Air yang sehat merupakan air yang tidak menimbulkan bahaya atau penyakit pada penggunanya. Ciri-ciri air yang sehat secara fisik yaitu tidak berwarna, berbau, berasa, dan tidak mengandung endapan. 

Lalu apakah ada ciri lain dari air yang sehat? Jika dilihat dari syarat air bersih dan sehat, maka ada dua hal lagi yang harus diperiksa yaitu kimiawi dan mikrobiologisnya. 

Hal yang dilihat dari syarat kimiawi adalah apakah air tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Bahan tersebut misalnya timbal dan mangan yang jika masuk ke tubuh manusia dalam jumlah banyak maka akan berakibat fatal. 

Sedangkan untuk syarat mikrobiologis yang dilihat adalah apakah air tersebut mengandung patogen yang berbahaya. Patogen-patogen tersebut seperti kuman, bakteri, dan virus. 

Jika seseorang mengonsumsi air yang tidak sehat seperti mengandung banyak bakteri atau kadar mangan yang tinggi, maka beberapa penyakit akan datang. Seperti misalnya diare akut, sakit pada ginjal, bahkan juga bisa menyebabkan kematian. 

Karena tingginya bahaya mengonsumsi air yang tidak sehat atau tidak bersih, maka Nazava mengeluarkan inovasi cara mudah masyarakat untuk memperoleh air bersih. Caranya yaitu dengan metode penyaringan yang dapat memisahkan antara air dengan zat-zat berbahayanya. 

Dengan begitu, air yang telah disaring dengan filter air Nazava menjadi air yang sehat. Air tersebut dapat digunakan langsung sebagai air minum maupun untuk kebutuhan lain seperti memasak, mencuci, dan mandi.