Minum air putih memang lebih disarankan dibandingkan minum air yang memiliki rasa. Hal ini karena ada banyak sekali manfaat minum air putih yang bisa didapakan tubuh. 

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali gerakan yang mendorong untuk mengonsumsi air putih delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter. Hal ini ditujukan untuk terpenuhinya kebutuhan akan air putih karena organ-organ tubuh membutuhkan air putih untuk bekerja. 

Manfaat Minum Air Putih

1. Meningkatkan Performa Fisik

Saat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan bahkan hanya sebesar dua persen saja dapat mengakibatkan kinerja tubuh. Tidak hanya itu saja, tubuh yang kekurangan cairan juga dapat berakibat pada penurunan motivasi dan meningkatnya rasa lelah. 

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda minum air putih secara cukup untuk dapat meningkatkan kinerja tubuh. 

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak merupakan bagian penting yang ada di tubuh. Otak sendiri sebenarnya terdiri dari air, sehingga jika tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak pada otak. 

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa tubuh yang kekurangan air dapat menurunkan memori ingat seseorang. Tidak hanya itu saja, kekurangan cairan juga dapat membuat seseorang mengalami kecemasan. 

3. Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan sakit yang umum terjadi. Banyak ahli berpendapat bahwa mengonsumsi air putih dapat membantu untuk mengurangi sakit kepala tegang. 

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit yang identik dengan kekurangan cairan adalah batu ginjal. Penyakit ini terjadi karena tingginya konsentrasi zat-zat dengan tingkat larut yang rendah. Zat tersebut terkumpul dalam waktu lama dan mengeras sehingga menjadi batu ginjal. 

Cara tepat untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi air putih secara cukup. Dengan begitu, zat tersebut tidak berkumpul dalam satu tempat dan mengeras. 

5. Menurunkan Berat Badan

Anda pasti sering mendengar bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Tentunya hal tersebut ditujukan untuk membuang lebih banyak limbah yang ada di dalam tubuh. 

Selain itu, jika Anda mengonsumsi air putih sebelum makan, maka perut akan terasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan kalap dan banyak makan. 

Nah itulah 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minum air putih. Tentunya air yang dikonsumsi adalah air yang bersih dan bebas dari kuman. 

Demi mendapatkan air yang bersih tersebut, Anda dapat menggunakan filter Nazava Riam. Filter ini dibuat khusus oleh tim Nazava untuk membantu menyediakan air bersih layak minum bagi seluruh keluarga di Indonesia.