Inagurasi Program Air Minum Sehat untuk Murid-Murid di Lebak bersama Danone- Aqua

Nazava.comProgram Air Minum Sehat sudah Nazava lakukan sejak 2016. Tujuan dari Program ini untuk memberikan fasilitas air minum yang aman bagi murid di sekolah. Sesuai dengan rencana pemerintah dalam penyediaan air minum yang layak, Nazava turut mengambil bagian dalam mendukungnya. 

Data mengenai penyediaan air minum yang aman

Program Air Minum Sehat Nazava

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2022 masih ada lebih dari 200.000 sekolah yang belum mendapatkan akses air minum dan sanitasi. Sedangkan UNICEF dan WHO pada 2022 mencatat ada sekitar 73% sekolah di Indonesia yang sudah mendapatkan akses air minum aman. Angka yang cukup baik, namun masih ada beberapa sekolah yang belum mendapatkan air minum yang aman.

Faktanya, air minum yang aman membantu lebih mudah belajar baik secara fisik maupun mental. Selain itu, dengan adanya penyediaan air minum yang aman  akan mencegah penyakit, mengurangi anak jajan sembarangan sehingga lingkungan menjadi bersih dan berkurangnya sampah plastik dari jajanan es minuman manis. 

Rangkaian Acara Inagurasi Program Air Minum Sehat

Inagurasi Program Air Minum Nazava

Inagurasi Program Air Minum melibatkan kepala sekolah dan guru-guru SDN 1 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pihak UNICEF Indonesia, dan pihak dari DANONE-AQUA. Selain itu, ada beberapa tamu hadir dari mitra Nazava seperti Wahana Visi, Dompet Dhuafa, Water.org dan Project Child.  Sedangkan pemerintahan, ada kehadiran dari Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Dinas Pendidikan Lebak, dan Dinas Kesehatan Lebak. 

Acara Inagurasi dibuka dengan tarian adat dari anak-anak SDN 1 Rangkasbitung, kemudian berbagai sambutan dan tarian air minum sehat. Pemberian filter air minum Nazava secara simbolis dari pihak Nazava pada Dinas Pendidikan Lebak. Setelah itu, pemaparan Program Air Minum Sehat dari Guido van Hofwegen selaku Co-Founder Nazava Water Filters. Sesi terakhir adalah diskusi panel dari Kementerian Kesehatan, Danone dan UNICEF. 

Inagurasi Program Air Minum Nazava

Dampak Program Air Minum Sehat untuk Murid-Murid

Inagurasi Program Air Minum Sehat

Terhitung dari 2022 sudah ada sekitar 80.000 siswa dan 492 sekolah di Kabupaten Lebak yang sudah mendapatkan air minum yang aman dari filter air minum Nazava. Ini merupakan hasil kerjasama dengan Danone-Aqua. Perkembangan lain yang terlihat adalah 87% anak lebih banyak minum di sekolah. Tingkat hidrasi anak dari 100 ml menjadi 500 ml. Dengan adanya kerjasama ini, harapannya semakin banyak sekolah yang bisa mendapatkan air minum yang aman,