5 Cara Menghilangkan Bau Air Sumur

Sumber air yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sumur. Air sumur menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, dan mencuci. Kita mendapatkan air sumur dari dalam tanah dengan cara menggali sampai kedalaman. Setelah itu, air muncul dari resapan tanah yang ada di sekitar.

Masalah Bau Air pada Sumur

Hanya saja, ada permasalahan yang sering terjadi pada air sumur yaitu mudah mengalami pencemaran bakteri sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare hingga tipes. Bukan hanya itu, terkadang air sumur yang digunakan muncul bau belerang atau bau tak sedap akibat dari air sumur kotor, tercemar limbah, posisi air sumur terlalu dekat dengan selokan dan septic tank. Secara umum, kita dapat air sumur bersih dengan menggali hingga kedalaman tanah mencapai 10 m dengan jarak antara septic tank 10 m. Tujuannya agar air kotor dari septic tank tidak merembes ke dalam air sumur supaya kejernihannya tetap terjaga.

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sumur

Jika sumur yang kamu gunakan muncul bau, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut. Bau yang dimaksud bisa dari comberan, besi atau bau kurang sedap lainnya:

Batok Kelapa

Biasanya kita melihat batok kelapa menjadi wadah untuk minum degan atau dijadikan sebagai alat permainan tradisional. Ternyata, batok kelapa memiliki manfaat lain untuk menghilangkan bau air sumur secara alami. Kita dapat menggunakannya dengan cara yang praktis, mudah, dan murah. Keunggulan batok kelapa terdapat kandungan karbon aktif yang dipercaya ampuh dalam mengikat kotoran dan menjernihkan air.

Cara menggunakan batok kepala untuk menghilangkan bau air sumur:
1. Pastikan jumlah batok kelapa sudah sesuai dengan kedalaman sumur.
2. Bungkus batok kelapa dengan kain, kemudian masukkan ke dalam sumur.

Garam

Garam menjadi penyedap rasa pada masakan. Namun, manfaat garam pada air sumur mampu menghilangkan bau. Selain mudah didapatkan, penggunaanya juga praktis. Alasan garam dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada air sumur karena ada kandungan zat-zat yang dapat menetralisir bau seperti H2S didalamnya. Bukan hanya itu, garam dapat mengikat lembung yang mampu mengubah air jadi lebih jernih.

Inilah langkah menggunakan garam untuk menghilangkan bau dan menjernihkan air:

  1. Larutkan setengah bungkus garam dapur dalam ember berisi air penuh.
    2. Jika sudah larut, tuangkan ke dalam sumur kemudian diamkan selama 6 jam.
    3. Setelah itu cek hasilnya. Jika air sumur masih berbau, coba ulang beberapa kali.

Tawas

Tawas berbentuk hampir sama dengan gula batu. Perbedaannya hanya pada warna yang bening transparan. Tawas bermanfaat untuk menghilangkan bau dan menjernihkan air. Sedangkan pengaplikasikannya, kita dapat melakukan cara ini:
1. Larutkan satu kg tawar dalam wadah berisi air.
3. Setelah itu, masukkan larutan itu dalam sumur yang bermasalah.
3. Apabila air masih belum jernih atau berbau, tambahkan tawas.

Bak Penampungan

Cara lainnya untuk menghilangkan bau besi pada sumur bor adalah menggunakan bak penampungan. Langkah yang dapat dilakukan adalah
1. Ambil air dari sumur bor, kemudian diendapkan dahulu dalam bak penampungan selama beberapa hari sebelum digunakan.
2, Jika sudah beberapa hari, maka bau pada sumur akan hilang dengan sendirinya.

Filter Air

Teknologi yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau, menjernihkan air bahkan membersihkan kotoran pada air sumur bor. Ada berbagai filter air sudah beredar dengan berbagai brand. Cara penggunaannya adalah filter air disambungkan pada pipa sambungan dekat toren penyimpanan air sehingga kualitas air terjaga. Namun, kita perlu melakukan pengecekan dan membersihkan filter air secara rutin.