5 Cara Menghemat Air dengan Sederhana

Air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hidup setiap orang. Tapi pernahkah kamu mengetahui jika ketersediaan air bersih terus mengalami pengurangan setiap tahunnya?

97,5% air di dunia ada air asin, maka dari itu jumlah air tawar yang bersih dan segar termasuk sumber daya terbatas. Ketika masa kemarau dan kekeringan parah terjadi di dunia, persediaan air menjadi hal penting sebagai salah satu sumber daya yang paling berharga. Faktanya, semua orang membutuhkan air untuk bertahan hidup dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. 

Alasan Kita Perlu Menghemat Air

Menghemat air bermanfaat untuk menjaga persediaan air secara bijak dan bertanggung jawab. Selain itu, semua orang memiliki ketergantungan dalam pemakaian air baik untuk menjalankan aktivitas kehidupan maupun bekerja. Maka dari itu, kita perlu menjaga persediaan air kita yang terbatas supaya tetap murni dan jauh dari polusi.  Pentingnya untuk kita menjaga pasokan air tetap aman dan murni supaya generasi selanjutnya tidak kekurangan air. 

Jumlah air bersih yang terbatas, tidak seimbang dengan penggunaannya yang tidak terbatas Pasalnya, kita menggunakan air setiap hari dalam hidup untuk berbagai kegiatan seperti minum, mandi, memasak, mencuci, dan berbagai kegiatan lainnya yang tidak terhitung jumlahnya.  Hal ini berarti kita membutuhkan air untuk aktivitas dan kebiasaan sehari-hari secara teratur.  Menghemat air akan membantu kita menjaga tubuh tetap sehat dan bersih dengan memastikan ketersediaan air. 

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih:

Melakukan Penantauan Terhadap Penggunaan Air

Langkah paling mudah yang dapat dilakukan untuk menghemat air adalah memantau penggunaannya. Pasalnya, kalau tidak diawasi, hal-hal seperti air keran yang luber di bak mandi atau penampungan biasanya sering terjadi. Oleh karena itu, cara sederhana menghemat air di rumah dapat dilakukan dimulai dengan pemantauan terhadap pemakaiannya.

Ketika Keran Air Tidak Dipakai Sebaiknya Dimatikan 

Hal sepele yang terkadang kita lakukan tanpa disengaja adalah lupa mematikan keran air yang sudah tidak terpakai. Seringkali dibandingkan menunggu lama, kita lebih memilih untuk membiarkan mengisi air sepenuhnya. Namun, terkadang kita lupa untuk mematikannya. Maka dari itu, ketika air sudah mengisi bak penampungan secara penuh atau sedang tidak dipakai, lebih baik langsung matikan kran air. Bukan hanya air terbuang sia-sia, dampaknya dapat terlihat pada tagihan air atau listrik mengalami pembengkakan.

Mandi dengan durasi yang tidak terlalu lama 

Kegiatan yang disukai sebagian orang adalah mandi. Tanpa disangka, ini merupakan aktivitas yang penting baik kesehatan dan kebersihan tubuh. Selain itu, banyak orang menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi dengan keran air terus menerus mengalir. Untuk melakukan penghematan air, maka lebih baik batasi waktu mandi setiap anggota keluarga.

Segera Perbaiki Pipa Rumah yang Bocor

Apabila saluran air di rumah terhubung dengan pipa penyaluran, maka rutin untuk  lakukanlah pengecekan secara berkala supaya mengerti apakah pipa mengalami kebocoran atau tidak. Dengan cara ini, kita dapat dijadikan sebagai cara menghemat air sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia karena kerusakan pipa.

Refill Air Minum Menggunakan Filter Air Minum

Darimana kamu biasa mendapatkan air minum? Salah satu yang dapat menghemat pengeluaran adalah menggunakan filter air minum. Jika kita menggunakan dilter air, maka tidak perlu lagi membeli air kemasan galon karena kita dapat minum langsung dari air keran yang sudah difilter untuk dikonsumsi.