Tips Menghadapi Cuaca Panas Ketika Sedang Beraktivitas

Nazava.com – Sesuai libur lebaran bahkan ketika sedang berlangsung acara kumpul keluarga, kita sudah merasakan salah satu fenomena ekstrem ini, Heatwave! Keadaan bumi yang terasa begitu panas terjadi pada berbagai wilayah di seluruh dunia. 

Pengertian Heatwave atau Gelombang Panas

Heatwave merupakan suatu periode cuaca atau suhu panas yang tidak seperti biasanya. Secara umum, fenomena ini berlangsung selama lima hari berturut-turut tapi bisa lebih sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia (WMO) dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan petunjuk dari BMKG, suatu lokasi yang memiliki suhu maksimum harian melebihi ambang batas statistik sudah termasuk sebagai gelombang panas. Faktor penyebabnya bukan hanya gerak semu Matahari, para ahli menyampaikan hal ini termasuk dampak dari pemanasan global dan perubahan iklim sehingga menjadi pemicu gelombang panas terjadi lebih sering. 

Keadaan cuaca panas di Indonesia

kepanasan

Hingga saat ini, kota di Indonesia dengan suhu terpanas terdapat di Ciputat dengan suhu 37,2°C. Sedangkan suhu maksimum harian Indonesia berada di kisaran 34°C hingga 36°C. Hasil ini menunjukkan Indonesia tidak termasuk daerah terkena gelombang panas Asia. Pasalnya, suhu panas di Indonesia tidak termasuk definisi gelombang panas dari WMO. Walaupun begitu, rasanya kita ikut merasakan suasana panas di berbagai kota. Apakah #sahabatnazava juga merasa demikian?

Tetap produktif walaupun cuaca panas

Beberapa tips yang dapat menjadi solusi untuk menjalani kegiatan produktif ketika cuaca panas:

  • Menggunakan pakaian yang tipis atau bahan katun atau bentuk longgarbaju tipis

Hal penting yang dapat mengganggu aktivitas adalah pakaian. Maka dari itu, pilihlah pakaian yang tidak membuat tubuh menjadi semakin panas. Keadaan tubuh yang panas tentu tidak nyaman dan akan mengganggu konsentrasi. 

  • Ingat untuk memakai sunscreen atau tabir surya
    sunscreen

Fungsi dari pemakaian sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit. Dengan adanya pemakaian sunscreen maka kulit akan lebih telindungi. 

  • Konsumsi buah dan sayur yang kaya dengan air
    buah dan sayur

Makanan dapat memberikan kita energi dan menyegarkan tubuh sehingga lebih mudah beraktivitas. Hingga memakai sesuatu yang pedas atau berlemak supaya tubuh tidak mudah kepanasan.

  • Perbanyak minum air putih
    Air Minum Nazava

Air putih membantu dalam menggerakan organ sehingga dapat bekerja maksimal. Selain itu, adanya air putih memberikan cairan baru yang kemungkinan hilang menjadi keringat ketika kepanasan. Air putih menjadi sesuatu yang penting supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Air minum yang aman, sehat dan praktis berasal dari filter air minum Nazava. Filter air minum yang mampu menyaring air hujan/air keran/air sumur menjadi untuk minum sehingga lebih mudah mendapatkan air minum tanpa perlu membeli galon atau merebus air. Dari segi keamanan, filter air minum Nazava sudah mendapatkan sertifikasi dari WHO!

Saatnya beralih menggunakan Nazava!