Sulitnya mendapatkan air bersih saat ini terkadang mengharuskan orang untuk mengonsumsi air yang tercemar, seperti air yang mengandung kaporit. Padahal, kaporit merupakan zat berbahaya untuk tubuh. 

Apakah Anda tahu bahwa air PDAM mengandung kaporit yang tinggi? Ya, itu benar. Air PDAM yang mengalir ke rumah-rumah warga merupakan air yang mengandung kaporit. Sehingga, air ini tidak hanya untuk dikonsumsi. 

Berikut beberapa bahaya yang akan datang dari mengonsumsi air kaporit: 

1. Merusak Kulit

Kolagen merupakan lapisan yang ada pada kulit yang berguna untuk menekan penuaan. Sayangnya, air kaporit dapat merusak kolagen sehingga kulit menjadi lebih kusam dan tidak sehat. 

Tidak hanya merusak kolagen saja, air kaporit juga dapat membuat kulit menjadi kering hingga merusak epidermis kulit. Jika digunakan pada rambut, maka air kaporit ini dapat merusak folikel rambut. 

2. Gangguan Ginjal

Ketika seseorang mengonsumsi air yang mengandung kaporit dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan masalah pada ginjal. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan air minum yang mengandung kaporit. 

3. Gangguan Sistem Pernapasan

Bahaya selanjutnya yang akan menghampiri Anda adalah gangguan sistem pernapasan. Hal ini terjadi ketika Anda menghirup udara dari air kaporit tersebut. Terlebih jika udara yang Anda hirup adalah uap panas air kaporit. 

4. Kanker

Masalah yang lebih parah dibandingkan perusakan epidermis kulit maupun kolagen adalah kanker. Kanker kulit dapat terjadi karena reaksi antara kaporit dengan pori-pori kulit. 

Saat Anda berendam di dalam air kaporit dalam waktu yang lama, maka seluruh bakteri dan zat-zat berbahaya bisa masuk ke dalam pori-pori. Bakteri tersebut bisa masuk ke pori-pori karena pada saat berendam, pori-pori kulit akan terbuka. Inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami kanker kulit. 

5. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air yang mengandung kaporit juga dapat mengganggu dan menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan menurunkan sistem kekebalan tubuh, maka bukan hal yang mustahil berbagai macam penyakit akan timbul. 

Dari bahaya di atas maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan atau mengonsumsi air yang mengandung kaporit. Namun Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan filter air dari Nazava. Pelajari caranya di sini.