Prediksi Nazava mengenai Piala Dunia berdasarkan SDG 6 – SENEGAL VS BELANDA

Match yang satu ini akan sangat menarik antara juara speak bola di afrika yaitu Senegal dan tim oranye Louis Van Gaal

Latar belakang – Senegal

Senegal merupakan negara di Africa Barat yang memiliki 17 juta penduduk. Senegal sudah pernah ikut serta di Piala Dunia pada tahun 2002 dan 2018. Pada 2022 mereka masuk sampai seperempat final, tetapi saat 2018 mereka kalah pada fase grup karena mendapatkan lebih banyak kartu kuning dibandingkan dengan Jepang. Namun para pendukung Senegal pasti sangat yakin bahwa kali ini Senegal akan lolos dari fase grup apalagi jika striker andalan mereka yaitu Mane dalam kondisi yang fit kali ini. Senegal memiliki pendapatan GDP sebesar 1600 USD.

Latar Belakang – Belanda

Belanda memiliki jumlah penduduk yang sama dengan Senegal. Tim The Dutch pernah meraih posisi kedua di Piala Dunia tahun 1974, 1978, dan 2010. Tim Belanda juga tidak pernah kalah di Piala Dunia di waktu normal dan selalu mengan dengan lebih dari 1 gol jika menggunakan baju oranye. Pendapatan GDP Belanda 36 kali lebih besar dari Senegal, tetapi semua pendapatan GDP itu belum bisa membeli gelar Piala Dunia untuk Belanda. Sekarang mari lihat dari segi data penyedian air dan sanitasi untuk melihat siapa yang akan menang pertandingan ini.

Persentase penduduk yang dapat minum dari keran di rumahnya

Senegal

Di Senegal tidak ada yang mendapatkan air minum dari keran dirumahnya berdasarkan data https://www.sdg6data.org/en/country-or-area/Senegal . Air di Senegal juga sangat tidak bagus jika kita cari di internet : “Air keran bisa jadi sangat berbahaya” & “ Terkadang air yang keluar berwarna hitam atau oranye” tetapi kita perlu menggaris bawahi bahwa di Senegal lebih banyak orang memiliki akses air ledeng dibandingkan dengan negara sub Saharan lainnya. Hal tersebut sangat bagus dan kita salut dengan Senegal, tetapi sampai saat ini pointnya adalah 0%.

Belanda

Di Belanda semua penduduk mendapatkan akses air minum yang bagus dari keran air rumahnya. Point dari PBB adalah 100%. Air sungai di pompa ke danau di daerah bukit pasir, disaring oleh pasir dan dipompa dari air tanah, namun saat ini Belanda mulai kekurangan air minum karena saat ini polusi kimia dan PFAS sedang meningkat, namun saat ini pemenangnya masih belanda. 

Pemenang dari air yang aman untuk diminum adalah Belanda.

Persentase penduduk yang terhubung ke sistem pembuangan limbah air yang layak 

Belanda

99% dari penduduk Belanda memiliki akses ke system pembuangan limbah air yang layak dan air tersebut diolah dahulu sebelum mengalir ke sungai. Total panjang sistem saluran pembuangan limbah air yang layak di Belanda hampir mencapai 2 kali mengelilingi Bumi atau 90.000 km. Sistem pembuangan limbah air di Belanda merupakan yang terbaik di dunia setelah Chili. 

Senegal

Hanya 24% dari penduduk Senegal yang memiliki kamar mandi dengan sistem pembuangan limbah air yang layak. Sangat disayangkan karena pastinya tidak ada yang ingin memakai kamar mandi yang jorok atau buang kotoran di belakang pohon atau semak – semak. Saat ini hanya 13% keluarga di Dakar yang memiliki akses pembuangan yang layak. Tetapi hal ini tidak sangat buruk jika dibandingkan dengan Jakarta yang tidak memiliki sistem saluran pembuangan. Saat ini sedang ada proyek pembuangan yang sedang berjalan di Senegal, semoga Senegal memiliki siistem pembuangan limbah air yang lebih baik kedepannya.

Pemenang dari sanitasi air adalah Belanda. 

Persentase rumah tangga yang dapat mencuci tangan dengan sabun.

Belanda

Belanda tidak melaporkan data mengenai fasilitas cuci tangan, mungkin ini untuk menyembunyikan bahwa Belanda merupakan negara yang paling tidak higienis di Eropa berdasarkan survey dari Gallup. Berdasarkan hasil wawancara juga hanya 50% orang Belanda yang mencuci tangan mereka menggunakan sabun atau air setelah memakai kamar mandi.

Senegal

20% dari penduduk Senegal bisa mencuci tangan mereka dengan sabun dirumah.

Setidaknya Senegal saat ini melakukan usaha untuk melaporkan data mereka. Penduduk Senegal pada dasarnya mencuci tangan mereka mencuci tangang mereka menggunakan mangkok sebelum makan. Program sedang dilakukan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir ataupun sabun. 

Pemenang dari kehigienisan adalah Senegal.

Wild Card

Tidak ada wild card yang diperlukan untuk kali ini

Prediksi : 1  – 2 untuk Belanda