Air merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia untuk kehidupannya. Bahkan, 70 persen dari berat badan manusia adalah air

Air berperan penting karena organ-organ tubuh manusia tidak bisa bekerja tanpanya. Namun sangat disayangkan sekarang air yang layak konsumsi sudah semakin sedikit. 

Seperti yang kita ketahui bahwa sudah banyak sekali sumber air yang tercemar, seperti sungai, PDAM, bahkan air sumur. Air yang tercemar bukanlah pilihan untuk digunakan dalam kehidupan karena bisa menimbulkan bahaya.

Apa saja bahaya yang mengancam? Jika air mengandung patogen seperti kuman, bakteri, dan virus, maka penyakit yang bisa datang seperti diare, tifus, hepatitis, maupun kanker. Dari semua penyakit tersebut, diarelah penyakit yang sering muncul. Ibu hamil dan bayi lebih sering mengalaminya karena mengonsumsi air yang tidak bersih. 

Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan patogen tersebut? 

Cara Mudah Menghilangkan Patogen di Dalam Air

1. Merebus Air

Merebus air merupakan cara yang sudah ada sejak dahulu kala. Cara ini terbukti efektif mampu untuk menghilangkan patogen berbahaya di dalam air. 

Namun, pastikan air tersebut direbus hingga mendidih dan ditunggu minimal 3 menit setelah mendidih. Hal ini ditujukan agar patogen di dalamnya benar-benar mati. 

Kekurangan dari cara ini adalah biaya yang tinggi. Perlu bahan bakar yang cukup untuk bisa merebus air dalam kurun waktu yang cukup lama. Terlebih air diperlukan tiap saat sehingga akan banyak sekali memakan bahan bakar. 

2. Menggunakan Cairan Penjernih Air

Tujuan utama menggunakan penjernih air adalah untuk menjernihkan air. Namun penjernih ini juga dapat membantu untuk menghilangkan patogen di air tersebut. 

Sayangnya, jika Anda menggunakan cairan ini, bau air tersebut menjadi tidak enak dan juga rasa dari air tersebut juga pahit. Sehingga sangat tidak cocok ketika digunakan untuk air minum

3. Filter Air

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan patogen adalah dengan menggunakan filter air. Filter ini dirancang khusus untuk membantu memisahkan antara air dengan zat-zat yang berbahaya. 

Selain itu, rasa air tersebut tidak akan pahit dan aromanya tidak akan menyengat. Hal ini karena penggunaan penyaringan yang mampu untuk mensterilkan air dari bakteri. 

Cara inilah yang digunakan oleh Nazava untuk menghasilkan filter air minum dengan tidak mengubah rasa dan aroma namun mensterilkan air. Salah satu filter air minum di Nazava adalah Nazava Riam yang mampu untuk menyaring air dari sumber apa saja menjadi air minum. 

Air yang digunakan bisa bersumber dari apa saja seperti air sumur, sungai, hujan, maupun PDAM. Selain itu, air yang sudah disaring dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu direbus terlebih dahulu.