Koperasi Syahriah Benteng Mikro Indonesia (kopsyah BMI) dan Nazava Water filters telah menandatangani Kontrak Pekerja Sama dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anggota  Kopsyah BMI. 

Dengan menjalankan kerjasama antara dua mitra tersebut 177.363 anggota Kopsyah BMI telah dapat membeli filter air minum Nazava dengan harga yang terjangkau melalui jaringan Koperasi Konsumen  Benteng Muamalah Indonesia.

Akses terhadap layanan air minum  yang aman di Kabupaten Tangerang masih sangat rendah. Air galon terlalu mahal untuk bagian besar penduduk kabupaten dan mendapatkan air minum dengan cara memasak air merepotkan dan boros BBM.

Pelopor sanitasi

Kopsyah BMI adalah pelopor pembiayaan sanitasi di Indonesia. Sudah lebih dari 12 ribu anggota BMI menggunakan fasilitas pinjaman sanitasi untuk perbaiki akses air bersih atau banggung kamar mandi yang layak. Bahkan sudah diluncurkan buku Buku Skim Pembiayaan MTS & MTA yang ditulis oleh Direktur BMI Kamaruddin Batubara.

Air minum sehat untuk anggota

“Kami sanggat senang bahwa Kopsyah BMI juga memilih untuk menyediakan alat filter air minum sehat kepada anggota”, kata Guido van Hofwegen, Direktur Nazava Water Filters. “Kami sangat banga sudah diberi kesempatan kerja sama dengan Kopsyah BMI dan kami akan berjuang bersama untuk pastikan semua anggota Kopsyah BMI dapat menikmati air minum sehat dan hemat”. Seperti Nazava BMIpun punya komitmen terhadap kesehatan yang tinggi, bukti adalah pengadaan 8 ambulans yang dapat digunakan secara gratis oleh anggotanya.

Kopsyah BMI adalah koperasi syariah terbesar di  Tangerang dan juga  sudah beroperasi juga di Jawa Barat. Omset Kopsyah BMI mencapai Rp726 miliar di tahun 2020. Simpanan mengalami kenaikan 2,7 persen nilainya Rp260 miliar. Anggota 162.363 orang di tahun 2019 di tahun 2020 naik menjadi 177.363 orang. Kopsyah BMI sudah dapat puluhan reward untuk antara lain dari USAID.

Nazava adalah satu-satunya filter air minum dari Indonesia yang teruji oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Selain itu, filter air Nazava telah diuji oleh ITB, Unpad, dan beberapa laboratorium dari Departemen Kesehatan (bica baca semua hasil tes disini). Nazava didirikan pada 2009 untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih di Aceh [baca lebih mengenai sejara nazava] Pada 2013 Nazava memenangkan Tech Award untuk teknologi yang memberi manfaat bagi Kemanusiaan di California, AS. Pada tahun 2016 Nazava memenangkan Penghargaan Ashden untuk teknologi ramah lingkungan. Sejak 2017 Nazava memproduksi semua bagian filter air inovatifnya di Indonesia. Sejak 2018 Nazava mulai mengekspor secara besar-besaran ke semua pasar di Afrika dan Asia Tenggara. Selain BMI, Nazava juga kerjasama dengan LKM BAIK, HIK & KOMIDA.

Nazava dan kopsyah BMI teken MOU untuk meningkat akses air minum sehat.