3 Efek Terlalu Banyak Minum Manis, Yuk Mulai Minum Air Putih

Nazava.com – Kemajuan trend saat ini membuat banyak brand minuman manis yang beredar membuat kita memiliki banyak pilihan. Memang benar adanya, minuman manis dari segi rasa lebih enak daripada minum air putih. Tapi, kita perlu mengerti bahwa ada berbagai efek dari terlalu banyak minum minuman manis. Hal-hal ini yang lebih baik perlu kita waspadai dan perhatikan bersama. Walaupun, faktanya tubuh tetap membutuhkan sesuatu yang manis sebagai sumber energi, hanya saja perlu adanya batasan. 

Batasan Minum Minuman Manis untuk Tubuh

minuman manis

Berdasarkan ketentuan dari Kementerian Kesehatan Indonesia menyampaikan bahwa batas konsumsi atau kebutuhan gula per hari adalah 50 gram gula atau setara dengan 4 sendok makan. Sedangkan American Heart Association (AHA) memberikan saran bahwa kebutuhan gula per hari sekitar 100 kalori atau sekitar 6 sendok teh.

Selain itu, AHA merekomendasikan batas konsumsi gula per hari khusus anak usia 2-18  kurang dari 6 sendok teh atau 24 gram per hari. Batasi anak-anak minum minuman manis tidak lebih dari 230 mililiter per minggu.

Jika kita melihat dari sisi Harvard Health Education, minuman manis mengandung banyak gula memberikan dampak terhadap penambahan berat badan bertambah. Faktor penyebabnya karena gula termasuk karbohidrat sederhana yang mudah dicerna sehingga tubuh lebih cepat kenyang. lebih cepat. Kemudian, rasa kenyang akibat konsumsi gula ternyata lebih cepat hilang. Maka dari itu, secara tidak langsung, tubuh menjadi lebih mudah lapar yang membuat kita ingin makan lagi.

Efek dari minum minuman manis berlebihanminuman manis

Diabetes

Penyakit yang familiar disebut ketika terlalu banyak minum minuman manis adalah diabetes. Faktanya, kandungan gula yang berlebihan membuat gula darah meningkat kemudian risiko penyakit diabetes semakin besar. Selain itu, dampak lain dari diabetes adalah komplikasi penyakit pada ginjal, mata, dan jantung. 

Perut Kembung

Kita mungkin sudah biasa mengalami perut kembung ketika terlalu banyak minum air putih. Ternyata, minum minuman manis lebih cepat membuat perut kembung daripada sekedar minum air putih. Berdasarkan informasi dari International Foundation for Gastrointestinal Disorders, kandungan gula tinggi dari karbohidrat memicu timbulnya gas di dalam perut. Inilah beberapa jenis gula yang menyebabkan perut kembung lebih cepat yaitu fruktosa, laktosa, raffinose, dan sorbitol. 

Jerawat

Kadangkala kita mengira bahwa jerawat muncul dari perasaan jatuh cina atau sejenis. Selain itu, jerawat menempel karena makanan yang mengandung minyak berlebih. Ternyata, minuman manis dapat meningkatkan peradangan tubuh dan memicu jerawat bahkan membuat kondisinya semakin parah. Hal ini karena minuman manis membuat hormon insulin meningkat. Hormon inilah yang berpengaruh pada kondisi kulit.

Bangun Kebiasaan Minum Air Putih

Air Minum Nazava

Cara sederhana untuk membuat tubuh lebih sehat walaupun minum minuman manis adalah membangun kebiasaan baik untuk rutin minuman air putih. Air putih yang aman, sehat, mudah dan murah bisa kita dapatkan dari filter air minum Nazava. Satu-satunya filter air minum yang sudah memiliki sertifikat WHO dan teruji di lebih dari 30 laborarotium dari dalam maupun luar negeri. Yuk, pakai filter air minum Nazava sekarang!