Apakah Merebus Air Efektif Membunuh Kuman?

Nazava.com – Jika kita perhatikan keadaan sumber air yang ada di Indonesia saat ini, sulit mendapatkan air yang bersih. Bahkan beberapa penelitian meragukan perihal merebus air hingga mendidih dirasa sudah kurang efektif membunuh bakteri. 

Salah satu peneliti yang berasal dari UNPAD melakukan perhitungan bakteri air dari hasil rebusan dan air dari depot air minum isi ulang di 55 rumah tangga. Temuan yang mereka dapat adalah 45% air isi ulang mengandung bakteri dan sebagian air hasil rebusan masih mengandung bakteri.

Opini Masyarakat dan Fakta dari Penelitian mengenai merebus air

Faktanya memang masih banyak orang yang menganggap bahwa merebus air sampai mendidih merupakan cara terbaik untuk membunuh bakteri dalam air. Namun, kondisi saat ini merebus air sampai mendidih tidak cukup efektif. Selain membutuhkan waktu yang cukup lama, merebus air memerlukan pengeluaran untuk membeli bahan bakar apalagi LPG yang semakin mahal. 

Solusi yang dapat dilakukan dan alternatif untuk mendapatkan air minum yang aman menggunakan filter air. Filter air mampu mengubah air sumur kotor, air keran/ PDAM, air hujan, dan air sungai sehingga air dapat diminum dengan aman tanpa perlu direbus, filter sudah mampu membunuh bakteri yang ada di dalam air. 

Ceret untuk masak air minum

Journal of International Dental and Medical Research menyampaikan bahwa Perbandingan Kualitas Air Minum dari hasil penelitian UNPAD mendapatkan temuan di negara-negara berkembang terkait metode perawatan utama air ledeng menjadi air minum yang aman dari segi merebus dan filterisasi. 

Data menyebutkan bahwa 1,1 miliar orang atau 21,6% dari sampel populasi berpenghasilan menengah ke bawah ternyata masih menggunakan proses perebusan. Hanya saja, saat merebus, air harus dipanaskan pada 60-100 ° C fungsinya memastikan inaktivasi patogen mikrobiologis. Kekurangan dari metode ini tidak efektif menghilangkan semua kontaminasi bahan kimia. Apakah Merebus Air Efektif Membunuh Kuman?  Balasanya sepertinya : kurang. 

Sedangkan rumah tangga yang menggunakan filterisasi ternyata semakin populer karena lebih praktis dan efektif dalam memurnikan air yang keruh dan lebih efektif menghilangkan patogen bahkan jika dibandingkan dengan metode ultraviolet, koagulasi, atau desinfeksi kimia. 

Filter Air Minum Nazava Murni dengan pengguna

Filter air Nazava sebagai solusi untuk menyaring bakteri, membunuh kuman dan menghilangkan bau. Nazava merupakan satu-satunya filter air minum yang sudah memiliki sertifikasi WHO. Selain itu, hasil dari filter air minum Nazava terjamin aman berdasarkan hasil tes di lebih dari 30 laboratorium dari dalam maupun luar negeri. Air minum yang aman, filter dengan Nazava!