Apakah Air Reverse Osmosis ?

Nazava.com – Air Reverse Osmosis yang biasanya disingkat dengan RO memiliki arti osmosis terbalik. RO adalah air yang dihasilkan melalui sistem penyaringan air menggunakan daya saring tinggi sehingga sifatnya bukan hanya mampu menjernihkan namun menyaring molekul besar untuk menghasilkan air yang aman dikonsumsi. Disamping itu, RO dapat menyaring ion menggunakan lapisan penyaring berteknologi tinggi dan menghasilkan air yang tidak hanya aman dikonsumsi namun murni dan baik bagi kesehatan.

Tentang Reverse Osmosis

Secara umum, reverse osmosis merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengolah air minum. Air RO adalah air dari hasil mesin reverse osmosis yang mengolahnya. Seharusnya, air RO yang baik melalui langkah – langkah mulai dari filtrasi, ultrafiltrasi mesin RO, ultraviolet hingga muncul hasil air reverse osmosis. Air minum reverse osmosis menghasilkan air yang baik jika memasukan sepuluh liter air rinciannya keluar air bersih empat liter dan keluar air kotor enam liter. Hasil tds pada air RO berkisar antara 0 ppm sampai 20 ppm.

Pertama kali menerapkan RO sejak 1970. Awalnya RO digunakan untuk air laut. Namun dengan adanya kemajuan teknologi dan hasil penyaringan RO pada air laut terbukti menghasilkan air yang baik, maka dari itu RO digunakan bukan hanya untuk air laut saja. Saat ini, air RO menjadi air yang banyak dicari dan dikonsumsi masyarakat bahkan sistemnya digunakan oleh perusahaan besar. Tentu saja, hal ini tidak lepas dari air RO yang menggunakan sistem penyaringan unggul. Dari penyaringan yang unggul, air RO tidak hanya dapat menyaring molekul besar dan ion namun menghilangkan kontaminan seperti logam. Maka dari itu, wajar saja jika hasil penyaringan RO menciptakan air yang tidak mengandung mineral berat pada tubuh.

Keunggulan dari Reverse Osmosis

Sama halnya dengan itu, Air RO termasuk air yang bebas dari bahan anorganik. PH dari air RO rendah dan sangat murni. Keunggulan inilah yang membuat air RO banyak digunakan untuk kebutuhan medis. Hanya saja, karena daya saring yang unggul dan berusaha menghasilkan air yang tidak hanya jernih namun sehat, penyaringan air RO bukanlah hal yang mudah untuk menghasilkan air. Kita membutuhkan proses penyaringan yang cukup lama apalagi air yang keluar seringkali cukup kecil. 

Dampak Negatif Reverse Osmosis

Ketika kita mengkonsumsi air RO dalam jangka yang tidak lama kemungkinan belum menimbulkan gejala-gejala negatif pada kesehatan. Hanya saja, apabila ini berlangsung dalam jangka yang lama  bahkan bertahun-tahun konsumsi air RO dapat menyebabkan peningkatan resiko berbagai penyakit seperti jantung koroner dan lain-lain. Walaupun memang masih ada kontroversi dari beberapa ahli yang mengatakan jika konsumsi air RO terbebas dari resiko penyakit yang diakibatkan oleh zat-zat beracun dan bakteri yang terdapat pada air minum. Biasa karena adanya kemungkinan air mengandung pencemar sehingga berdampak negatif. Jadi lebih baik hati-hati dalam memilih air RO karena kita sendiri tidak tahu cara mengkonsumsi air minum yang tepat.