Olahraga Wajib Bawa Air Minum untuk Tubuh Tetap Terhidrasi

Nazava.com – Beberapa orang sudah memiliki kebiasaan baik berolahraga seperti lari atau bersepeda. Apakah #sahabatnazava juga sudah membangun kebiasaan berolahraga? Walaupun kita tetap perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan kebutuhan air yang cukup ketika berolahraga. Hal ini dikarenakan asupan cairan berperan penting dalam performa, keamanan, dan kenyamanan ketika berolahraga.

Air Putih Penting untuk Menjaga Tubuh Terhidrasi

Air Minum (3)

Tanpa disadari, tubuh mengalami kekurangan cairan melalui keringat. Jika kita kekurangan asupan air yang cukup, maka besar kemungkinan terjadi dehidrasi. Sebagai contoh kehilangan 2% cairan tubuh membuat performa fisik menjadi terganggu. Maka dari itu kita perlu memastikan bahwa saat berolahraga, tubuh tidak mengalami dehidrasi. Tujuannya agar kita tidak mudah mengalami kelelahan, kram otot, pusing, jantung berdebar, peningkatan suhu tubuh, dan sulit berkonsentrasi.

Hidrasi Tubuh Saat Berolahraga dengan Tepat

Men warm up before and after exercising. Selective focus.

Cara mudah untuk menghidrasi tubuh saat berolahraga lebih baik memang minum air putih. Hal ini dikarenakan minuman air putih mampu menghidrasi tubuh yang terbebas dari kalori atau gula. Manfaat lainnya, minum air putih dapat menggantikan elektrolit yang hilang ketika tubuh berkeringat.

Tapi, adanya beberapa berita mengenai air minum palsu atau berbahaya, maka lebih baik kita mengetahui air minum yang aman. Maka dari itu, penting untuk kita memahami air minum yang aman untuk dikonsumsi dan tidak sembarangan. Inilah beberapa ciri-ciri air minum yang aman: 

  • Air tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau tidak mengandung zat berbahaya.

  • Sumber air terjamin aman sehingga bebas pencemaran dan kualitasnya terjaga.

  • Sudah mendapatkan standar kesehatan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, kita perlu memastikan kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik melalui hasil dari warna urine. Jika warna urine tidak berwarna atau berwarna kuning muda berarti tubuh terhidrasi dengan baik. Apabila urine Anda berwarna kuning tua berarti tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Dari situlah kita dapat lebih mudah mengetahui kebutuhan air sudah cukup atau perlu ditambah. Namun, jika tubuhs sudah mengalami gejala dehidrasi berat, seperti pusing, lemas, rasa haus, hingga gangguan sistem organ berarti tubuh memerlukan pertolongan medis.

Hasil filter air minum Nazava terjamin aman karena sudah melakukan uji lab dari beberapa laboratorium dan WHO. Cek hasilnya disini