Apakah Aman Minum Air Keran bagi Kesehatan?

Nazava.com – Pada dasarnya, tubuh manusia mengandung sebagian besar air. Maka dari itu, manusia tidak boleh kekurangan air atau dehidrasi. Saat ini sudah banyak tersedia air minum kemasan dan galon bermerk.  Faktanya, masih banyak yang minum dari keran air atau air mentah karena lebih hemat. Namun, apakah aman minum air keran bagi kesehatan? Adakah dampak yang terjadi?

Sebelumnya mari kita bahas bersama mengenai air mentah untuk diminum.

Penjelasan Mengenai Air Mentah atau Air Keran

minum air keran nazava

keran sumber udara

Air mentah merupakan air yang belum mengalami proses penyaringan atau pengolahan . Meski begitu, air yang aman diminum perlu melewati proses penyaringan. Proses penyaringan dapat menggunakan beberapa bahan kimia untuk menghilangkan serta zat-zat berbahaya di udara. 

Selain itu, kita dapat menggunakan cara lain seperti merebus air hingga matang. Tujuan dari merebus air adalah membunuh semua bakteri dalam air. Jika air mentah atau air keran langsung diminum tanpa pengolahan, kemungkinan ada bakteri di dalamnya. Bakteri dalam air yang masuk dapat menyebabkan penyakit atau infeksi. 

Minum air mentah atau keran air secara langsung dapat menyebabkan penyakit. Terutama, Usia dan anak-anak merupakan kelompok lanjut yang lebih rentan. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh lansia dan anak-anak belum begitu kuat, sehingga sulit untuk melawan bakteri. Lebih baik jangan minum air mentah/keran secara langsung. Keran air yang aman diminum sudah melewati proses penyaringan untuk menghilangkan bakteri. 

Bakteri dalam air mentah/keran 

Berdasarkan informasi dari The Environmental Protection Agency (EPA), sebagai lembaga perlindungan lingkungan di Amerika Serikat, air minum dari tanah, sungai, dan danau, dan lainnya sudah terkontaminasi oleh produk buangan binatang (feses ataupun urin), mikroba, atau polusi.

Berikut, EPA menetapkan peraturan bahwa air minum yang aman harus bebas dari sekitar 90 kontaminan dari bahan kimia maupun bahan biologi (mikroba), contohnya:

Kontaminasi kimia: arsenik, timbal, tembaga, tembaga, radionuklida, dan bahan lainnya

Kontaminasi mikroba: coliform, bakteri, parasit,

Walaupun air terlihat bersih tanpa pengolahan, namun ada kandungan bakteri di dalamnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bakteri yang terdapat dalam keran udara atau keran udara tanpa proses penyaringan adalah

Giardia lamblia

Pertama, jenis parasit yang ditemukan di tanah, makanan, atau udara yang berkoloni atau berkumpul di usus kecil manusia. Dari hasil penelitian, G.Lambia menyebabkan penyakit diare dengan sebutan giardiasis.

Cryptosporidium

Kedua, mikroorganisme yang berasal dari kotoran binatang penyebab diare, perut keram, dan mual.

Vibrio cholerae

Terakhir, golongan mikroorganisme yang menyebar di udara. Apabila tertelan maka vibrio cholerae menyebabkan kolera, infeksi usus, diare, hingga kematian. Sebelum kita meminum udara, pastikan semua bakteri dan kuman penyakit sudah hilang supaya tidak terkena penyakit infeksi yang menyerang sistem pencernaan.

Dengan pemikiran ini, apakah aman minum air keran bagi kesehatan?

Aman Minum Air Keran bagi Kesehatan

aman minum air dari keran

Seperti yang sudah dijelaskan, aman minum keran apabila melalui proses penyaringan. Salah satu penyaringan air minum yang sudah tersertifikasi dan aman adalah Nazava. Nazava merupakan filter air minum yang mampu menyaring keran air, PDAM udara, sumur udara bahkan air hujan menjadi aman untuk diminum. Kualitas dan kehigienisan Nazava sudah terbukti oleh WHO dan teruji di 30 laboratorium luar maupun dalam negeri. 

Selanjutnya, dapatkan Nazava untuk produksi air minum dari keran yang lebih sehat dan aman!