Solusi Mengatasi Mengantuk di Jam Produktif

Nazava.com – Kita kemungkinan pernah mengalami mengantuk setiap pagi. Faktor penyebabnya adalah kurang tidur atau terlalu banyak tidur.

Jika kita memperhatikan durasi waktu ketika berada didepan komputer, untuk berbagai profesi tentu berbeda. Hanya waktu yang dihabiskan di gawai terkadang tidak sebanding dengan waktu beristirahat.

Maka dari itu, kita harus lebih bijak dan memberikan hak pada tubuh untuk beristirahat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah tidak membiarkan tubuh terlalu lelah. Selain itu, kita perlu membentuk pola tidur dan memastikan makanan yang seimbang. Mulai dari kandungan karbohidrat, mineral, vitamin dan protein pastikan sudah sesuai dengan porsinya. 

Apabila kita sudah mempertimbangkan semua dan melakukan aksi nyata, maka lihatlah proses dan kebiasaan yang dibangun. Dari situlah, kita dapat menarik kesimpulan dan menjadikan hal yang buruk menjadi lebih baik. Berbagai pepatah mengatakan bahwa masa depan kita bergantung dengan kebiasaan apa yang kita lakukan pada hari ini.

Jika kita kilas balik, saat ini kebiasaan apa yang sudah dilakukan? Tapi, sebelum terlalu jauh, mari lihat terlebih dahulu langkah awal dalam memulai hari, apa yang kamu lakukan? Pastikan kita mengawali hari dengan sesuatu yang baik seperti minum air putih untuk memperlancar kerja organ dalam melakukan aktivitas sepanjang hari. 

Solusi mengatasi mengantuk di jam produktif

Tidur lebih cepat 

Tidur

Alangkah lebih baik untuk tidak tidur terlalu larut. Selain itu, biasakanlah sebelum tidur untuk evaluasi atau merefleksikan seluruh peristiwa di hari itu. Hal ini dilakukan agar tidur menjadi lebih tenang tanpa membawa beban pikiran. Kalaupun ada yang mengganggu pikiran lebih baik lepaskan dan mulai berdamai dengan diri sendiri. Kita perlu menjaga semangat dan kebahagiaan selalu berada dalam hati dan pikiran. Cobalah untuk memikirkan hal hal positif karena mindset memberikan pengaruh di alam bawah sadar kita.

Sebenarnya, kita memiliki dua pikiran yang bekerja secara bersamaan bahkan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar dan bawah sadar. Pikiran sadar berada di otak kiri tentang apa yang kita dengar dan lihat kemudian diolah oleh pikiran sadar. Pikiran bawah sadar berada pada otak kanan dengan kemampuan menyimpan ingatan jangka panjang. Pikiran bawah sadar berpengaruh dalam menentukan perilaku, pola pikir, sikap, kebiasaan, dan kesuksesan dalam belajar. Meskipun begitu, pikiran sadar dan bawah sadar memiliki sebuah filter yang berguna untuk menyaring informasi yang masuk dari pikiran sadar ke pikiran bawah sadar.

Bangun lebih pagi

Bangun Tidur

Kondisi pagi hari sangat memberikan energi yang baik. Selain itu, biasakanlah setelah bangun mulai dengan peregangan otot. Sebagai contoh lain, ketika pagi hari kita bisa memulai hari dengan berdoa. Meminta pada Tuhan untuk memperlancar hari dengan memberikan kemudahan dan kekuatan. Rasanya mustahil ketika melakukan aktivitas baik tanpa semangat.  

Memberikan yang terbaik

Semua orang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Maka dari itu, setiap orang tentu saja memiliki sifat, karakter, dan potensi diri. Kita perlu memahami pilihan terbaik dalam diri adalah ketika kita dapat menjadi versi terbaik. Hal penting yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan kepercayaan diri dengan mengasah potensi diri kita.

Rutin Minum Air Putih 

Air Minum Nazava

Air putih dapat menyegarkan tubuh. Namun, manfaat lain dari minum air putih dapat mengatasi kantuk sehingga organ dapat bekerja dengan maksimal. Minum air putih memberikan kelegaan dan kesegaran pada tubuh. Usahakan tubuh mendapatkan asupan air putih yang cukup dan seimbang.