Nazava untuk Indonesia: Program Air Minum Sehat

Nazava.com – Minum air putih sangat penting untuk menunjang proses belajar. Di Indonesia, sebagian besar sekolah dasar belum menyediakan air minum yang layak konsumsi bagi siswanya. Alasannya, karena air perpipaan di Indonesia dan sumber air lainnya sering terkontaminasi. Dampaknya banyak anak menderita diare sehingga mereka sering tidak masuk sekolah. Selain itu, paparan air yang terkontaminasi menyebabkan stunting. 

Selain itu, sebagian anak di sekolah kurang minum air putih sehingga mereka mengalami gangguan kesehatan ginjal, performa kognitif menurun, sulit berkonsentrasi, mudah lupa hingga sering mengantuk. 

Latar Belakang Program Air Minum Sehat

Indonesia menciptakan program sekolah sehat. Nazava ikut mendukung aksi dari pemerintah untuk menunjang kesehatan anak di sekolah dasar dalam menyediakan akses air minum yang aman. Tujuan dari program ini untuk menciptakan generasi yang sehat dan unggul

Sejauh ini filter nazava telah ada di lebih dari 150 Sekolah Dasar di indonesia. Kami berharap semakin banyak sekolah yang memiliki akses air minum.

Perjalanan Program Sekolah Nazava

2016

Program Sekolah Air Minum Sehat Nazava

Nazava bekerjasama dengan yayasan di Indonesia untuk menyediakan air minum. Hasil kerjasama ini adalah sekitar 12.000 anak SD di Indonesia yang sudah mendapatkan akses air minum sehat. Adapun cakupan wilayah yang dilakukan diantaranya DIY, Pacitan, Fak-fak dan Banten. 

2018

SDN Cibabat

SDN Cibabat

Nazava melakukan penyediaan air minum untuk sekolah dasar di wilayah kota Cimahi. Di cimahi ada lima sekolah yang mengikuti program air minum sehat untuk sekolah. Jumlah anak yang mendapatkan akses air minum sehat ada 1.000 anak. 

2019

Nazava di Sekolah

Nazava di Sekolah

Nazava menyediakan air minum di wilayah kota dan kabupaten Bandung Barat. Tentu saja, program sekolah menjadi semakin meluas dan menambah jumlah sekolah yang bergabung. Adapun, sudah ada kurang lebih 16.500 anak yang mendapatkan akses air minum yang aman di sekolah. 

2020

Nazava dan Danone-Aqua dalam Program Sekolah

Nazava dan Danone-Aqua dalam Program Sekolah

Perluasan program air minum sehat dengan bekerjasama melalui berbagai mitra. Nazava mulai membangun relasi dengan CSR yang ingin bergabung dalam program air minum sehat untuk anak. 

2021

Nazava di sekolah

Nazava di sekolah

Nazava berhasil membangun kerjasama dengan Aqua. Penyediaan air minum di 150 sekolah daerah kabupaten Lebak, Banten. Dampak dari kerjasama adalah 35.000 anak yang mendapatkan air minum aman di sekolah. Kegiatan ini disertai dengan lomba air minum di sekolah.

2022

Nazava di sekolah

Nazava di sekolah

Keberlanjutan kerjasama Aqua dan Danone- Communities dalam penyediaan air minum. Perluasan dampak air minum sehat dengan penambahan jumlah sekolah yang bergabung. Pada 2022, 500 sekolah mendapatkan akses air minum yang aman. 

Keberhasilan Program Air Minum Sehat

Program air minum sehat di sekolah terbukti meningkatkan jumlah konsumsi anak-anak minum air putih. Biasanya dalam sehari mereka bisa minum dua sampai lima botol sehari. Apabila dibandingkan dengan dahulu, anak hanya minum 102 ml sehari. Beberapa anak, ada yang mengisi air minum sebelum pulang untuk diminum di perjalanan. Selain itu, anak menjadi lebih fokus belajar bahkan ikut merawat filter air minum Nazava. Jika biasanya mereka menghabiskan uang jajan untuk beli air minum sembarangan, sekarang anak-anak bisa menabung. 

Apakah sekolahmu sudah bergabung dalam Program Air Minum Sehat?

Daftarkan sekarang melalui admin kami

Ayo dukung anak sehat, anak cerdas, anak Indonesia.