5 Brand Air Minum Kemasan Yang Banyak Digunakan beserta Kadar pH-nya

Air putih merupakan kebutuhan penting bagi tubuh untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini dikarenakan tubuh kita sebagian besar adalah air. Peran air dalam tubuh dapat membantu fungsi kerja organ. Maka, kita disarankan untuk minum air putih setelah makan, bangun tidur, dan saat haus. Sebelumnya, kita akan membahas mengenai salah satu kandungan dalam air yaitu PH.

Tentang pH dalam air minum

Pertama-pertama, kita pahami bersama pengertian pH dalam air. Untuk baca selengkapnya mengenai pH dalam air silakan baca artikel kami disini. Jadi, pH adalah satuan derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Secara ringkas, air murni bersifat netral dengan pH-nya pada suhu 25°C ditetapkan sebagai 7,0. Oleh karena itu, larutan dengan pH kurang dari tujuh bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih dari tujuh bersifat basa atau alkali. Contohnya, minuman dan makanan dengan pH antara 1,8 (air jeruk nipis) hingga 8,5 (soda kue) sedangkan pH pada cairan lambung adalah 1,5.

Namun, berdasarkan WHO (World Health Organisation) sebenarnya tidak ada hubungan antara pH di air minum dengan kesehatan. Hanya saja, dari peraturan Kementerian Kesehatan, air minum di Indonesia harus memiliki kadar pH yang lebih tinggi dari pH 6 dan lebih rendah dari pH 8.

Inilah cara yang digunakan untuk memilih produk air

Rekomendasi Produk Air Minum Kemasan berdasarkan PH Air

Salah satu yang sering diperhatikan mengenai kadar PH pada air. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, kadar pH yang memenuhi syarat dijadikan panduan air minum adalah 6,5 – 8,5. Maka dari itu pertimbangkan cara memilih merek air dengan kadar pH terbaik untuk dikonsumsi. Saat ini, banyak brand air putih yang beredar. Walaupun sama-sama air putih, ternyata mereka memiliki beberapa perbedaan dari proses pembuatan hingga pH setiap air.

5 Brand Air Minum Kemasan beserta Kadar PHnya

Pristine

Air minum Pristine mengalami proses pengelola melalui ionisasi yaitu sebuah proses membuat air dan mineral menjadi ion dengan ukuran lebih kecil. Ukuran kecil pada partikel dapat membuat kandungan mineral dalam air dengan pH tinggi lebih cepat terserap dalam tubuh. Pristine mengandung tingkat pH 8 turut membantu menjaga keseimbangan pH tubuh. Hal ini membuat organ dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal.

Nestle

Nestle Pure Life adalah pilihan air kemasan pH tinggi yang mudah didapatkan karena sudah banyak tersebar dimana-mana dari pasar swalayan hingga warung kelontong. Nestle memberikan sensasi menyegarkan dan tidak berasa. Nestle memiliki tingkat keasaman berada pada angka 7,7.

Le minerale

Kandungan mineral pada Le Minerale berasal dari mata air pegunungan vulkanik di Indonesia dengan mineral alami yang terjaga. Kadar pH pada air kemasan Le Minerale adalah rentang pH 7,8. Le Minerale bisa dijadikan kebutuhan minum harian air dengan harga terjangkau. Kelebihan lain dari Le Minerale sesuai dengan tagline ada manis-manisnya, tapi tetap aman dikonsumsi.

Aqua

Brand air minum yang cukup terkenal di berbagai kalangan. Aqua merupakan air mineral yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dengan tingkat pH 7,6. Proses pembuatannya menggunakan teknologi tinggi pada pengemasan sehingga hasil air Aqua tetap terjaga. AQUA termasuk salah satu merek air minum dengan pH tinggi yang sudah mendapatkan rekomendasi BPOM dan SNI.

Air minum AQUA berasal dari sumber air pegunungan langsung, lalu dikemas secara alami sehingga mendapatkan kandungan mineral terbaik. Produk air mineral merek AQUA tersedia dalam berbagai bentuk dari galon, gelas hingga botol bahkan ada kemasan yang mudah untuk didaur ulang.

Amidis

Air mineral dari Amidis melakukan cara mengolah dengan Multi Purification Advanced Process untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. Empat tahapan yang dilakukan dalam pembuatan air minum Amidis yaitu proses demineralisasi, reverse osmosis, distillation, dan ozonisasi. Hasil dari tahapan ini adalah air minum berkualitas, higienis dan sehat. Maka dari itu, air minum Amidis yang dihasilkan bebas dari bakteri, virus, kuman, dan mikropolutan.

Itulah alasan Amidis dijadikan sebagai air minum untuk melepas dahaga yang sesuai beraktivitas. PH dari air amidis adalah 7,4. AMIDIS sudah mendapatkan sertifikasi standar kualitas produk bermutu dari Standar Nasional Indonesia (SNI), Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM), Halal oleh MUI dan memperoleh ISO 9001:2008 Quality Management System dan ISO 22000: 2005 Food Safety Management System.

Botol Air Minum Kemasan dan Lingkungan

Kita memilih menggunakan botol air minum memang lebih praktis, tapi kita perlu mengetahui dampak-dampak buruk jika pemakaiannya berlebihan. Mulai dari sampah, biaya yang dikeluarkan lebih banyak untuk air minum dan berbagai hal lainnya. Kita bisa membangun kebiasaan membawa air minum dari rumah menggunakan botol tumbler untuk mengurangi sampah botol kemasan dan menjaga keamanan air dengan Nazava.