Kondisi Keamanan Air Minum di Indonesia

Nazava.com– Salah satu kebutuhan pokok tubuh manusia adalah air minum. Sebenarnya, kita sangat berlimpah-limpah air. Tapi, air bersih sangat sulit ditemukan apalagi air minum. Siapa sangka bahwa air minum sebagai kebutuhan penting ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit di Indonesia. 

Berdasarkan hasil survei oleh Kementerian Kesehatan pada 2020 menyampaikan bahwa hanya ada sekitar 12% dari seluruh rumah tangga di Indonesia yang tersedia akses air minum yang aman.

Sedangkan, target dari Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 6.1 ingin mencapai seluruh populasi mendapatkan akses air yang aman pada tahun 2030.

Kebutuhan air minum dan fasilitas yang tersedia

Air Minum (3)

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk membantu penyediaan akses air minum aman kepada masyarakat adalah melalui pembangunan jaringan air perpipaan yang dianggap sebagai standar tertinggi sumber air minum. Alasannya, pembangunan ini memiliki keamanan dan keberlanjutan yang baik. 

Hanya saja sayangnya, air perpipaan dukungan dari pemerintah dan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) kurang menjangkau seluruh masyarakat. Dampaknya, masyarakat harus mengadakan dan penyediaan biaya sendiri terhadap air minum dari air tanah yang biasanya disebut air self-supply atau swasembada air minum.

Alhasil, pengeluaran rumah tangga untuk air self-supply yang tidak sedikit. Apabila kita akumulasikan, maka total biaya sistem air self supply rumah tangga di Indonesia mencapai Rp 14,5 triliun setiap tahun. Mulai dari pengeboran tanah, pembuatan sumur, investasi pompa, biaya listrik operasional pompa beserta pemeliharaannya.

Lain halnya di daerah perkotaan yang lebih padat sehingga sulit untuk membangun jaringan perpipaan. Maka dari itu, dari pihak pemerintah perlu bekerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam investasi dan pemeliharaan sistem penyediaan air minum self supply serta penyusunan regulasi yang tepat sehingga air swadaya tetap aman untuk minum.

Filter Air Minum Nazava bantu penyediaan air minum yang aman

Air Minum Nazava

Kehadiran Filter Air Minum Nazava bertujuan untuk menyediakan air minum yang aman, sehat, praktis dan hemat. Keamanan dari Filter Air Minum Nazava sudah teruji di WHO dan 30 laboratorium dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, Nazava mudah digunakan karena kita hanya perlu menuang air dari sumur, pdam bahkan air hujan kemudian tunggu sebentar dan bisa langsung minum dengan aman. Harapannya, Filter Air Minum Nazava bisa menjadi jawaban atau solusi terhadap krisisnya air minum aman di dunia. Yuk, saatnya beralih ke Nazava! Dapatkan Nazava di marketplace kesayangan Anda!