Manfaat Konsumsi Air Mineral terhadap Kesehatan Kulit

  • Minum air secara teratur dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi serta meningkatkan rasa kenyang dan metabolisme tubuh.
  • Air mampu meningkatkan proses thermogenesis atau produksi panas dalam tubuh. Panas tubuh yang tinggi akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berpengaruh secara langsung pada proses regenerasi organ termasuk kulit.

Trend skin care saat ini tidak bisa dilepaskan dari keseharian masyarakat, bahkan penggunaan skin care tidak lagi terbatas pada gender. Perempuan dan laki-laki sudah sadar atas keperluan merawat kulit, tujuannya tentu saja untuk membuat kulit lebih sehat dan kalau bisa glowing! Tapi sadarkah, trend skin care yang seolah tak ada habisnya berkat inovasi berbagai brand yang menciptakan beragam formula baru tidak diiringi dengan trend minum air mineral yang cukup. Padahal, asupan minum yang cukup merupakan kunci dari kesehatan kulit.

Kenapa?

Ketika asupan minum kita terpenuhi dengan baik maka organ-organ tubuh kita termasuk kulit akan terhidrasi secara optimal. Ketika kondisi kulit kita cukup lembab maka produk-produk skin care yang kita pakai akan bekerja secara maksimum.

Kalau kalian kurang minum atau tidak terhidrasi dengan baik, kulit akan menjadi kering, mempercepat proses penuaan, tone kulit menjadi kusam juga sensitif. Hal-hal tersebut yang menjadikan skin care yang kalian gunakan tidak akan maksimal secara fungsinya.

Tentu tidak ingin kan berbagai rangkaian skin care yang kalian miliki menjadi percuma? Karena percuma saja kalian menggunakan skin care mahal atau brand ternama jika tidak disertai cukup minum air mineral, klaim-klaim yang ditawarkan skin care tidak akan menjadi nyata.

So, beside smile, drink enough water is the best and cheapest make up you can afford!

Harus Air Mineral

Perlu dicatat baik-baik, ya. Minum di sini harus air putih atau air mineral yang tidak berwarna dan berasa. Batasi konsumi minuman dengan kadar gula tinggi, kopi juga minuman beralkohol, hal ini juga penting untuk menunjang kualitas kulit.

Kenapa harus air mineral?

Selain penting untuk organ tubuh supaya terhidrasi dengan baik agar fungsi organ bekerja dengan baik. Cukup minum air mineral akan berpengaruh langsung pada kualitas kulit. Minum air mineral juga akan membantu fungsi detoksifikasi tubuh yang berpengaruh pada proses eksresi racun serta zat-zat berbahaya yang mungkin ada di dalam tubuh. Lebih lanjut tenyang manfaat air mineral di sini.

Beberapa Penelitian yang Menunjukkan Korelasi Antara Kesehatan Kulit dan Cukup Minum:
  • Minum air secara teratur dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi serta meningkatkan rasa kenyang dan metabolisme tubuh. Sumber kalori seringkali makanan yang kurang sehat, di mana dengan rutin minum air kita akan mengurangi asupan makanan yang tidak sehat, karena ada efek mengenyangkan setelah minum. Memakan-makanan yang tidak sehat atau kelebihan kalori akan berdampak langsung pada kesehatan kulit.
  • Air mampu meningkatkan proses thermogenesis atau produksi panas dalam tubuh. Panas tubuh yang tinggi akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berpengaruh secara langsung pada proses regenerasi organ termasuk kulit.

Berapa Banyak Air Mineral yang Harus Dikonsumsi Per Harinya?

8 gelas air adalah konsep yang selama ini kita kenal secara umum jika berbicara tentang kadar air minum harian. Namun sebetulnya terdapat aturan khusus terkait asupan air minum kita, hal itu tergantung berat tubuh, jenis kelamin, aktivitas yang dilakukan, serta pola makan. Sehingga, anjuran minum air mineral tiap orang akan sangat bervariasi.

Bagaimana cara menghitungnya?

Yang termudah adalah berdasarkan berat badan.

Berat badan (dalam kg) / 30

Misalkan berat badan anda 70 kg maka anda bagi dengan angka 30, hasilnya 2,333. Hasil tersebut menunjukan berapa liter kebutuhan harian air minum anda.

Namun apabila merujuk pada aktivitas, jika anda melakukan aktivitas berat seperti berolah raga, maka perlu menambahkan 350 ml air setiap setengah jam sekali tergantung durasi aktivitas berat yang anda lakukan.

Do’s:

  • Minum air sebisa mungkin dilakukan tiap jam, baiknya sebelum dan sesudah makan.
  • Setiap habis makan wajib minum air mineral, hindari minuman berwarna, berkalori tinggi dan berasa untuk memperlancar proses penyerapan tubuh.
  • Bangun tidur untuk menstimulus kerja organ dan pengaktifan sel-sel tubuh. Minum 200-300 ml air mineral ketika bangun tidur membantu tubuh mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme tubuh sewaktu tidur.
  • Sebelum dan sesudah berolahraga atau melakukan aktivitas berat untuk menghindari dehidrasi.
  • Minum air mineral hangat sebelum mandi berfungsi membantu menurunkan tekanan darah.
  • Sebelum tidur agar tubuh terhidrasi dengan baik juga menghindari risiko penyakit jantung dan stroke.

Dont’s:

Jangan minum air sewaktu makan karena akan mengganggu sistem pencernaan. Secara teknis ketika minum selagi makan maka air akan diserap ke dalam dinding usus lambung. Padahal lambung tengah mengeluarkan hormon-hormon cerna yang berfungsi melancarkan proses penyerapan makanan. Cara mendapatkan air minum sehat klik di sini.

Sudah cukup minum kah anda hari ini?