sangat berpengaruh terhadap efek rumah kaca sehingga dapat merubah iklim. 

Beruntungnya, saat ini sudah ada gerakan-gerakan yang mendukung perubahan untuk menggunakan kompor yang lebih bersih. Seperti halnya Global Alliance for Clean Cookstoves yang berusaha untuk menyediakan kompor bersih untuk para masyarakat.

Gerakan tersebut juga sampai di Indonesia dalam bentuk Program Konversi Minyak Tanah ke LPG. Gerakan ini merupakan gerakan konversi LPG terbesar di dunia. Berkat gerakan tersebut, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kompor yang lebih bersih dan tanpa polusi. 

Walaupun menggunakan kompor yang bersih, beberapa permasalahan air juga tidak dapat ditangani. Permasalahan tersebut seperti bau yang tidak enak atau air yang keruh. 

Maka dari itu, Nazava berinovasi untuk menciptakan satu alat yang mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Solusi yang diberikan adalah Filter Air Nazava Silika dan Filter Air Nazava Karbon untuk permasalahan air yang bau. Sedangkan, untuk permasalahan air yang keruh yang tidak terlalu pekat, Nazava menghadirkan Filter Housing 10 inchi

Baca selengkapnya=>>