Ciri-ciri air minum yang sehat dan aman untuk diminum adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak memiliki endapan. Keempat ciri tersebut merupakan ciri yang dapat Anda nilai sendiri tanpa bantuan dari ahli. 

Kenapa penting untuk mengetahui ciri-ciri air yang sehat? Tentu saja untuk memastikan air yang Anda beserta keluarga konsumsi adalah air yang sehat. Dengan begitu keluarga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa disebabkan dari air yang tercemar. 

Jika dilihat, ciri-ciri di atas merupakan salah satu syarat air dikatakan bersih, yaitu syarat fisik. Syarat yang lain adalah syarat kimiawi dan syarat mikrobiologis. 

Syarat kimiawi merupakan syarat yang membahas mengenai kandungan bahan-bahan yang ada di dalam air tersebut. Air yang aman diminum adalah air yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti timbal, mangan yang tinggi. 

Syarat mikrobiologis merupakan syarat yang membahas mengenai kandungan patogen yang ada di dalam air. Patogen-patogen tersebut seperti kuman, virus, bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

Maka dari itu, masyarakat dahulu menggunakan teknik merebus untuk membunuh kuman tersebut. Padahal, merebus air tidak dapat menyelesaikan seluruh permasalahan air

Anda perlu untuk melakukan proses filtrasi demi mendapatkan air yang layak untuk dikonsumsi. Proses inilah yang digunakan oleh Nazava untuk menghasilkan filter air yang dapat membantu untuk memperoleh air layak tersebut.