Kenapa Kita Harus Minum Air Putih Setiap Hari?

Nazava.com – Setiap hari, manusia selalu bergerak dalam menjalani aktivitas. Maka dari itu, kita membutuhkan sumber energi yang berasal dari makanan dan minuman. Faktanya, 70 – 80% tubuh kita terdiri dari cairan. Inilah yang membuat air lebih penting dari nutrisi apapun dalam tubuh makhluk hidup. 

Umumnya, manusia membutuhkan air sebanyak 1 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-8 gelas setiap harinya. Hanya saja, seringkali pemahaman ini kurang dipahami masyarakat sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan terhadap kebiasaan minum air. Mereka hanya minum ketika haus saja bukan memenuhi kebutuhan.

Minum air putih vs Minum Berasa

minum air putih vs minuman berasa

minum air putih vs minuman berasa

Jika kita melihat kebiasaan orang-orang saat ini, mereka lebih suka konsumsi minuman kemasan dengan beraneka rasa daripada air putih. Sebagian besar terjadi pada anak-anak ketika mereka dihadapkan pada berbagai pilihan minuman beraneka rasa dan air putih. Hasilnya, mereka cenderung memilih minuman berasa. 

Kemunculan minuman baru trendy membuat masyarakat lebih terbiasa mengkonsumsi minuman berasa dibandingkan air putih. Disamping itu, masyarakat kurang mendapatkan sosialisasi atau pemahaman mengenai pentingnya air putih bagi Kesehatan. Maka dari itu, perlu adanya penanaman kesadaran tentang pentingnya mengkonsumsi air putih bahkan sejak dini oleh orang tua maupun guru di sekolah.

Manfaat minum air putih setiap hari

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk menjaga metabolisme dan fisiologi tubuh. Namun, kita semua air bisa diminum, kita harus memastikan bahwa air minum harus higienis, tidak terkontaminasi oleh apapun, bakteri, atau zat lain yang membahayakan tubuh manusia. 

Manusia membutuhkan air untuk menunjang pelarutan zat-zat di dalam tubuh. Hal ini karena sebagian besar zat di dalam tubuh adalah cairan. Bukan hanya berperan sebagai pelarut zat-zat dalam tubuh, minum air putih penting untuk menciptakan cairan kimia yang diperlukan dalam tubuh. Ketika minum air putih, manusia mempunyai takaran sehingga konsumsi jumlah air dapat seimbang dengan jumlah air yang dikeluarkan dari tubuh.

Tubuh manusia perlu konsumsi air minum dari satu hingga dua setengah liter setara dengan 68 gelas per hari. Tujuannya agar cairan yang  keluar dari tubuh manusia dapat digantikan oleh cairan yang masuk supaya ada keseimbangan dan terhindar dari dehidrasi. Walaupun begitu, kita tetap perlu menyeimbangkan dengan rutin makan buah-buahan dengan kandungan air 90% seperti melon dan semangka, bukan hanya minum air putih

Pemahaman yang salah mengenai Minum Air Putih

minum air putih

minum air putih

Pada kondisi seperti demam, olahraga dan suhu lingkungan yang tinggi, kebutuhan air manusia dapat meningkat. Saat itu, manusia lebih mudah haus. Lain halnya, ketika berada pada suhu rendah, manusia cenderung tidak membutuhkan banyak air karena tidak  haus. Sebenarnya, pendapat itu tidak benar. 

Saat berada pada suhu rendah, manusia cenderung mengeluarkan lebih banyak  cairan melalui urin dan napas. Maka dari itu, sebenarnya, minum air putih bukan hanya karena haus tapi untuk memenuhi kebutuhan. 

Manfaat dari rutin minum air putih dapat mencegah kulit. Apalagi ketika sedang demam, maka kebutuhan air seseorang dapat meningkat untuk bernafas. Jadi, kita penuh memahami bahwa minum air bukan hanya ketika haus. Kita harus minum air putih setiap saat sesuai dengan kebutuhan untuk mencegah dehidrasi dan  gangguan patologis lainnya.