Manfaat Minum Air Hangat bagi Tubuh

Nazava.com – Minum air hangat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

Pereda Gejala Flu

flu

Minum air hangat meringankan gejala flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Minum air hangat membantu tubuh mengurangi iritasi tenggorokan. Selain itu, uap air hangat dapat mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Manfaat air hangat semakin maksimal apabila kita menambahkan jahe, lemon, atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat air hangat dengan berkumur menggunakan setengah sendok teh garam dapur dalam secangkir air hangat. Biasanya, rasa sakit tenggorokan terjadi karena peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Manfaat menggunakan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan sehingga tenggorokan lebih lega. Sedangkan untuk metode penggunaan campuran air garam berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

Pereda Rasa Nyeri akibat Menstruasi (Dismenorrhea)

menstruasi

Manfaat minum air hangat berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum cairan pada jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Ini membuat nyeri akibat kembung sehingga haid berkurang. Dampak lain dari minum air hangat membuat perasaan lebih baik karena dapat merelaksasi kram otot. Minum air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Pereda Sakit dan Nyeri pada Radang Sendi

nyeri sendi

nyeri sendi

Jika kita sedang menderita radang sendi, minum air hangat bermanfaat menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Dampak lain yang dapat dirasakan adalah mengurangi rasa nyeri pada radang sendi.

Pereda Stres

stress

Minum air hangat membantu memperlancar aliran darah di seluruh tubuh. Efek ini dapat membuat rileks sehingga meringankan stres dan cemas. Mandi atau minum air hangat dapat membantu tidur lebih nyenyak. Apabila ingin hasil maksimal, jangan hanya air hangat sertai dengan susu hangat sehingga lebih merasa tenang dan nyaman.

Peringan Gejala Akalasia

sakit tenggorokan

Minum Air hangat dapat membantu orang dengan akalasia dalam mencerna dengan lebih nyaman. Akalasia merupakan kondisi kerongkongan menyempit dan kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Umumnya, gejala penyakit adalah sulit  menelan dan sensasi seperti ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan.

Walaupun begitu, efektivitas manfaat air hangat tentu saja perlu diteliti lebih lanjut. Apabila kita mengalami gejala penyakit akalasia, maka lebih baik periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Mengurangi Perut Kembung

saluran pencernaan

Keadaan perut terasa kembung dan kurang nyaman, kita bisa mencoba minum air hangat. Langkah ini dapat membantu melancarkan gerakan usus dan membantu proses pencernaan makanan sehingga tubuh lebih banyak mengeluarkan gas (kentut). Disamping itu, minum air hangat dapat bermanfaat mencegah dan meredakan gejala maag atau penyakit asam lambung.

Penuhi Kebutuhan Cairan

asupan air minum nazava

asupan air minum nazava

Ada berbagai manfaat minum air hangat dari kebiasaan baik ini. Hanya saja, air minum hangat bukan obat ajaib alias hasilnya tidak bisa instan. Maka dari itu, mulai dengan minum air hangat di pagi hari untuk tubuh lebih sehat. Tips menarik dari air hangat, kita bisa mencampurkan dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Selain itu, kita perlu memperhatikan suhunya, usahakan air tidak terlalu panas dapat membakar dan membuat lidah melepuh.

Berbagai tanggapan mengenai manfaat air hangat belum sepenuhnya tepat sehingga kita hanya perlu memahami bahwa minum air putih secukupnya tiap hari adalah saran terbaik dalam menjaga tubuh terhidrasi dengan lebih optimal. Kita perlu mencukupi kebutuhan cairan dari air putih. Asupan cairan dari buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung air, seperti semangka, jeruk, melon, dan tomat.