Keadaan Sungai tahun 2023 di Indonesia

Nazava.com – Tim Ekspedisi Sungai Nusantara pernah melakukan penelitian dengan temuan mikroplastik di 68 sungai strategis nasional yang terdapat pada lima provinsi di Indonesia. Ini merupakan sebuah peringatan terhadap sikap untuk masalah sungai dan banyak sampah plastik. 

Berdasarkan informasi dari Peneliti ECOTON yang melakukan Ekspedisi Sungai Nusantara pada 2022, Amiruddin Muttaqin, menyampaikan bahwa penyebab dari tingginya pencemaran di sungai karena rendahnya kesadaran masyarakat bahkan industri sehingga sungai masih dijadikan tempat membuang sampah atau limbah.

Selain itu, dari data ECOTON selama sepuluh tahun terakhir ada ratusan kasus ikan mati massal di sungai Brantas sebagai bukti nyata adanya pencemaran berat. Maka dari itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) perlu memberikan perhatian terhadap pemulihan kondisi sungai yang tercemar di seluruh Indonesia.

Makna dari Peringatan Hari Sungai Nasional

harapan baru buat sungai citarum apakah bisa menjadi sumer air minum, foto credit CNN

Citarum, credit: CNN

Tepat pada 27 Juli, kita memperingati hari sungai nasional. Berdasarkan informasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Hari Sungai Nasional bertujuan untuk memberikan peningkatan terhadap kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya keadaan sungai bersih sebagai kebutuhan bagi semua makhluk hidup.

Dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2011 mengenai Sungai. Pengertian dari sungai adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa pengaliran air beserta air mulai dari hulu sampai muara dengan batasan garis sempadan.

Harapannya peringatan hari sungai nasional memberikan motivasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap sungai sehingga ditetapkan Peraturan Pemerintah yang menjadikan Hari Sungai Nasional. Peraturan ini tertuang dalam Pasal 74 PP Nomor 38 Tahun 2011. 

Bentuk Kita dalam Memperingati Hari Sungai Nasional

Mountain river flowing through the green forest. Rapid flow over rock covered with moss.

Sesuai dari Pasal 74 PP No. 38 Tahun 2023 mengenai peringatan Hari Sungai Nasional menjelaskan bahwa Hari Sungai Nasional, pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat bersama-sama memperhatikan keadaan sungai nasional. 

Tujuan dari kegiatan ini supaya masyarakat memahami pengaruh terhadap kegiatan yang dilakukannya terhadap sungai dari segi dampaknya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah membersihkan sampah dan gangguan aliran pada sungai, melakukan identifikasi sumber pencemaran air, mendukung aksi penanaman tumbuh-tumbuhan dalam batasan sungai, membuat kampanye terhadap penjagaan terhadap sampah. Yuk mulai jaga kebersihan sungai. Nazava mampu memberikan solusi dalam menyaring air sungai yang aman digunakan bahkan untuk minum. Info lebih lanjut bisa chat langsung ke admin kami!