3 Negara yang Aman Minum Air Keran, Apakah Indonesia Termasuk?

Nazava.com – Air merupakan kebutuhan penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Berdasarkan informasi dari Business Insider, ternyata manusia masih bisa hidup walaupun tidak makan sama sekali selama tiga minggu tapi hal ini hanya bertahan tiga sampai empat  hari tanpa air. Maka dari itu. air minum yang bersih dan aman menjadi sesuatu yang penting. Ada berbagai macam cara mendapatkan air minum mulai dari memasak air, berlangganan galon, atau menggunakan filter air minum. 

Adanya peraturan atau ketentuan mengenai air yang layak minum untuk menghindari tubuh terkontaminasi air tidak sehat. Sedangkan sanitasi sebagai bentuk perilaku yang disengaja dalam membangun hidup bersih supaya manusia terhindar untuk bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya. Hal ini dilakukan agar kesehatan manusia dapat terjaga dengan baik. Jadi, air minum yang layak minum dan sanitasi yang baik merupakan ketentuan penting dalam pencegahan manusia dari penyakit.

Kita banyak menemukan di negara-negara maju, air keran aman untuk minum. Inilah tiga negara yang aman untuk minum air keran. Kira-kira Indonesia termasuk tidak ya?

Tiga Negara yang Aman Minum dari Keran

  • Singapura

    Minum air keran di Singapura

Salah satu negara kepulauan yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya. Berdasarkan garis koordinat terletak pada 137 kilometre atau 85 mil di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Secara geografis, Singapura terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Luas dari negara singapura sekitar 700 km persegi dengan jumlah penduduk 5.40 juta jiwa. Nilai EPI untuk Singapura 93.3 yang berada pada posisi ke 21.

  • Belanda

     

Kualitas air di Belanda terus meneruskan melakukan peningkatan dengan sistem air yang berkelanjutan. Selain itu, Belanda membuat kebijakan terhadap pengendalian pencemaran air dengan prinsip pencemar membayar biaya rugi. Pembayaran itu akan digunakan untuk membantu penjagaan terhadap kualitas air negara. Amsterdam sebagai ibukota Negara terbukti memiliki kualitas air tertinggi dan air keran teraman di Eropa. Hal dikarenakan banyak perusahaan air Belanda yang menggunakan teknologi canggih dalam mengubah air permukaan menjadi air aman untuk minum tanpa klorin atau fluorida. Jika kita berada di Belanda, cukup membawa gelas atau botol kemudian isi air minum dari keran. Nilai EPI untuk Belanda 100 yang berada di posisi ke 3. 

  • Jepang

    Minum air keran di Jepang

Negara kepulauan di Asia Timur yang berada di ujung barat Samudra Pasifik, sebelah timur Laut Jepang. Jepang bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Luas wilayah negara Jepang 21,640 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 8.06 juta jiwa.  Nilai EPI untuk Jepang 95,1 yang berada di posisi ke 17. 

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan data Indonesia berada pada peringkat 125 dengan nilai EPI 28,5. Apakah bisa minum air keran langsung di Indonesia?

Jawabannya bisa, namun harus filter menggunakan filter air minum Nazava.
Nazava merupakan satu-satunya filter air minum yang sudah memiliki sertifikat WHO. Selain itu, hasil dari filter air minum Nazava sudah teruji lebih dari 30 laboratorium dari dalam maupun luar negeri. Tunggu apalagi, saatnya beralih menggunakan Nazava!