Sebenarnya untuk mengetahui apakah air tersebut layak untuk digunakan atau tidak butuh yang namanya pengujian di laboratorium. Hal ini karena di labor kita dapat mengetahui apa saja bahan-bahan yang terkandung di air tersebut. 

Namun, Anda bisa mengetahui apakah air tersebut layak digunakan dari ciri-ciri berikut: 

1. Tidak Berbau

Air sebenarnya tidak berbau. Jika air yang Anda miliki memiliki bau amis atau bau yang menyengat, maka bisa dipastikan bahwa air tersebut tidak layak. 

Air yang bau amis atau bau seperti comberan biasanya terjadi karena tinggi kadar bakteri dan H2S. Air yang seperti itu tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena akan berbahaya bagi tubuh. 

2. Jernih

Ciri kedua yang menandakan air bersih dan bisa digunakan adalah warna yang jernih. Jika air yang Anda miliki keruh atau berwarna coklat, maka bisa dipastikan bahwa air tersebut tidak layak. 

Air yang tidak jernih biasanya disebabkan karena penggalian sumur yang kurang dalam maupun terdapat tanah, pasir, atau kotoran di dalamnya. Terlebih pada air sungai yang mengandung limbah industri. 

3. Tidak Terdapat Endapan

Air yang mengandung endapan juga termasuk ke dalam air yang tidak layak untuk digunakan. Biasanya hal ini terjadi membutuhkan waktu, sehingga pada awalnya air tidak memiliki endapan.
Endapan tersebut bisa berwarna kuning, merah kekuningan, bahkan juga hitam. Disinyalir bahwa penyebab dari endapan tersebut adalah tingginya kadar besi. 

4. Tidak Terdapat Lapisan Minyak

Ciri keempat dari air yang layak adalah tidak terdapat minyak di dalamnya. Kondisi ini terjadi karena struktur tanah pada sumber air tersebut. Selain itu, lapisan minyak pada air juga bisa disebabkan karena bakteri pemakan besi yang masif. 

Lantas bagaimana cara mendapatkan air bersih yang layak? 

Cara Mendapatkan Air Bersih dan Layak

Jika sumber air yang Anda miliki berbau, tidak  jernih, terdapat endapan, atau terdapat lapisan minyak, maka Anda perlu untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan filter air dari Nazava yang dirancang untuk mengatasi segala permasalahan air. 

Air yang berbau tidak sedap dapat Anda atasi dengan menggunakan filter Nazava Silika dan Nazava Karbon. Sedangkan untuk air yang tidak jernih Anda bisa menggunakan Nazava Silika maupun Nazava Riam

Lebih lanjut, jika air tersebut terdapat endapan, Anda bisa menggunakan Nazava Riam khusus untuk air minum. Sedangkan untuk kebutuhan lain seperti mandi dan mencuci, Anda bisa menggunakan Filter Manganese Nazava

Baca selengkapnya>>