Kenapa Air Minum Kemasan Berbeda Rasa?

Nazava.com-  Air minum merupakan kebutuhan penting bagi tubuh. Tidak semua air aman untuk diminum. Air minum yang baik memiliki ciri-ciri tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. Tapi, pernahkan #sahabatnazava minum air putih kemasan mengandung rasa? Bahkan, ternyata setiap merek air minum kemasan memiliki rasa yang berbeda-beda.

Meskipun sebagian orang tidak terlalu memikirkan mengenai rasa itu. Namun, apabila dikaitkan dengan ciri air minum yang aman itu tidak termasuk. Mungkin, ada yang mempertanyakan mengapa bisa berasa dan berbeda-beda? Jika ditinjau lebih lanjut, apakah air minum kemasan berasa itu aman untuk dikonsumsi?

Inilah beberapa alasan rasa air minum kemasan berbeda:

Pengaruh Lidah dengan Rasa Air Minum Kemasan 

air minum kemasan

air minum kemasan

Secara umum, air memiliki rumus kimia berupa H2O artinya setiap molekul air terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen yang berikatan. Nyatanya, air minum bukan hanya mengandung dua unsur komponen saja, tapi air minum dilengkapi mineral.

Mineral dalam air berasal dari sumber air sehingga memberikan rasa. Sebagai contoh, air yang berasal dari mata air, sumur hingga penyulingan memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda.

Ternyata, air minum tetap memiliki rasa. Hanya saja, setiap lidah dapat merasakan yang berbeda. Selain itu, rasa air minum bergantung pada kondisi tubuh dan sumber airnya. Perbedaan jumlah mineral dalam air minum kemasan berpengaruh pada rasa sehingga besar kemungkinan berbeda satu sama lain.

Air minum mengandung banyak mineral, tapi tidak semuanya dapat dideteksi dengan mudah oleh lidah. Biasanya, mineral yang berperan memberikan rasa pada air minum adalah kalsium, magnesium, sulfat, dan bikarbonat. Beberapa mineral ini larut dalam air sehingga kita merasakan pada bintil lidah.

Sumber Air Menentukan Perbedaan Rasa Air Minum Kemasan

Air minum kemasan menjadi alternatif ketika haus. Seringkali kita membeli air minum tanpa terlalu memikirkan merek, jika dalam keadaan mendesak. Bagi yang memiliki indra perasa cukup peka akan menemukan air minum kemasan memiliki rasa yang berbeda-beda. Walaupun sama-sama air minum, tapi kenapa air putih kemasan berbeda rasa?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kandungan mineral pada air menjadi penyebab rasa air berbeda. Sama halnya dengan air minum kemasan. Rasa air minum kemasan ditentukan oleh kandungan mineral dan komponen lain sebelum air dikemas.

sumber air sumur

sumur

Sebagai contohnya air hasil penyulingan cenderung tidak memiliki rasa karena berbagai mineral dan senyawa kimia didalamnya telah hilang ketika proses penyulingan. Lain halnya dengan air yang diambil dari sumber mata air maupun sumur yang dalam.

Air yang berasal dari sumber mata air yang dalam melewati banyak lapisan tanah dan bebatuan. Rasa dari air itu agak berkapur dengan mineral yang lebih banyak.

Air minum kemasan yang berbeda rasa apakah Aman Dikonsumsi?

air minum kemasan

air minum kemasan

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah apakah air minum kemasan dengan rasa tetap aman untuk dikonsumsi? Jawabannya air tetap aman untuk dikonsumsi selama rasanya tidak berlebihan atau berbau.

Perbedaan rasa pada air minum kemasan bahkan air rebusan adalah hal yang normal sehingga kita tidak perlu dicemaskan. Hal ini dikarenakan lidah manusia sedang beradaptasi dengan baik untuk mengenali rasa ini wajar dan tidak.

Jika kita minum air dengan rasa yang tidak wajar, maka lidah kita dapat mengenali air itu layak dikonsumsi atau tidak. Sebenarnya, ini merupakan mekanisme atau cara alami tubuh untuk melindungi diri dari keracunan hingga kemungkinan lain yang mengancam kesehatan.