Lebih Baik Berbuka Puasa dengan Air Putih atau Minuman Manis?

Nazava.com – Momen bulan Ramadhan, sebagian orang menjalankan ibadah puasa kurang lebih selama satu bulan. Terkait dengan menu berbuka puasa, memang lebih baik untuk tidak langsung makan makanan berat atau gorengan. Berdasarkan informasi dari Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) lebih baik kita berbuka puasa dengan air putih daripada minuman manis.

Berbuka Puasa dengan Air Putih atau Minuman Manis?

minum air putih vs air berasa

Mengapa begitu? Padahal seringkali kita mendengarkan informasi mengenai “ berbukalah dengan yang manis-manis”. Jadi, sebenarnya ada beberapa pertimbangan mengenai berbuka puasa dengan air putih lebih baik daripada minuman manis. Selama lebih dari 23 jam, tubuh sedang mengalami kekurangan cairan karena kurangnya asupan air. Maka dari itu, ketika berbuka puasa, kita perlu mengembalikan cairan yang hilang itu terlebih dahulu. 

Informasi dari Kabid Humas PDUI dr. Milka Inkiriwang menyampaikan bahwa aktivitas seharian ketika puasa membuat tubuh kehilangan cairan, maka dari itu kita perlu memberikan asupan cairan yang berkualitas.

Minum Air Putih ketika Berbuka Puasa Baik untuk Tubuh

Air Minum (2)

Manfaat lainnya dari berbuka dengan air putih untuk menekan asam lambung, lain halnya dengan berbuka menggunakan minuman manis justru meningkatkan asam lambung. Hal yang perlu diingat bahwa sekalipun sedang berpuasa, tapi minum air putih tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Tujuannya agar organ bisa bekerja dengan maksimal dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Adapun anjuran dari Kementerian Kesehatan menyampaikan jika minum air putih saat buka puasa membantu tubuh langsung aktif kembali. Pasalnya, sel darah merah merangsang tumbuh lebih cepat kemudian mereka akan menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi. Dampaknya, tubuh yang terasa lemas dan mudah lelah dapat kembali bugar setelah minum air putih yang aman. Jika kita berbuka dengan minuman manis terlebih dahulu dapat berisiko gangguan kesehatan tubuh seperti jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan lainnya.

Filter air minum Nazava untuk Puasa tetap Sehat

Filter Air Minum Nazava

Keterbatasan waktu untuk minum bukanlah penghalang untuk mencukupi kebutuhan air minum yang sesuai dengan tubuh. Baca anjuran minum air putih selama Ramadhan. Selain itu, kita perlu memperhatikan air minum tersebut sudah terjamin aman. 

Filter air minum Nazava sudah terbukti aman karena satu-satunya filter air minum yang sudah tersertifikasi WHO dan teruji di lebih dari 30 laboratorium dari dalam maupun luar negeri. Hasil air minum nazava sudah sesuai dengan ciri-ciri dari air minum yang aman. Yuk dapatkan produk Nazava di marketplace kesayangan Anda.