Alasan utama mengapa air yang kita minum harus berkualitas adalah untuk menghindari terkena penyakit. Apakah Anda tahu bahwa air yang kotor merupakan penyebab utama diare di negara berkembang? 

Hal itu benar adanya. Sebanyak 90 persen kasus diare di negara berkembang disebabkan oleh air yang tidak bersih. Kasus ini sebagian besar menimpa balita dan ibu hamil

Sebanyak 60 juta orang di dunia ini terkontaminasi florida yang terkandung di dalam air sumur. Padahal, florida tersebut merupakan zat yang berada di bebatuan granit. Mungkin Anda berpikir bukankah florida bagus untuk tubuh? 

Ya, dalam jumlah yang kecil dan cukup florida dapat memelihara kesehatan. Namun jika berlebihan maka akan menimbulkan efek samping, seperti deformasi tulang pada anak-anak. Negara yang pernah mengalami hal ini adalah China, Uzbekistan, dan juga Etiopia. 

Bagaimana dengan kondisi di Indonesia? Berdasarkan dari hasil survei Nazava bersama dengan Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan Universitas ITB, permasalahan air di Indonesia adalah air yang terkontaminasi. Kontaminan tersebut mulai dari bakteri, besi, mangan, TDS yang tinggi, hingga tanah gambut. 

Karena hal ini maka banyak masyarakat yang memasak air untuk menjadi air minum. Padahal air tersebut harus dimasak mencapai suhu 100 °C dan didiamkan mendidih selama tiga menit untuk benar-benar membunuh bakteri. 

Namun proses tersebut tidak bisa membersihkan air yang mengandung banyak zat berbahaya. Maka dari itu, diperlukan proses filter untuk bisa mendapatkan air minum yang layak konsumsi. Proses inilah yang digunakan oleh filter air minum Nazava untuk bisa menghasilkan air minum yang bersih dan layak.