Testimoni SDN 3 Cisimeut Raya dalam Program Nazava

Nazava.com – Tubuh manusia membutuhkan air dalam membantu kinerja organ. Bukan hanya itu, minum air putih dapat membuat tubuh menjadi bugar. Maka dari itu, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk rutin minum air putih. Hanya saja, kebiasaan ini belum banyak dilakukan, khususnya pada anak-anak. 

Lembaga pendidikan atau dalam hal ini sekolah adalah salah satu pihak yang dapat berperan penting untuk membiasakan anak-anak minum air putih secara rutin. Hasil riset terhadap 13 negara dari European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa satu dari empat anak di Indonesia kurang minum. Sayangnya, lebih dari 30 persen anak tidak mengonsumsi air putih, namun minuman berwarna.

Takaran ideal kebutuhan air minum untuk anak-anak. 

Berikut ini adalah takaran kebutuhan air minum sesuai dengan kebutuhan dan usia anak-anak:

Anak pra sekolah berusia 4–6 tahun membutuhkan 1,2 liter air per hari setara 5 hingga 6 gelas. 

Anak berusia 7–9 tahun membutuhkan sekitar 1,5 liter air atau setara 6 hingga 7 gelas.

Nazava di SDN 3 Cisimeut Raya

Nazava di SDN 3 Cisimeut Raya

Nazava sediakan air minum untuk sekolah

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi air putih penting bagi anak-anak. Nazava mengajak dan bekerjasama dengan tenaga pendidik di sekolah untuk mengedukasi dan menyediakan air minum yang aman. Program Bantuan Air Minum Sehat menjadi cara Nazava untuk mewujudkan anak sehat di sekolah-sekolah. Harapannya melalui program ini menjadi implementasi untuk mendidik anak mengonsumsi air putih serta membangun kebiasaan minum air putih secara rutin. 

Banyaknya manfaat penting minum air akan memberikan dampak positif pada tumbuh kembang anak di sekolah. Sejauh ini sudah 881 sekolah yang menggunakan filter air minum Nazava. Salah satunya adalah SDN 3 Cisimeut Raya. Sekolah yang berada di daerah Baduy. Dari murid hingga guru merasakan kemudahan mendapatkan akses air minum yang aman dengan adanya filter air minum Nazava. 

SDN 3 Cisimeut Raya

SDN 3 Cisimeut Raya

Amanda selaku salah satu murid SDN 3 Cisimeut Raya merasa bahwa Nazava memberikan kemudahan. Sebelumnya, Amanda selalu bawa bekal air dari rumah. Namun, semenjak ada Nazava, dia tidak perlu membawa air minum dari rumah. Selain itu, di sekolah tidak perlu membeli air minum dengan harga yang mahal. 

“Sekolah nggak perlu beli air minum, pengisian Nazava mudah, kita ambil air dari kamar mandi tuang beberapa menit, sudah bisa diminum“ kata Amanda. 

Selain itu, Amanda merasa lebih hemat dari segi pengeluaran uang jajan, tidak boros dan bisa digunakan untuk menabung.  Selama di sekolah, Amanda dapat menghabiskan air sebanyak tiga sampai empat botol perhari. 

Amanda SDN 3 Cisimeut Raya

Amanda SDN 3 Cisimeut Raya

Dari pihak guru, Purnawan menyampaikan sebelum ada Nazava, sekolah dan anak-anak merasa kerepotan karena harus membawa air. “Semenjak ada Nazava, pembelajaran menjadi lebih kondusif ketika anak-anak kehausan di setiap kelas sudah tersedia air minum” Kata Purnawan.

Kemudahan dengan adanya Nazava bagi SDN 3 Cisimeut Raya adalah kepraktisan mendapatkan air minum, air tidak perlu dimasak, air mentah bisa langsung diminum dan air hasil penyaringan dari Nazava kondisinya bersih, lebih sehat dan hemat. Kemudian dari segi lingkungan sekolah menjadi lebih bersih karena sampah plastik berkurang. 

Sama halnya dengan penjelasan dari Citra selaku kepala sekolah SDN 3 Cisimeut Raya, sulit mendapatkan air minum sehingga  anak-anak disarankan bawa bekal dari rumah. Jika ada yang kehabisan air minum, maka mereka akan jajan ke warung. Akibatnya, lingkungan sekolah menjadi kotor karena menumpuknya sampah plastik. 

“Semenjak ada Nazava, air minum di sekolah selalu tersedia untuk guru dan anak-anak. Anak-anak banyak minum air putih dan lebih fokus belajar.“ kata Citra. 

Harapan Citra, semoga banyak sekolah-sekolah lain yang ikut menggunakan Nazava dalam memenuhi kebutuhan air minum anak-anak dan guru-guru. Pemakaian filter air Nazava hemat, mudah dan aman untuk kesehatan.