Nazava.com – Kebiasaan minum air putih lebih banyak membantu hidup lebih lama. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa orang yang rajin minum air putih lebih terhindar dari penyakit kronis. Berdasarkan data kesehatan yang dikumpulkan dari 11.255 orang dewasa selama 30 tahun, para peneliti menganalisis hubungan antara kadar natrium serum yang naik saat asupan cairan turun serta berbagai indikator kesehatan.

Hasil yang mereka dapat adalah orang dewasa dengan kadar natrium serum di ujung atas kisaran normal lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi kronis dan menunjukkan tanda-tanda penuaan biologis dibandingkan dengan tingkat dalam rentang menengah. Bukan hanya itu, orang dewasa dengan tingkat yang lebih tinggi besar kemungkinan meninggal di usia lebih muda.

Hasil Penelitian dari National Institutes of Health

Minum enam hingga delapan gelas sehari

Peer-review dari National Institutes of Health (NIH), badan penelitian medis AS yang diterbitkan dalam jurnal eBioMedicine menunjukkan bahwa hidrasi dapat memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup sehingga bebas penyakit. Maka dari itu, mereka merekomendasikan minum enam hingga delapan gelas sehari. Disamping itu, para ilmuwan menerbitkan sebuah studi yang mengaitkan hubungan antara rentang yang lebih tinggi dari kadar natrium serum normal dan peningkatan risiko gagal jantung.

Berdasarkan studi itu, mereka menilai informasi yang dibagikan peserta selama lima kunjungan medis. Dua lingkungan yang pertama ketika mereka berusia 50-an dan yang terakhir ketika mereka berusia antara 70 dan 90 tahun. Mereka mengecualikan orang dewasa dengan kadar natrium serum tinggi pada pemeriksaan awal atau kondisi yang mendasarinya, seperti obesitas. Hal ini dapat berpengaruh pada kadar natrium serum. Kemudian, mereka mengevaluasi bagaimana kadar berkorelasi dengan penuaan biologis melalui 15 penanda kesehatan.

minum air nazava

minum air nazava

Berikut faktor-faktor yang termasuk dalam data adalah tekanan darah sistolik, kolesterol dan gula darah, wawasan mengenai seberapa baik fungsi sistem kardiovaskular, pernapasan, metabolisme, ginjal, dan kekebalan setiap orang. Tentu saja, hal ini menyesuaikan pada faktor-faktor seperti usia, ras, jenis kelamin biologis, status merokok, dan hipertensi.

Dari situlah, mereka menemukan orang dewasa dengan tingkat natrium serum normal yang lebih tinggi dengan kisaran normal antara 135-146 milliequivalent per liter (mEq/L) – lebih cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan biologis lebih cepat. Faktor terbesarnya adalah kesehatan metabolisme dan kardiovaskular, fungsi paru-paru dan peradangan, kata mereka.

Sedangkan, orang dewasa dengan kadar natrium serum di atas 142 mEq/L memiliki peningkatan risiko terkait hingga 64 persen untuk mengembangkan penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke, fibrilasi atrium dan penyakit arteri perifer, serta penyakit paru-paru kronis, diabetes, dan demensia. Kemudian, orang dewasa dengan kadar natrium serum antara 138-140 mEq/L beresiko paling rendah terkena penyakit kronis.

air minum

air minum

Hanya saja, peneliti belum menemukan bukti efek kausal dan uji coba terkontrol untuk melihat apakah hidrasi yang optimal dapat meningkatkan penuaan yang sehat, mencegah penyakit, dan memperpanjang hidup.

Informasi yang mereka peroleh penurunan air tubuh menjadi alasan paling umum untuk meningkatkan konsentrasi natrium, hasil ini menunjukkan bahwa untuk orang yang natrium serumnya melebihi 142 mEq/L, mempertahankan hidrasi optimal secara konsisten dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, Hasil penelitian kami mendukung hipotesis bahwa hidrasi optimal berpotensi menjadi pencegahan sistemik yang mampu memperpanjang umur bebas penyakit.

Itu terjadi setelah studi terpisah menemukan beberapa orang mungkin perlu minum hingga enam liter air sehari sehingga tetap sehat dan terhidrasi.

Hasil Penelitian dari University of Wisconsin-Madison

Sehari butuh satu hingga enam liter sehari

Para peneliti di University of Wisconsin-Madison di AS menganalisis kebiasaan minum ribuan orang dari 26 negara. Hasil temuan yang didapatkan adalah banyaknya kebutuhan air minum setiap orang sangat bervariasi. Hanya saja, rata-rata sehari berkisar satu hingga enam liter. Sehingga alangkah lebih baik untuk banyak minum air putih agar dapat membantu kinerja organ.