Testimoni SDN 1 Tanjungsari dalam Program Sekolah Nazava

Nazava.com – Rutin minum air putih merupakan salah satu kebiasaan baik untuk anak-anak. Air putih adalah salah satu asupan penting bagi tubuh anak dalam menjalani aktivitas. Manfaat air putih untuk anak dapat membantu kerja otak lebih maksimal, meningkatkan fokus dan konsentrasi serta menghindari dehidrasi. Maka dari itu, anak perlu membangun kebiasaan minum air putih sejak dini. 

Kebiasaan rutin minum air putih dapat diterapkan dimana saja. Seperti, orang tua membangun kebiasaan anaknya untuk minum air putih sebelum dan sesudah tidur di rumah. Sama halnya dengan para guru yang dapat berperan dalam mengajak dan menumbuhkan semangat anak untuk minum air putih di sekolah. 

Seperti yang kita ketahui, kasus stunting anak di Indonesia cukup tinggi. Bukan hanya itu, beberapa anak sudah mengalami penyakit diabetes di usia belia. Penyebabnya adalah anak-anak yang kehausan lebih memilih jajanan manis dibandingkan air putih. Celakanya, hal tersebut membuat kesehatan anak-anak menjadi buruk. 

Nazava untuk sekolah

sdn 1 tanjungsari

sdn 1 tanjungsari juara 1 lomba air minum sehat

Kehadiran Nazava memberikan solusi air minum aman bukan hanya untuk keluarga saja. Namun, Nazava memberikan perhatian khusus pada anak-anak melalui Program Bantuan Sekolah Air Minum Sehat. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2016. Tujuan adanya program ini adalah untuk menyediakan air minum aman bagi anak-anak. 

Hingga saat ini, sudah lebih dari 500 sekolah tergabung dalam Program Bantuan Sekolah Air Minum Sehat. Sekolah penerima program mengalami perubahan positif baik dari segi perilaku maupun kesehatan anak-anak. Salah satu sekolah yang ingin berbagi cerita bersama #sahabatnazava yaitu SDN 1 Tanjungsari, Lebak. 

Sebelumnya, Nazava telah mengadakan lomba air minum sehat di 150 sekolah dasar kabupaten Lebak. SDN 1 Tanjungsari menjadi juara pertama dalam perlombaan minum air sehat.  

Testimoni Nazava di SDN 1 Tanjungsari

muji rahaya kepala sekolah sdn 1 tanjungsari

muji rahaya kepala sekolah sdn 1 tanjungsari

Berdasarkan cerita dari Muji Rahayu selaku kepala sekolah SDN 1 Tanjungsari, terdapat beberapa perubahan yang signifikan semenjak adanya filter air minum Nazava di sekolah. “Anak-anak yang jarang minum air putih dan sering jajan minuman berwarna, sekarang mereka lebih suka minum dari Nazava yang tersedia di kelas.” kata Muji. Saat ini, anak-anak terbiasa membawa tempat minum dari rumah dan mengisi air dari filter air minum Nazava. Dampaknya anak jadi lebih sehat dan sampah plastik dari air minum berwarna berkurang. 

Disamping itu, perilaku anak membaik akibat dari kebiasaan minum air putih secara rutin. Bahkan anak-anak antusias untuk ikut mengisi air dan rajin membersihkan filter air minum Nazava. Hal ini mendapatkan cerita serupa dari guru-guru lainnya.

Beberapa guru dari SDN 1 Tanjungsari Lebak menyadari perubahan perilaku pada anak. Mereka menjadi lebih mudah fokus dan berkonsentrasi serta menghemat uang jajan. Selain itu, dari segi lingkungan sekolah menjadi lebih bebas dari sampah plastik akibat dari jajan di luar. 

maman suryaman

maman suryaman kepala bidang pendidikan sekolah dasar kabupaten lebak

Tidak hanya itu, program sekolah Nazava mendapatkan dukungan dari Maman Suryaman selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Kabupaten Lebak. “Adanya bantuan program sekolah ini memberikan manfaat bagi tumbuh kembang fisik anak-anak dengan minum air yang bersih dan sehat“ kata Maman.

anita sdn 1 tanjungsari

anita murid sdn 1 tanjungsari dan nazava

 
Anita selaku salah satu murid dari SDN 1 Tanjungsari pun turut merasakan dampak baik dari adanya Nazava. Biasanya Anita membawa bekal dari rumah. Saat ini, dia hanya cukup membawa botol air minum kemudian mengisinya dengan Nazava. Dalam sehari, Anita dapat menghabiskan dua botol air minum di sekolah. “Air Nazava enak“ kata Anita. 

Muji berharap agar sekolah lain dapat ikut tergabung dalam Program Bantuan Air Minum Sehat. Selain itu, sekolah-sekolah lain dapat membangun kebiasaan baik dengan rutin minum air putih yang aman.